PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DENGAN BUKU SISTIM CEPAT PENGAJARAN BAHASA ARAB KARYA M.THALIB (Studi Kasus di MTs Islam Al-Mukmin Ngruki Tahun Pelajaran 2010/2011)
Keberhasilan pencapaian tujuan pembelajaran adalah tergantung bagaimana proses pembelajaran itu dilaksanakan. Memahamkan bahasa Arab kepada siswa bukan hanya berhenti pada buku pegangan apa yang dipakai oleh pengajar, namun lebih pada metode dan strategi apa yang digunakan untuk menyampaikan isi dar...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Thesis |
Language: | English English |
Published: |
2010
|
Subjects: | |
Online Access: | https://eprints.ums.ac.id/9990/ |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
Summary: | Keberhasilan pencapaian tujuan pembelajaran adalah tergantung bagaimana proses pembelajaran itu dilaksanakan. Memahamkan bahasa Arab kepada siswa bukan hanya berhenti pada buku pegangan apa yang dipakai oleh pengajar, namun lebih pada metode dan strategi apa yang digunakan untuk menyampaikan isi dari buku tersebut.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana pelaksanaan pembelajaran bahasa Arab di MTs Islam Al-Mukmin dengan menggunakan buku Sistim Cepat Pengajaran Bahasa Arab karya M.Thalib tahun pelajaran 2010/2011. Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui alasan penggunaan buku Sistim Cepat Pengajaran Bahasa Arab karya M.Thalib digunakan pada MTs Islam al-Mukmin, penerapan pembelajaran bahasa Arab dengan menggunakan buku Sistim Cepat Pengajaran Bahasa Arab karya M.Thalib di MTs Islam Al-Mukmin Ngruki, dan faktor penghambat dan pendukung dalam pelaksanaan pembelajaran bahasa Arab di MTs Islam Al-Mukmin Ngruki. Sedangkan manfaat penelitian ini secara teoritis adalah untuk menambah khazanah keilmuan terutama dalam hal pendidikan bahasa Arab, dan secara praktis diharapkan dapat memberikan kontribusi bagi guru untuk lebih kreatif dan variatif dalam menerapkan metode pembelajaran bahasa Arab. Sehingga dapat meningkatkan dan menghasilkan anak didik yang bermutu dan kompeten. Jenis penelitian lapangan dengan menggunakan metode pendekatan kualitatif deskriptif. Populasi Yang menjadi populasi adalah siswa/santri putri kelas VIII MTs. Sampel diambil dengan teknik purpose sampling. Subjek penelitian ini terdiri dari 15 siswa/santri putri kelas VIII di MTs Islam Al-Mukmin. Sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan metode interview, observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis interaktif, yaitu penggabungan 3 komponen: Reduksi data, sajian data dan penarikan kesimpulan.
Materi Bahasa Arab termasuk ke dalam kurikulum MTs Islam Al-Mukmin Ngruki, pengajarannya ditekankan pada pemberian kosakata, pembuatan kalimat, hingga percakapan sehari-hari, sehingga dapat dijadikan bekal untuk terjun ke masyarakat serta mengantarkan santri untuk mencintai bahasa Arab sebagai bahasa Al-Qur’an dan bahasa dunia Islam. Model pembelajaran bahasa Arab dengan buku Sistim Cepat Pengajaran Bahasa Arab karya M.Thalib adalah dengan pembelajaran formal di dalam kelas dan ditunjang dengan kegiatan non formal untuk menambah pengetahuan siswa/santri tentang bahasa Arab. Penyampaian materi formal tersebut dengan metode ceramah, membaca, mendengar, tanya jawab dan latihan soal. Sedangkan kegiatan non formal dilaksanakan di luar jam sekolah berdasarkan kelompok dan dihandle oleh para pengurus organisasi IST (Imarotu Syu’unit Tholabah) yang ada di lingkungan asrama Pondok Pesantren Islam AL-Mukmin Ngruki.
Penggunaan buku Sistim Cepat Pengajaran Bahasa Arab karya M.Thalib dalam pembelajaran bahasa Arab di MTs Islam Al-Mukmin Ngruki, guru masih menggunakan sistem ceramah untuk menyampaikan materi, sehingga masih banyak siswa/santri yang merasa jenuh dan mengantuk ketika PBM berlangsung.
|
---|