FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUASAN KONSUMEN SPBU SUMBERLAWANG DI SRAGEN

Perumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Apakah variabel harga, produk, dan pelayanan berpengaruh secara signifikan terhadap tingkat kepuasan konsumen SPBU Sumberlawang di Sragen? dam Variabel independen (harga, produk, pelayanan) yang lebih berpengaruh terhadap tingkat kepuasan pelanggan S...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: SUHARTO, AGUS
Format: Thesis
Language:English
English
Published: 2010
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/9877/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
_version_ 1804994926225653760
author SUHARTO, AGUS
author_facet SUHARTO, AGUS
author_sort SUHARTO, AGUS
collection ePrints
description Perumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Apakah variabel harga, produk, dan pelayanan berpengaruh secara signifikan terhadap tingkat kepuasan konsumen SPBU Sumberlawang di Sragen? dam Variabel independen (harga, produk, pelayanan) yang lebih berpengaruh terhadap tingkat kepuasan pelanggan SPBU Sumberlawang di Sragen? Tujuan yang ingin dicapai adalah: 1) Untuk mengetahui pengaruh variabel harga, produk, dan pelayanan secara bersama-sama terhadap kepuasan pelanggan SPBU Sumberlawang di Sragen. 2) Untuk mengetahui pengaruh variabel harga, produk, dan pelayanan secara parsial terhadap kepuasan pelanggan SPBU Sumberlawang di Sragen. 3) Untuk mengetahui variabel yang lebih dominan terhadap kepuasan pelanggan SPBU Sumberlawang di Sragen. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen/pelanggan SPBU di Surakarta. Sampel yang akan diambil untuk diteliti adalah 100 konsumen/pelanggan Sumberlawang di Sragendengan metode pengambilan sampel secara nonprobability sampling dengan teknik insidental sampling. Pengambilan data menggunakan metode angket skala Likert dengan metode analisis data regresi linier berganda, uji F, uji t, dan uji R2. Berdasarkan hasil regresi linier diperoleh persamaan Y = 0,366 + 0,397X1 + 0,475X2 + 0,203X3. Pengujian analisis regresi, diperoleh nilai Fhitung (15,889) > Ftabel (2,70) dengan nilai signifikan (0,000) < signifikan penelitian (0,05) maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan variabel harga, produk, dan pelayanan terhadap kepuasan pelanggan apabila digunakan bersama-sama atau serentak. Hasil thitung variabel harga (X1) sebesar (3,037) > ttabel (1,98) dengan nilai signifikan 0,003, maka dapat disimpulkan bahwa secara parsial variabel harga berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan. Hasil thitung variabel produk (X2) sebesar (3,942) > ttabel (1,98) dengan nilai signifikan 0,000, maka dapat disimpulkan bahwa secara parsial variabel produk berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan. Hasil thitung variabel pelayanan (X 3 ) sebesar (3,033) > ttabel (1,98) dengan nilai signifikan 0,003, maka dapat disimpulkan bahwa variabel pelayanan berpengaruh secara parsial terhadap terhadap kepuasan pelanggan. Berdasarkan hasil kesimpulan uji t, diketahui bahwa variabel produk merupakan variabel yang lebih dominan terhadap kepuasan pelanggan karena nilai thitung > nilai thitung variabel yang lain. Hasil nilai R Square sebesar 0,332 atau 33,2%, maka dapat disimpulkan bahwa variabel harga, produk, dan pelayanan berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan adalah sebesar 33,2% sedangkan sisanya sebesar 66,8% dipengaruhi oleh variabel lain di luar penelitian ini.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:9877
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
publishDate 2010
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:9877 https://eprints.ums.ac.id/9877/ FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUASAN KONSUMEN SPBU SUMBERLAWANG DI SRAGEN SUHARTO, AGUS HD28 Management Perumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Apakah variabel harga, produk, dan pelayanan berpengaruh secara signifikan terhadap tingkat kepuasan konsumen SPBU Sumberlawang di Sragen? dam Variabel independen (harga, produk, pelayanan) yang lebih berpengaruh terhadap tingkat kepuasan pelanggan SPBU Sumberlawang di Sragen? Tujuan yang ingin dicapai adalah: 1) Untuk mengetahui pengaruh variabel harga, produk, dan pelayanan secara bersama-sama terhadap kepuasan pelanggan SPBU Sumberlawang di Sragen. 2) Untuk mengetahui pengaruh variabel harga, produk, dan pelayanan secara parsial terhadap kepuasan pelanggan SPBU Sumberlawang di Sragen. 3) Untuk mengetahui variabel yang lebih dominan terhadap kepuasan pelanggan SPBU Sumberlawang di Sragen. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen/pelanggan SPBU di Surakarta. Sampel yang akan diambil untuk diteliti adalah 100 konsumen/pelanggan Sumberlawang di Sragendengan metode pengambilan sampel secara nonprobability sampling dengan teknik insidental sampling. Pengambilan data menggunakan metode angket skala Likert dengan metode analisis data regresi linier berganda, uji F, uji t, dan uji R2. Berdasarkan hasil regresi linier diperoleh persamaan Y = 0,366 + 0,397X1 + 0,475X2 + 0,203X3. Pengujian analisis regresi, diperoleh nilai Fhitung (15,889) > Ftabel (2,70) dengan nilai signifikan (0,000) < signifikan penelitian (0,05) maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan variabel harga, produk, dan pelayanan terhadap kepuasan pelanggan apabila digunakan bersama-sama atau serentak. Hasil thitung variabel harga (X1) sebesar (3,037) > ttabel (1,98) dengan nilai signifikan 0,003, maka dapat disimpulkan bahwa secara parsial variabel harga berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan. Hasil thitung variabel produk (X2) sebesar (3,942) > ttabel (1,98) dengan nilai signifikan 0,000, maka dapat disimpulkan bahwa secara parsial variabel produk berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan. Hasil thitung variabel pelayanan (X 3 ) sebesar (3,033) > ttabel (1,98) dengan nilai signifikan 0,003, maka dapat disimpulkan bahwa variabel pelayanan berpengaruh secara parsial terhadap terhadap kepuasan pelanggan. Berdasarkan hasil kesimpulan uji t, diketahui bahwa variabel produk merupakan variabel yang lebih dominan terhadap kepuasan pelanggan karena nilai thitung > nilai thitung variabel yang lain. Hasil nilai R Square sebesar 0,332 atau 33,2%, maka dapat disimpulkan bahwa variabel harga, produk, dan pelayanan berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan adalah sebesar 33,2% sedangkan sisanya sebesar 66,8% dipengaruhi oleh variabel lain di luar penelitian ini. 2010 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/9877/1/B100950327.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/9877/4/B100950327.pdf SUHARTO, AGUS (2010) FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUASAN KONSUMEN SPBU SUMBERLAWANG DI SRAGEN. Skripsi thesis, Univerversitas Muhammadiyah Surakarta. B100950327
spellingShingle HD28 Management
SUHARTO, AGUS
FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUASAN KONSUMEN SPBU SUMBERLAWANG DI SRAGEN
title FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUASAN KONSUMEN SPBU SUMBERLAWANG DI SRAGEN
title_full FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUASAN KONSUMEN SPBU SUMBERLAWANG DI SRAGEN
title_fullStr FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUASAN KONSUMEN SPBU SUMBERLAWANG DI SRAGEN
title_full_unstemmed FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUASAN KONSUMEN SPBU SUMBERLAWANG DI SRAGEN
title_short FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUASAN KONSUMEN SPBU SUMBERLAWANG DI SRAGEN
title_sort faktor faktor yang mempengaruhi kepuasan konsumen spbu sumberlawang di sragen
topic HD28 Management
url https://eprints.ums.ac.id/9877/
work_keys_str_mv AT suhartoagus faktorfaktoryangmempengaruhikepuasankonsumenspbusumberlawangdisragen