PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA ANAK USIA DINI DENGAN MENGGUNAKAN METODE STORY READING PADA ANAK DIDIK KELOMPOK B.2 BA AISYIYAH WARU 02 BAKI

Kemampuan membaca merupakan salah satu aspek bahasa yang sangat penting, karena di era modern saat ini siapapun yang tidak bisa membaca akan ketinggalan informasi. Untuk persiapan membaca anak, maka di TK / BA sebagai lembaga pendidikan prasekolah dapat meningkatkan kemampuan membaca anak...

全面介绍

Saved in:
书目详细资料
主要作者: KOYIMAH , SITI
格式: Thesis
语言:English
English
出版: 2010
主题:
在线阅读:https://eprints.ums.ac.id/9869/
标签: 添加标签
没有标签, 成为第一个标记此记录!
实物特征
总结:Kemampuan membaca merupakan salah satu aspek bahasa yang sangat penting, karena di era modern saat ini siapapun yang tidak bisa membaca akan ketinggalan informasi. Untuk persiapan membaca anak, maka di TK / BA sebagai lembaga pendidikan prasekolah dapat meningkatkan kemampuan membaca anak melalui berbagai bentuk permainan, antara lain dengan menggunakan buku cerita bergambar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan membaca anak usia dini dengan metode bercerita story rading. Penelitian ini menggunakan metode story reading untuk meningkatkan kemampuan membaca anak didik di BA Aisyiyah Waru 02 kelompok B.2 yang berjumlah 16 anak. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi dan penugasan. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan kemampuan membaca anak didik di BA Aisyiyah Waru 02 dengan menggunakan metode story reading. Sebelum tindakan, kemampuan anak dalam membaca kata sederhana sebesar 37,5 %. Setelah pelaksanaan siklus I kemampuan membaca anak meningkat menjadi 56,25 %. Pada siklus II meningkat menjadi 75 %. Dan hasil pada siklus III meningkat menjadi 81,25 % sedangkan kemampuan anak dalam menirukan 4 – 5 urutan kata meningkat dari 37,5 % sebelum tindakan menjadi 68,75 % pada siklus I. Pada siklus II meningkat menjadi 87,5 % sedangkan pada siklus III meningkat menjadi 93,75 %.