PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA ANAK USIA DINI DENGAN MENGGUNAKAN METODE STORY READING PADA ANAK DIDIK KELOMPOK B.2 BA AISYIYAH WARU 02 BAKI
Kemampuan membaca merupakan salah satu aspek bahasa yang sangat penting, karena di era modern saat ini siapapun yang tidak bisa membaca akan ketinggalan informasi. Untuk persiapan membaca anak, maka di TK / BA sebagai lembaga pendidikan prasekolah dapat meningkatkan kemampuan membaca anak...
Na minha lista:
Autor principal: | |
---|---|
Formato: | Thesis |
Idioma: | English English |
Publicado em: |
2010
|
Assuntos: | |
Acesso em linha: | https://eprints.ums.ac.id/9869/ |
Tags: |
Adicionar Tag
Sem tags, seja o primeiro a adicionar uma tag!
|
_version_ | 1804994924068732928 |
---|---|
author | KOYIMAH , SITI |
author_facet | KOYIMAH , SITI |
author_sort | KOYIMAH , SITI |
collection | ePrints |
description | Kemampuan membaca merupakan salah satu aspek bahasa yang sangat
penting, karena di era modern saat ini siapapun yang tidak bisa membaca akan
ketinggalan informasi. Untuk persiapan membaca anak, maka di TK / BA sebagai
lembaga pendidikan prasekolah dapat meningkatkan kemampuan membaca anak
melalui berbagai bentuk permainan, antara lain dengan menggunakan buku cerita
bergambar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan
membaca anak usia dini dengan metode bercerita story rading.
Penelitian ini menggunakan metode story reading untuk meningkatkan
kemampuan membaca anak didik di BA Aisyiyah Waru 02 kelompok B.2 yang
berjumlah 16 anak. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan
observasi, wawancara, dokumentasi dan penugasan. Penelitian ini dilaksanakan
dengan menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas.
Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan kemampuan
membaca anak didik di BA Aisyiyah Waru 02 dengan menggunakan metode story
reading. Sebelum tindakan, kemampuan anak dalam membaca kata sederhana
sebesar 37,5 %. Setelah pelaksanaan siklus I kemampuan membaca anak
meningkat menjadi 56,25 %. Pada siklus II meningkat menjadi 75 %. Dan hasil
pada siklus III meningkat menjadi 81,25 % sedangkan kemampuan anak dalam
menirukan 4 – 5 urutan kata meningkat dari 37,5 % sebelum tindakan menjadi
68,75 % pada siklus I. Pada siklus II meningkat menjadi 87,5 % sedangkan pada
siklus III meningkat menjadi 93,75 %. |
format | Thesis |
id | oai:eprints.ums.ac.id:9869 |
institution | Universitas Muhammadiyah Surakarta |
language | English English |
publishDate | 2010 |
record_format | eprints |
spelling | oai:eprints.ums.ac.id:9869 https://eprints.ums.ac.id/9869/ PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA ANAK USIA DINI DENGAN MENGGUNAKAN METODE STORY READING PADA ANAK DIDIK KELOMPOK B.2 BA AISYIYAH WARU 02 BAKI KOYIMAH , SITI L Education (General) Kemampuan membaca merupakan salah satu aspek bahasa yang sangat penting, karena di era modern saat ini siapapun yang tidak bisa membaca akan ketinggalan informasi. Untuk persiapan membaca anak, maka di TK / BA sebagai lembaga pendidikan prasekolah dapat meningkatkan kemampuan membaca anak melalui berbagai bentuk permainan, antara lain dengan menggunakan buku cerita bergambar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan membaca anak usia dini dengan metode bercerita story rading. Penelitian ini menggunakan metode story reading untuk meningkatkan kemampuan membaca anak didik di BA Aisyiyah Waru 02 kelompok B.2 yang berjumlah 16 anak. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi dan penugasan. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan kemampuan membaca anak didik di BA Aisyiyah Waru 02 dengan menggunakan metode story reading. Sebelum tindakan, kemampuan anak dalam membaca kata sederhana sebesar 37,5 %. Setelah pelaksanaan siklus I kemampuan membaca anak meningkat menjadi 56,25 %. Pada siklus II meningkat menjadi 75 %. Dan hasil pada siklus III meningkat menjadi 81,25 % sedangkan kemampuan anak dalam menirukan 4 – 5 urutan kata meningkat dari 37,5 % sebelum tindakan menjadi 68,75 % pada siklus I. Pada siklus II meningkat menjadi 87,5 % sedangkan pada siklus III meningkat menjadi 93,75 %. 2010 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/9869/1/A520085123.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/9869/2/A520085123.pdf KOYIMAH , SITI (2010) PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA ANAK USIA DINI DENGAN MENGGUNAKAN METODE STORY READING PADA ANAK DIDIK KELOMPOK B.2 BA AISYIYAH WARU 02 BAKI. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta . A520085123 |
spellingShingle | L Education (General) KOYIMAH , SITI PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA ANAK USIA DINI DENGAN MENGGUNAKAN METODE STORY READING PADA ANAK DIDIK KELOMPOK B.2 BA AISYIYAH WARU 02 BAKI |
title | PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA ANAK USIA DINI DENGAN MENGGUNAKAN METODE STORY READING PADA ANAK DIDIK KELOMPOK B.2
BA AISYIYAH WARU 02 BAKI |
title_full | PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA ANAK USIA DINI DENGAN MENGGUNAKAN METODE STORY READING PADA ANAK DIDIK KELOMPOK B.2
BA AISYIYAH WARU 02 BAKI |
title_fullStr | PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA ANAK USIA DINI DENGAN MENGGUNAKAN METODE STORY READING PADA ANAK DIDIK KELOMPOK B.2
BA AISYIYAH WARU 02 BAKI |
title_full_unstemmed | PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA ANAK USIA DINI DENGAN MENGGUNAKAN METODE STORY READING PADA ANAK DIDIK KELOMPOK B.2
BA AISYIYAH WARU 02 BAKI |
title_short | PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA ANAK USIA DINI DENGAN MENGGUNAKAN METODE STORY READING PADA ANAK DIDIK KELOMPOK B.2
BA AISYIYAH WARU 02 BAKI |
title_sort | peningkatan kemampuan membaca anak usia dini dengan menggunakan metode story reading pada anak didik kelompok b 2 ba aisyiyah waru 02 baki |
topic | L Education (General) |
url | https://eprints.ums.ac.id/9869/ |
work_keys_str_mv | AT koyimahsiti peningkatankemampuanmembacaanakusiadinidenganmenggunakanmetodestoryreadingpadaanakdidikkelompokb2baaisyiyahwaru02baki |