UPAYA PENGEMBANGAN KREATIVITAS ANAK MELALUI METODE BCCT DALAM SENTRA BAC DI BA AISYIYAH MANDAN I SUKOHARJO
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas anak dengan metode BCCT dalam sentra BAC. Data disimpulkan melalui observasi, catatan lapangan, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian tindakan kelas ini adalah: 1) Metode pembelajaran BCCT sentra BAC dapat meningkatkan kreativitas anak di...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Thesis |
Language: | English English |
Published: |
2010
|
Subjects: | |
Online Access: | https://eprints.ums.ac.id/9867/ |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
Summary: | Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas anak dengan metode BCCT dalam sentra BAC. Data disimpulkan melalui observasi, catatan lapangan, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian tindakan kelas ini adalah: 1) Metode pembelajaran BCCT sentra BAC dapat meningkatkan kreativitas anak di BA Aisyiyah Mandan I, hal ini dapat dilihat berdasarkan indikator keberhasilan yang telah ditetapkan sehingga diperoleh target ketercapaian aspek menggunakan media pembelajaran BAC pada siklus I 46% meningkat menjadi 69% pada siklus II, ketercapaian aspek mengungkapkan gagasan pada siklus I 38% meningkat menjadi 62% pada siklus II, ketercapaian aspek memecahkan masalah dalam bermain kocok-kocok air pada siklus I 46% meningkat menjadi 69% pada siklus II sedangkan ketercapaian aspek mencipta berbagai bentuk dalam bermain playdough pada siklus I 54% meningkat menjadi 77% pada siklus II. 2) Pada akhir penelitian dalam menggunakan media pembelajaran BAC, mengungkapkan gagasan, memecahkan masalah dalam bermain kocok-kocok air, dan mencipta berbagai bentuk dalam bermain playdough mengalami peningkatan.
|
---|