INTERNALISASI NILAI-NILAI AKHLAQ KEPADA MAHASISWA UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA YANG MENGIKUTI BAITUL ARQAM TAHUN AKADEMIK 2009/2010

Proses pendidikan model pondok yang kita beri nama ”Baitul Arqam” yang diselenggarakan oleh Universitas Muhammadiyah Surakarta ini akan mengelola sosial input (peserta Baitul Arqam), maka sistem pengasuhan menjadi kunci keberhasilan yang akan membawa perubahan. Perubahan pengetahuan keagamaan menuru...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: ISROFIL , ISROFIL
Format: Thesis
Language:English
English
Published: 2010
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/9989/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Proses pendidikan model pondok yang kita beri nama ”Baitul Arqam” yang diselenggarakan oleh Universitas Muhammadiyah Surakarta ini akan mengelola sosial input (peserta Baitul Arqam), maka sistem pengasuhan menjadi kunci keberhasilan yang akan membawa perubahan. Perubahan pengetahuan keagamaan menurut K.H Ahmad Dahlan, yaitu dalam bentuk : (1) wawasan yang integratif dan totalitas tentang ajaran islam bersumberkan al-Quran dan al-Hadist, dan (2) hilangnya dikhotomi ilmu. Adapun perubahan sikap dalam bentuk; (1) tawadhu’, (2) ta’dzim kepada guru, (3) birrul walidain, dan (4) hormat kepada yang paling senior. Sedangkan perubahan perilaku dalam bentuk; (1) tegaknya aqidah Islamiyah, (2) kedisiplinan dalam ibadah khusus dan umum, (3) menghormati dan menghargai orang lain, (4) kepekaan dan kepedulian social, (5) patuh dan tunduk terhadap syariat islam dan hukum-hukum yang berlaku di Indonesia, dan (6) memiliki kepribadian bangsa. Rumusan masalah ini adalah nilai-nilai akhlaq apa saja yang di internalisasikan kepada mahasiswa UMS yang mengikuti Baitul Arqam dan faktor-faktor yang mempengaruhi internalisasi nilai-nilai akhlaq. Penelitian ini bertujuan yaitu (1) Untuk mengetahui nilai-nilai Akhlaq yang diinternalisasikan kepada mahasiswa UMS yang mengikuti Baitul Arqam. (2). Untuk mengetahui faktor yang mempengaruhi internalisasi nilai-nilai akhlaq kepada mahasiswa UMS yang mengikuti Bitul Arqam. Manfaat penelitian ini, sebagai bahan masukan bagi instansi atau lembaga pendidikan mengenai pentingnya menginternalisasikan nilai-nilai pendidikan agama Islam, sebagai bahan bahan referensi dan masukan tentang pelaksanaan program Baitul Arqam serta memberi masukan penting bagi peserta didik agar mereka menjaga dan merawat lingkungan alam, dan bisa menggunakan sebagai sarana untuk beribadah kepada Allah swt. Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian lapangan (field research). Untuk memperoleh data penelitian ini digunakan metode observasi, interview, dan dokumentasi. Adapun penelitian ini dianalisis dengan deskriptif kualitatif (berupa kata-kata tertulis dari orang dan prilaku yang diamati). Untuk menganalisis faktor yang mempengaruhi internalisasi nilai-nilaikeislaman digunakan analisis reduksi, penyajian data dan verifikasi. Kesimpulan penelitian ini adalah Pelaksanaan internalisasi nilai-nilai akhlak melalui pembelajaran Baitul Arqam bisa dikatakan baik, dengan penanaman akhlakul karimah, seperti hormat pada guru, hormat pada orang tua, akhlak sesama manusia, akhlak dalam bermuamalah, akhlak beribadah. Kegiatan yang menunjang seperti diwajibkannya sholat jama’ah, sholat sunnah, sholat lail, sholat dhuha dan membaca Al-Qur’an serta untuk menunjang materi akhlaq terhadap Allah swt peserta diajak bertadabur alam untuk meningkatkan keimanan dan mengetahui kebesaran Allah swt. Namun masih perlu usaha yang lebih keras untuk memotivasi mahasiswa agar mengikuti Baitul Arqam dengan sepenuh hati.