PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA ANAK USIA DINI DENGAN MENGGUNAKAN METODE STORY READING PADA ANAK DIDIK KELOMPOK B.2 BA AISYIYAH WARU 02 BAKI

Kemampuan membaca merupakan salah satu aspek bahasa yang sangat penting, karena di era modern saat ini siapapun yang tidak bisa membaca akan ketinggalan informasi. Untuk persiapan membaca anak, maka di TK / BA sebagai lembaga pendidikan prasekolah dapat meningkatkan kemampuan membaca anak...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: KOYIMAH , SITI
Format: Thesis
Language:English
English
Published: 2010
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/9869/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
_version_ 1804994924068732928
author KOYIMAH , SITI
author_facet KOYIMAH , SITI
author_sort KOYIMAH , SITI
collection ePrints
description Kemampuan membaca merupakan salah satu aspek bahasa yang sangat penting, karena di era modern saat ini siapapun yang tidak bisa membaca akan ketinggalan informasi. Untuk persiapan membaca anak, maka di TK / BA sebagai lembaga pendidikan prasekolah dapat meningkatkan kemampuan membaca anak melalui berbagai bentuk permainan, antara lain dengan menggunakan buku cerita bergambar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan membaca anak usia dini dengan metode bercerita story rading. Penelitian ini menggunakan metode story reading untuk meningkatkan kemampuan membaca anak didik di BA Aisyiyah Waru 02 kelompok B.2 yang berjumlah 16 anak. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi dan penugasan. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan kemampuan membaca anak didik di BA Aisyiyah Waru 02 dengan menggunakan metode story reading. Sebelum tindakan, kemampuan anak dalam membaca kata sederhana sebesar 37,5 %. Setelah pelaksanaan siklus I kemampuan membaca anak meningkat menjadi 56,25 %. Pada siklus II meningkat menjadi 75 %. Dan hasil pada siklus III meningkat menjadi 81,25 % sedangkan kemampuan anak dalam menirukan 4 – 5 urutan kata meningkat dari 37,5 % sebelum tindakan menjadi 68,75 % pada siklus I. Pada siklus II meningkat menjadi 87,5 % sedangkan pada siklus III meningkat menjadi 93,75 %.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:9869
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
publishDate 2010
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:9869 https://eprints.ums.ac.id/9869/ PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA ANAK USIA DINI DENGAN MENGGUNAKAN METODE STORY READING PADA ANAK DIDIK KELOMPOK B.2 BA AISYIYAH WARU 02 BAKI KOYIMAH , SITI L Education (General) Kemampuan membaca merupakan salah satu aspek bahasa yang sangat penting, karena di era modern saat ini siapapun yang tidak bisa membaca akan ketinggalan informasi. Untuk persiapan membaca anak, maka di TK / BA sebagai lembaga pendidikan prasekolah dapat meningkatkan kemampuan membaca anak melalui berbagai bentuk permainan, antara lain dengan menggunakan buku cerita bergambar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan membaca anak usia dini dengan metode bercerita story rading. Penelitian ini menggunakan metode story reading untuk meningkatkan kemampuan membaca anak didik di BA Aisyiyah Waru 02 kelompok B.2 yang berjumlah 16 anak. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi dan penugasan. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan kemampuan membaca anak didik di BA Aisyiyah Waru 02 dengan menggunakan metode story reading. Sebelum tindakan, kemampuan anak dalam membaca kata sederhana sebesar 37,5 %. Setelah pelaksanaan siklus I kemampuan membaca anak meningkat menjadi 56,25 %. Pada siklus II meningkat menjadi 75 %. Dan hasil pada siklus III meningkat menjadi 81,25 % sedangkan kemampuan anak dalam menirukan 4 – 5 urutan kata meningkat dari 37,5 % sebelum tindakan menjadi 68,75 % pada siklus I. Pada siklus II meningkat menjadi 87,5 % sedangkan pada siklus III meningkat menjadi 93,75 %. 2010 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/9869/1/A520085123.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/9869/2/A520085123.pdf KOYIMAH , SITI (2010) PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA ANAK USIA DINI DENGAN MENGGUNAKAN METODE STORY READING PADA ANAK DIDIK KELOMPOK B.2 BA AISYIYAH WARU 02 BAKI. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta . A520085123
spellingShingle L Education (General)
KOYIMAH , SITI
PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA ANAK USIA DINI DENGAN MENGGUNAKAN METODE STORY READING PADA ANAK DIDIK KELOMPOK B.2 BA AISYIYAH WARU 02 BAKI
title PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA ANAK USIA DINI DENGAN MENGGUNAKAN METODE STORY READING PADA ANAK DIDIK KELOMPOK B.2 BA AISYIYAH WARU 02 BAKI
title_full PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA ANAK USIA DINI DENGAN MENGGUNAKAN METODE STORY READING PADA ANAK DIDIK KELOMPOK B.2 BA AISYIYAH WARU 02 BAKI
title_fullStr PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA ANAK USIA DINI DENGAN MENGGUNAKAN METODE STORY READING PADA ANAK DIDIK KELOMPOK B.2 BA AISYIYAH WARU 02 BAKI
title_full_unstemmed PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA ANAK USIA DINI DENGAN MENGGUNAKAN METODE STORY READING PADA ANAK DIDIK KELOMPOK B.2 BA AISYIYAH WARU 02 BAKI
title_short PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA ANAK USIA DINI DENGAN MENGGUNAKAN METODE STORY READING PADA ANAK DIDIK KELOMPOK B.2 BA AISYIYAH WARU 02 BAKI
title_sort peningkatan kemampuan membaca anak usia dini dengan menggunakan metode story reading pada anak didik kelompok b 2 ba aisyiyah waru 02 baki
topic L Education (General)
url https://eprints.ums.ac.id/9869/
work_keys_str_mv AT koyimahsiti peningkatankemampuanmembacaanakusiadinidenganmenggunakanmetodestoryreadingpadaanakdidikkelompokb2baaisyiyahwaru02baki