PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP TINGKAT PEMAHAMAN AKUNTANSI DENGAN KEPERCAYAAN DIRI SEBAGAI VARIABEL PEMODERASI
Proses pembelajaran akuntansi sangat terkait dengan kecerdasan emosional. Kecerdasan emosional mampu melatih kemampuan mahasiswa dalam mengenali perasaannya, mengendalikan suasana hati dan menunda kepuasan sesaat, dapat memotivasi dirinya,serta mampu berempati dan bekerja sama dengan orang lain. Kem...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Thesis |
Language: | English English |
Published: |
2010
|
Subjects: | |
Online Access: | https://eprints.ums.ac.id/9929/ |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
_version_ | 1804994940096217088 |
---|---|
author | Arifin, Muhamad |
author_facet | Arifin, Muhamad |
author_sort | Arifin, Muhamad |
collection | ePrints |
description | Proses pembelajaran akuntansi sangat terkait dengan kecerdasan emosional. Kecerdasan emosional mampu melatih kemampuan mahasiswa dalam mengenali perasaannya, mengendalikan suasana hati dan menunda kepuasan sesaat, dapat memotivasi dirinya,serta mampu berempati dan bekerja sama dengan orang lain. Kemampuan-kemampuan tersebut mampu mendukung seorang mahasiswa dalam mencapai tujuan yang diharapkan. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan bukti empiris mengenai pengaruh kecerdasan emosional terhadap tingkat pemahaman akuntansi dengan kepercayaan diri sebagai variabel pemoderasi.
Penelitian ini menggunakan data primer yang diperoleh dari kuesioner. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Fakultas Ekonomi jurusan akuntansi pada Universitas Sebelas Maret (UNS) dan Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS). Sampel dalam penelitin ini adalah mahasiswa tingkat akhir jurusan akuntansi yang sudah menempuh 120 SKS. Jumlah sampel yang diambil dalam penelitian ini adalah 90 mahasiswa yang diambil dengan menggunakan tehnik purposive sampling. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, analisis regresi sederhana, analisis regresi berganda, uji t, dan disertai dengan pengujian asumsi klasik.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Kecerdasan emosional pada aspek pengenalan diri, pengendalian diri, motivasi, dan keterampilan sosial berpengaruh signifikan terhadap tingkat pemahaman akuntansi dan H1, H3, H5, dan H9 dapat diterima. Artinya kemampuan mahasiswa dalam mengenal potensi dirinya, mengendalikan diri termasuk sikap dan emosi, memotivasi dirinya, dan keterampilan sosial termasuk dalam berinteraksi dengan lingkungan sekitarnya dapat membantu dalam meningkatan pemahaman akuntansi; (2) Kecerdasan emosional pada aspek empati tidak berpengaruh signifikan terhadap tingkat pemahaman akuntansi dan H7 tidak dapat diterima. Artinya kemampuan mahasiswa dalam memahami dirinya sendiri tidak dapat membantu meningkatkan pemahaman akuntansi; (3) Kepercayaan diri tidak memoderasi pengaruh kecerdasan emosional terhadap tingkat pemahaman akuntansi dan H2, H4, H6, H8 dan H10 tidak dapat diterima. Artinya kepercayaan diri mahasiswa tidak berpengaruh terhadap kecerdasan emosional dalam membantu mahasiswa meningkatkan pemahaman akuntansi.
|
format | Thesis |
id | oai:eprints.ums.ac.id:9929 |
institution | Universitas Muhammadiyah Surakarta |
language | English English |
publishDate | 2010 |
record_format | eprints |
spelling | oai:eprints.ums.ac.id:9929 https://eprints.ums.ac.id/9929/ PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP TINGKAT PEMAHAMAN AKUNTANSI DENGAN KEPERCAYAAN DIRI SEBAGAI VARIABEL PEMODERASI Arifin, Muhamad HF5601 Accounting Proses pembelajaran akuntansi sangat terkait dengan kecerdasan emosional. Kecerdasan emosional mampu melatih kemampuan mahasiswa dalam mengenali perasaannya, mengendalikan suasana hati dan menunda kepuasan sesaat, dapat memotivasi dirinya,serta mampu berempati dan bekerja sama dengan orang lain. Kemampuan-kemampuan tersebut mampu mendukung seorang mahasiswa dalam mencapai tujuan yang diharapkan. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan bukti empiris mengenai pengaruh kecerdasan emosional terhadap tingkat pemahaman akuntansi dengan kepercayaan diri sebagai variabel pemoderasi. Penelitian ini menggunakan data primer yang diperoleh dari kuesioner. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Fakultas Ekonomi jurusan akuntansi pada Universitas Sebelas Maret (UNS) dan Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS). Sampel dalam penelitin ini adalah mahasiswa tingkat akhir jurusan akuntansi yang sudah menempuh 120 SKS. Jumlah sampel yang diambil dalam penelitian ini adalah 90 mahasiswa yang diambil dengan menggunakan tehnik purposive sampling. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, analisis regresi sederhana, analisis regresi berganda, uji t, dan disertai dengan pengujian asumsi klasik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Kecerdasan emosional pada aspek pengenalan diri, pengendalian diri, motivasi, dan keterampilan sosial berpengaruh signifikan terhadap tingkat pemahaman akuntansi dan H1, H3, H5, dan H9 dapat diterima. Artinya kemampuan mahasiswa dalam mengenal potensi dirinya, mengendalikan diri termasuk sikap dan emosi, memotivasi dirinya, dan keterampilan sosial termasuk dalam berinteraksi dengan lingkungan sekitarnya dapat membantu dalam meningkatan pemahaman akuntansi; (2) Kecerdasan emosional pada aspek empati tidak berpengaruh signifikan terhadap tingkat pemahaman akuntansi dan H7 tidak dapat diterima. Artinya kemampuan mahasiswa dalam memahami dirinya sendiri tidak dapat membantu meningkatkan pemahaman akuntansi; (3) Kepercayaan diri tidak memoderasi pengaruh kecerdasan emosional terhadap tingkat pemahaman akuntansi dan H2, H4, H6, H8 dan H10 tidak dapat diterima. Artinya kepercayaan diri mahasiswa tidak berpengaruh terhadap kecerdasan emosional dalam membantu mahasiswa meningkatkan pemahaman akuntansi. 2010 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/9929/1/B200060244.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/9929/2/B200060244.pdf Arifin, Muhamad (2010) PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP TINGKAT PEMAHAMAN AKUNTANSI DENGAN KEPERCAYAAN DIRI SEBAGAI VARIABEL PEMODERASI. Skripsi thesis, Univerversitas Muhammadiyah Surakarta. B200060244 |
spellingShingle | HF5601 Accounting Arifin, Muhamad PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP TINGKAT PEMAHAMAN AKUNTANSI DENGAN KEPERCAYAAN DIRI SEBAGAI VARIABEL PEMODERASI |
title | PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP TINGKAT PEMAHAMAN AKUNTANSI DENGAN KEPERCAYAAN DIRI SEBAGAI VARIABEL PEMODERASI
|
title_full | PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP TINGKAT PEMAHAMAN AKUNTANSI DENGAN KEPERCAYAAN DIRI SEBAGAI VARIABEL PEMODERASI
|
title_fullStr | PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP TINGKAT PEMAHAMAN AKUNTANSI DENGAN KEPERCAYAAN DIRI SEBAGAI VARIABEL PEMODERASI
|
title_full_unstemmed | PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP TINGKAT PEMAHAMAN AKUNTANSI DENGAN KEPERCAYAAN DIRI SEBAGAI VARIABEL PEMODERASI
|
title_short | PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP TINGKAT PEMAHAMAN AKUNTANSI DENGAN KEPERCAYAAN DIRI SEBAGAI VARIABEL PEMODERASI
|
title_sort | pengaruh kecerdasan emosional terhadap tingkat pemahaman akuntansi dengan kepercayaan diri sebagai variabel pemoderasi |
topic | HF5601 Accounting |
url | https://eprints.ums.ac.id/9929/ |
work_keys_str_mv | AT arifinmuhamad pengaruhkecerdasanemosionalterhadaptingkatpemahamanakuntansidengankepercayaandirisebagaivariabelpemoderasi |