ANALISIS PENGARUH BAURAN PROMOSI TERHADAP VOLUME PENJUALAN PADA PERUSAHAAN PENERBIT DAN PERCETAKAN CV. MUTIARA DI SRAGEN

Tujuan dalam penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui pengaruh biaya periklanan, personal selling dan biaya promosi penjualan secara bersama-sama terhadap volume penjualan, 2) Untuk mengetahui pengaruh biaya periklanan, personal selling dan biaya promosi penjualan dan secara parsial terhadap volume...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: PRANOLO, SIDIO
Format: Thesis
Language:English
English
Published: 2010
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/9880/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
_version_ 1804994927035154432
author PRANOLO, SIDIO
author_facet PRANOLO, SIDIO
author_sort PRANOLO, SIDIO
collection ePrints
description Tujuan dalam penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui pengaruh biaya periklanan, personal selling dan biaya promosi penjualan secara bersama-sama terhadap volume penjualan, 2) Untuk mengetahui pengaruh biaya periklanan, personal selling dan biaya promosi penjualan dan secara parsial terhadap volume penjualan, 3) Untuk mengetahui strategi promosi yang paling berpengaruh terhadap volume penjualan adalah personal selling. Hasil analisis menunjukkan bahwa koefisien regresi tiap variabel bersifat positif dan nilai konstanta bersifat negatif. Dari uji F didapat Fhitung>Ftabel. Kemudian dari uji t menunjukkan masing-masing variabel independen memiliki thitung > ttabel.. Sedangkan untuk uji koefisien determinasi diperoleh hasil yang mendekati +1. Dari bukti-bukti tersebut dapat disimpulkan bahwa berdasar analisis regresi linear berganda menunjukkan konstanta negatif, koefisien masing-masing variabel positif sehingga masing-masing variabel bauran promosi mempunyai pengaruh terhadap tambahan kenaikan volume penjualan. Dari uji F, variabel-variabel bauran promosi secara bersama-sama berpengaruh terhadap volume penjualan. Untuk uji t, variabel biaya personal selling mempunyai pengaruh yang paling dominan karena mempunyai nilai t hitung paling besar dibandingkan variabel independen lainnya, kemudian diikuti dengan variabel biaya promosi penjualan dan biaya periklanan. Sedangkan dari uji koefisien determinasi dapat dilihat variabel volume penjualan dipengaruhi oleh variabel bauran promosi secara keseluruhan. Berdasarkan temuan-temuan tersebut maka diajukan saran-saran sebagai berikut CV. Mutiara Sragen hendaknya lebih menitikberatkan kegiatan personal selling dengan memberikan proporsi pembagian dana yang lebih besar seperti dengan peningkatan anggaran biaya untuk pengadaan program pelatihan bagi para tenaga personal selling dan kenaikan gaji serta tambahan bonus untuk memotivasi tenaga personal selling karena variabel biaya personal selling mempunyai pengaruh yang paling dominan terhadap volume penjualan. CV. Mutiara Sragen hendaknya mengadakan survei dan studi kelayakan untuk pembukaan agen-agen di luar pulau Jawa seperti pulau Sulawesi dan pulau Kalimantan. Selain itu hasil analisis menunjukkan bahwa secara bersama-sama bauran promosi mempunyai pengaruh terhadap volume penjualan, maka diharapkan CV. Mutiara Sragen memperhatikan bauran promosi seperti pada variabel biaya periklanan dengan menambah media yang digunakan misal media elektronik lewat stasiun-stasiun radio lokal dan juga membuka website yang berisi perkembangan perusahaan, produk-produk yang tersedia serta informasi tentang produk baru.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:9880
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
publishDate 2010
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:9880 https://eprints.ums.ac.id/9880/ ANALISIS PENGARUH BAURAN PROMOSI TERHADAP VOLUME PENJUALAN PADA PERUSAHAAN PENERBIT DAN PERCETAKAN CV. MUTIARA DI SRAGEN PRANOLO, SIDIO HD28 Management Tujuan dalam penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui pengaruh biaya periklanan, personal selling dan biaya promosi penjualan secara bersama-sama terhadap volume penjualan, 2) Untuk mengetahui pengaruh biaya periklanan, personal selling dan biaya promosi penjualan dan secara parsial terhadap volume penjualan, 3) Untuk mengetahui strategi promosi yang paling berpengaruh terhadap volume penjualan adalah personal selling. Hasil analisis menunjukkan bahwa koefisien regresi tiap variabel bersifat positif dan nilai konstanta bersifat negatif. Dari uji F didapat Fhitung>Ftabel. Kemudian dari uji t menunjukkan masing-masing variabel independen memiliki thitung > ttabel.. Sedangkan untuk uji koefisien determinasi diperoleh hasil yang mendekati +1. Dari bukti-bukti tersebut dapat disimpulkan bahwa berdasar analisis regresi linear berganda menunjukkan konstanta negatif, koefisien masing-masing variabel positif sehingga masing-masing variabel bauran promosi mempunyai pengaruh terhadap tambahan kenaikan volume penjualan. Dari uji F, variabel-variabel bauran promosi secara bersama-sama berpengaruh terhadap volume penjualan. Untuk uji t, variabel biaya personal selling mempunyai pengaruh yang paling dominan karena mempunyai nilai t hitung paling besar dibandingkan variabel independen lainnya, kemudian diikuti dengan variabel biaya promosi penjualan dan biaya periklanan. Sedangkan dari uji koefisien determinasi dapat dilihat variabel volume penjualan dipengaruhi oleh variabel bauran promosi secara keseluruhan. Berdasarkan temuan-temuan tersebut maka diajukan saran-saran sebagai berikut CV. Mutiara Sragen hendaknya lebih menitikberatkan kegiatan personal selling dengan memberikan proporsi pembagian dana yang lebih besar seperti dengan peningkatan anggaran biaya untuk pengadaan program pelatihan bagi para tenaga personal selling dan kenaikan gaji serta tambahan bonus untuk memotivasi tenaga personal selling karena variabel biaya personal selling mempunyai pengaruh yang paling dominan terhadap volume penjualan. CV. Mutiara Sragen hendaknya mengadakan survei dan studi kelayakan untuk pembukaan agen-agen di luar pulau Jawa seperti pulau Sulawesi dan pulau Kalimantan. Selain itu hasil analisis menunjukkan bahwa secara bersama-sama bauran promosi mempunyai pengaruh terhadap volume penjualan, maka diharapkan CV. Mutiara Sragen memperhatikan bauran promosi seperti pada variabel biaya periklanan dengan menambah media yang digunakan misal media elektronik lewat stasiun-stasiun radio lokal dan juga membuka website yang berisi perkembangan perusahaan, produk-produk yang tersedia serta informasi tentang produk baru. 2010 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/9880/1/B100960386.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/9880/2/B100960386.pdf PRANOLO, SIDIO (2010) ANALISIS PENGARUH BAURAN PROMOSI TERHADAP VOLUME PENJUALAN PADA PERUSAHAAN PENERBIT DAN PERCETAKAN CV. MUTIARA DI SRAGEN. Skripsi thesis, Univerversitas Muhammadiyah Surakarta. B100960386
spellingShingle HD28 Management
PRANOLO, SIDIO
ANALISIS PENGARUH BAURAN PROMOSI TERHADAP VOLUME PENJUALAN PADA PERUSAHAAN PENERBIT DAN PERCETAKAN CV. MUTIARA DI SRAGEN
title ANALISIS PENGARUH BAURAN PROMOSI TERHADAP VOLUME PENJUALAN PADA PERUSAHAAN PENERBIT DAN PERCETAKAN CV. MUTIARA DI SRAGEN
title_full ANALISIS PENGARUH BAURAN PROMOSI TERHADAP VOLUME PENJUALAN PADA PERUSAHAAN PENERBIT DAN PERCETAKAN CV. MUTIARA DI SRAGEN
title_fullStr ANALISIS PENGARUH BAURAN PROMOSI TERHADAP VOLUME PENJUALAN PADA PERUSAHAAN PENERBIT DAN PERCETAKAN CV. MUTIARA DI SRAGEN
title_full_unstemmed ANALISIS PENGARUH BAURAN PROMOSI TERHADAP VOLUME PENJUALAN PADA PERUSAHAAN PENERBIT DAN PERCETAKAN CV. MUTIARA DI SRAGEN
title_short ANALISIS PENGARUH BAURAN PROMOSI TERHADAP VOLUME PENJUALAN PADA PERUSAHAAN PENERBIT DAN PERCETAKAN CV. MUTIARA DI SRAGEN
title_sort analisis pengaruh bauran promosi terhadap volume penjualan pada perusahaan penerbit dan percetakan cv mutiara di sragen
topic HD28 Management
url https://eprints.ums.ac.id/9880/
work_keys_str_mv AT pranolosidio analisispengaruhbauranpromositerhadapvolumepenjualanpadaperusahaanpenerbitdanpercetakancvmutiaradisragen