EVALUASI TINGKAT KEPUASAN PASIEN RAWAT JALAN TERHADAP KUALITAS PELAYANAN DI INSTALASI FARMASI RSUD PANDAN ARANG BOYOLALI

Instalasi Farmasi RSUD Pandan Arang Boyolali merupakan salah satu penyedia layanan jasa kesehatan. Untuk memberikan pelayanan yang terbaik maka penyedia layanan jasa kesehatan harus dapat meningkatkan mutu pelayanan kepada pasien sehingga jarak antara harapan dan kinerja semakin dekat. Tujuan da...

Fuld beskrivelse

Saved in:
Bibliografiske detaljer
Hovedforfatter: ANITASARI, ANITASARI
Format: Thesis
Sprog:English
English
Udgivet: 2010
Fag:
Online adgang:https://eprints.ums.ac.id/9908/
Tags: Tilføj Tag
Ingen Tags, Vær først til at tagge denne postø!
Beskrivelse
Summary:Instalasi Farmasi RSUD Pandan Arang Boyolali merupakan salah satu penyedia layanan jasa kesehatan. Untuk memberikan pelayanan yang terbaik maka penyedia layanan jasa kesehatan harus dapat meningkatkan mutu pelayanan kepada pasien sehingga jarak antara harapan dan kinerja semakin dekat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kepuasan pasien rawat jalan terhadap kualitas pelayanan di Instalasi Farmasi RSUD Pandan Arang Boyolali. Jenis penelitian ini adalah observasional dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengambilan sampelnya dengan purposive sampling, pengumpulan datanya menggunakan kuesioner dan analisis datanya dengan skala likert dan importance performance analysis. Untuk mengetahui tingkat kepuasan pasien dilakukan dengan membagi kinerja yang dirasakan dengan jasa yang diharapkan, hasil pembagian tersebut dihubungkan dengan kategori tingkat kepuasan. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa penilaian tingkat kepuasan pasien rawat jalan terhadap kualitas pelayanan di Instalasi Farmasi RSUD Pandan Arang Boyolali masuk dalam kategori tinggi. Hal ini dapat dilihat dari rata-rata tingkat kepuasan responden yang mempunyai nilai sebesar 0,89.