PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP TINGKAT PEMAHAMAN AKUNTANSI DENGAN KEPERCAYAAN DIRI SEBAGAI VARIABEL PEMODERASI

Proses pembelajaran akuntansi sangat terkait dengan kecerdasan emosional. Kecerdasan emosional mampu melatih kemampuan mahasiswa dalam mengenali perasaannya, mengendalikan suasana hati dan menunda kepuasan sesaat, dapat memotivasi dirinya,serta mampu berempati dan bekerja sama dengan orang lain. Kem...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Arifin, Muhamad
Format: Thesis
Language:English
English
Published: 2010
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/9929/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
_version_ 1804994940096217088
author Arifin, Muhamad
author_facet Arifin, Muhamad
author_sort Arifin, Muhamad
collection ePrints
description Proses pembelajaran akuntansi sangat terkait dengan kecerdasan emosional. Kecerdasan emosional mampu melatih kemampuan mahasiswa dalam mengenali perasaannya, mengendalikan suasana hati dan menunda kepuasan sesaat, dapat memotivasi dirinya,serta mampu berempati dan bekerja sama dengan orang lain. Kemampuan-kemampuan tersebut mampu mendukung seorang mahasiswa dalam mencapai tujuan yang diharapkan. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan bukti empiris mengenai pengaruh kecerdasan emosional terhadap tingkat pemahaman akuntansi dengan kepercayaan diri sebagai variabel pemoderasi. Penelitian ini menggunakan data primer yang diperoleh dari kuesioner. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Fakultas Ekonomi jurusan akuntansi pada Universitas Sebelas Maret (UNS) dan Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS). Sampel dalam penelitin ini adalah mahasiswa tingkat akhir jurusan akuntansi yang sudah menempuh 120 SKS. Jumlah sampel yang diambil dalam penelitian ini adalah 90 mahasiswa yang diambil dengan menggunakan tehnik purposive sampling. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, analisis regresi sederhana, analisis regresi berganda, uji t, dan disertai dengan pengujian asumsi klasik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Kecerdasan emosional pada aspek pengenalan diri, pengendalian diri, motivasi, dan keterampilan sosial berpengaruh signifikan terhadap tingkat pemahaman akuntansi dan H1, H3, H5, dan H9 dapat diterima. Artinya kemampuan mahasiswa dalam mengenal potensi dirinya, mengendalikan diri termasuk sikap dan emosi, memotivasi dirinya, dan keterampilan sosial termasuk dalam berinteraksi dengan lingkungan sekitarnya dapat membantu dalam meningkatan pemahaman akuntansi; (2) Kecerdasan emosional pada aspek empati tidak berpengaruh signifikan terhadap tingkat pemahaman akuntansi dan H7 tidak dapat diterima. Artinya kemampuan mahasiswa dalam memahami dirinya sendiri tidak dapat membantu meningkatkan pemahaman akuntansi; (3) Kepercayaan diri tidak memoderasi pengaruh kecerdasan emosional terhadap tingkat pemahaman akuntansi dan H2, H4, H6, H8 dan H10 tidak dapat diterima. Artinya kepercayaan diri mahasiswa tidak berpengaruh terhadap kecerdasan emosional dalam membantu mahasiswa meningkatkan pemahaman akuntansi.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:9929
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
publishDate 2010
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:9929 https://eprints.ums.ac.id/9929/ PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP TINGKAT PEMAHAMAN AKUNTANSI DENGAN KEPERCAYAAN DIRI SEBAGAI VARIABEL PEMODERASI Arifin, Muhamad HF5601 Accounting Proses pembelajaran akuntansi sangat terkait dengan kecerdasan emosional. Kecerdasan emosional mampu melatih kemampuan mahasiswa dalam mengenali perasaannya, mengendalikan suasana hati dan menunda kepuasan sesaat, dapat memotivasi dirinya,serta mampu berempati dan bekerja sama dengan orang lain. Kemampuan-kemampuan tersebut mampu mendukung seorang mahasiswa dalam mencapai tujuan yang diharapkan. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan bukti empiris mengenai pengaruh kecerdasan emosional terhadap tingkat pemahaman akuntansi dengan kepercayaan diri sebagai variabel pemoderasi. Penelitian ini menggunakan data primer yang diperoleh dari kuesioner. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Fakultas Ekonomi jurusan akuntansi pada Universitas Sebelas Maret (UNS) dan Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS). Sampel dalam penelitin ini adalah mahasiswa tingkat akhir jurusan akuntansi yang sudah menempuh 120 SKS. Jumlah sampel yang diambil dalam penelitian ini adalah 90 mahasiswa yang diambil dengan menggunakan tehnik purposive sampling. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, analisis regresi sederhana, analisis regresi berganda, uji t, dan disertai dengan pengujian asumsi klasik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Kecerdasan emosional pada aspek pengenalan diri, pengendalian diri, motivasi, dan keterampilan sosial berpengaruh signifikan terhadap tingkat pemahaman akuntansi dan H1, H3, H5, dan H9 dapat diterima. Artinya kemampuan mahasiswa dalam mengenal potensi dirinya, mengendalikan diri termasuk sikap dan emosi, memotivasi dirinya, dan keterampilan sosial termasuk dalam berinteraksi dengan lingkungan sekitarnya dapat membantu dalam meningkatan pemahaman akuntansi; (2) Kecerdasan emosional pada aspek empati tidak berpengaruh signifikan terhadap tingkat pemahaman akuntansi dan H7 tidak dapat diterima. Artinya kemampuan mahasiswa dalam memahami dirinya sendiri tidak dapat membantu meningkatkan pemahaman akuntansi; (3) Kepercayaan diri tidak memoderasi pengaruh kecerdasan emosional terhadap tingkat pemahaman akuntansi dan H2, H4, H6, H8 dan H10 tidak dapat diterima. Artinya kepercayaan diri mahasiswa tidak berpengaruh terhadap kecerdasan emosional dalam membantu mahasiswa meningkatkan pemahaman akuntansi. 2010 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/9929/1/B200060244.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/9929/2/B200060244.pdf Arifin, Muhamad (2010) PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP TINGKAT PEMAHAMAN AKUNTANSI DENGAN KEPERCAYAAN DIRI SEBAGAI VARIABEL PEMODERASI. Skripsi thesis, Univerversitas Muhammadiyah Surakarta. B200060244
spellingShingle HF5601 Accounting
Arifin, Muhamad
PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP TINGKAT PEMAHAMAN AKUNTANSI DENGAN KEPERCAYAAN DIRI SEBAGAI VARIABEL PEMODERASI
title PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP TINGKAT PEMAHAMAN AKUNTANSI DENGAN KEPERCAYAAN DIRI SEBAGAI VARIABEL PEMODERASI
title_full PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP TINGKAT PEMAHAMAN AKUNTANSI DENGAN KEPERCAYAAN DIRI SEBAGAI VARIABEL PEMODERASI
title_fullStr PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP TINGKAT PEMAHAMAN AKUNTANSI DENGAN KEPERCAYAAN DIRI SEBAGAI VARIABEL PEMODERASI
title_full_unstemmed PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP TINGKAT PEMAHAMAN AKUNTANSI DENGAN KEPERCAYAAN DIRI SEBAGAI VARIABEL PEMODERASI
title_short PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP TINGKAT PEMAHAMAN AKUNTANSI DENGAN KEPERCAYAAN DIRI SEBAGAI VARIABEL PEMODERASI
title_sort pengaruh kecerdasan emosional terhadap tingkat pemahaman akuntansi dengan kepercayaan diri sebagai variabel pemoderasi
topic HF5601 Accounting
url https://eprints.ums.ac.id/9929/
work_keys_str_mv AT arifinmuhamad pengaruhkecerdasanemosionalterhadaptingkatpemahamanakuntansidengankepercayaandirisebagaivariabelpemoderasi