HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI TERHADAP INSENTIF DAN BERPIKIR POSITIF DENGAN MOTIVASI BERPRESTASI

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara persepsi terhadap insentif dan berpikir positif dengan motivasi berprestasi, serta tingkat persepsi terhadap insentif, berpikir positif dan motivasi berprestasi. Subjek penelitian karyawan PT. Pharos Surakarta dengan karakteristik: a) Karya...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Aprilanida, Iva
Format: Thesis
Language:English
English
Published: 2010
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/9988/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
_version_ 1804994956286230528
author Aprilanida, Iva
author_facet Aprilanida, Iva
author_sort Aprilanida, Iva
collection ePrints
description Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara persepsi terhadap insentif dan berpikir positif dengan motivasi berprestasi, serta tingkat persepsi terhadap insentif, berpikir positif dan motivasi berprestasi. Subjek penelitian karyawan PT. Pharos Surakarta dengan karakteristik: a) Karyawan marketing; b) Masa kerja minimal dua tahun. Jumlah subjek penelitian sebanyak 45 orang. Metode pengumpulan data menggunakan skala persepsi terhadap insentif, skala berpikir positif dan skala motivasi berprestasi. Metode analisis data yang digunakan analisis regresi dua prediktor. Berdasarkan hasil analisis diketahui R = 0,714, Fregresi = 21,824; p = 0,000 (p < 0,01). Hasil ini menunjukkan ada hubungan yang sangat signifikan antara persepsi terhadap insentif dan berpikir positif dengan motivasi berprestasi. Nilai korelasi rparx1y sebesar 0,630; p = 0,000 (p < 0,01), berarti ada hubungan positif yang sangat signifikan antara persepsi terhadap insentif dengan motivasi berprestasi. Nilai korelasi rparx2y 0,331; p = 0,013; (p < 0,05) berarti ada hubungan positif yang signifikan antara berpikir positif dengan motivasi berprestasi. Sumbangan efektif persepsi terhadap insentif terhadap motivasi berprestasi sebesar 44,942%; Sumbangan efektif berpikir positif terhadap motivasi berprestasi sebesar 6,020%. Total sumbangan efektif sebesar 50,962%. Berdasarkan hasil analisis diketahui persepsi terhadap insentif subjek penelitian tergolong sedang ditunjukkan oleh rerata empirik (RE) sebesar 84,444 dan rerata hipotetik (RH) sebesar 82,5. Berpikir positif pada subjek penelitian tergolong sedang ditunjukkan oleh rerata empirik (RE) sebesar 77,244 dan rerata hipotetik (RH) sebesar 77,5. Motivasi berprestasi pada subjek penelitian tergolong sedang ditunjukkan oleh rerata empirik (RE) sebesar 112,022 dan rerata hipotetik (RH) 110. Adapun kesimpulan penelitian ini yaitu ada hubungan positif yang sangat signifikan antara persepsi terhadap insentif dan berpikir positif dengan motivasi berprestasi, semakin tinggi atau positif persepsi terhadap insentif dan berpikir positif maka akan semakin tinggi motivasi berprestasi. Sumbangan efektif atau kontribusi variabel persepsi terhadap insentif terhadap motivasi berprestasi sebesar 44,942%. Kontribusi variabel berpikir positif terhadap motivasi berprestasi sebesar 6,020%. Total kontribusi variabel persepsi terhadap insentif dan berpikir positif terhadap motivasi berprestasi sebesar 50,962% .
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:9988
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
publishDate 2010
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:9988 https://eprints.ums.ac.id/9988/ HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI TERHADAP INSENTIF DAN BERPIKIR POSITIF DENGAN MOTIVASI BERPRESTASI Aprilanida, Iva BF Religion and Philosophy Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara persepsi terhadap insentif dan berpikir positif dengan motivasi berprestasi, serta tingkat persepsi terhadap insentif, berpikir positif dan motivasi berprestasi. Subjek penelitian karyawan PT. Pharos Surakarta dengan karakteristik: a) Karyawan marketing; b) Masa kerja minimal dua tahun. Jumlah subjek penelitian sebanyak 45 orang. Metode pengumpulan data menggunakan skala persepsi terhadap insentif, skala berpikir positif dan skala motivasi berprestasi. Metode analisis data yang digunakan analisis regresi dua prediktor. Berdasarkan hasil analisis diketahui R = 0,714, Fregresi = 21,824; p = 0,000 (p < 0,01). Hasil ini menunjukkan ada hubungan yang sangat signifikan antara persepsi terhadap insentif dan berpikir positif dengan motivasi berprestasi. Nilai korelasi rparx1y sebesar 0,630; p = 0,000 (p < 0,01), berarti ada hubungan positif yang sangat signifikan antara persepsi terhadap insentif dengan motivasi berprestasi. Nilai korelasi rparx2y 0,331; p = 0,013; (p < 0,05) berarti ada hubungan positif yang signifikan antara berpikir positif dengan motivasi berprestasi. Sumbangan efektif persepsi terhadap insentif terhadap motivasi berprestasi sebesar 44,942%; Sumbangan efektif berpikir positif terhadap motivasi berprestasi sebesar 6,020%. Total sumbangan efektif sebesar 50,962%. Berdasarkan hasil analisis diketahui persepsi terhadap insentif subjek penelitian tergolong sedang ditunjukkan oleh rerata empirik (RE) sebesar 84,444 dan rerata hipotetik (RH) sebesar 82,5. Berpikir positif pada subjek penelitian tergolong sedang ditunjukkan oleh rerata empirik (RE) sebesar 77,244 dan rerata hipotetik (RH) sebesar 77,5. Motivasi berprestasi pada subjek penelitian tergolong sedang ditunjukkan oleh rerata empirik (RE) sebesar 112,022 dan rerata hipotetik (RH) 110. Adapun kesimpulan penelitian ini yaitu ada hubungan positif yang sangat signifikan antara persepsi terhadap insentif dan berpikir positif dengan motivasi berprestasi, semakin tinggi atau positif persepsi terhadap insentif dan berpikir positif maka akan semakin tinggi motivasi berprestasi. Sumbangan efektif atau kontribusi variabel persepsi terhadap insentif terhadap motivasi berprestasi sebesar 44,942%. Kontribusi variabel berpikir positif terhadap motivasi berprestasi sebesar 6,020%. Total kontribusi variabel persepsi terhadap insentif dan berpikir positif terhadap motivasi berprestasi sebesar 50,962% . 2010 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/9988/1/F100030086.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/9988/3/F100030086.pdf Aprilanida, Iva (2010) HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI TERHADAP INSENTIF DAN BERPIKIR POSITIF DENGAN MOTIVASI BERPRESTASI. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. F100030086
spellingShingle BF Religion and Philosophy
Aprilanida, Iva
HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI TERHADAP INSENTIF DAN BERPIKIR POSITIF DENGAN MOTIVASI BERPRESTASI
title HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI TERHADAP INSENTIF DAN BERPIKIR POSITIF DENGAN MOTIVASI BERPRESTASI
title_full HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI TERHADAP INSENTIF DAN BERPIKIR POSITIF DENGAN MOTIVASI BERPRESTASI
title_fullStr HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI TERHADAP INSENTIF DAN BERPIKIR POSITIF DENGAN MOTIVASI BERPRESTASI
title_full_unstemmed HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI TERHADAP INSENTIF DAN BERPIKIR POSITIF DENGAN MOTIVASI BERPRESTASI
title_short HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI TERHADAP INSENTIF DAN BERPIKIR POSITIF DENGAN MOTIVASI BERPRESTASI
title_sort hubungan antara persepsi terhadap insentif dan berpikir positif dengan motivasi berprestasi
topic BF Religion and Philosophy
url https://eprints.ums.ac.id/9988/
work_keys_str_mv AT aprilanidaiva hubunganantarapersepsiterhadapinsentifdanberpikirpositifdenganmotivasiberprestasi