PENGARUH IMPLEMENTASI STRATEGI PEMASARANTERHADAP PRODUKTIVITAS KERJA KARYAWAN MARKETING ( STUDI KASUS KOPERASI SIMPAN PINJAM “X” )

Perumusan masalah yang diajukan dalam penelitian adalah : 1) Adakah pengaruh produk, harga (biaya), tempat (lokasi) dan promosi secara individual dan bersama-sama terhadap produktivitas kerja marketing Koperasi Simpan Pinjam “X”? 2) Variabel manakah yang paling berpengaruh diantara keempat faktor te...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: SANDHIASARI, MARISA
Format: Thesis
Language:English
English
Published: 2010
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/9865/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
_version_ 1804994922984505344
author SANDHIASARI, MARISA
author_facet SANDHIASARI, MARISA
author_sort SANDHIASARI, MARISA
collection ePrints
description Perumusan masalah yang diajukan dalam penelitian adalah : 1) Adakah pengaruh produk, harga (biaya), tempat (lokasi) dan promosi secara individual dan bersama-sama terhadap produktivitas kerja marketing Koperasi Simpan Pinjam “X”? 2) Variabel manakah yang paling berpengaruh diantara keempat faktor tersebut terhadap produktivitas kerja? Populasi dalam penelitian ini adalah jumlah dari keseluruhan obyek. Sampel penelitian yang diambil 60 responden marketing Koperasi Simpan Pinjam “X” dengan teknik pengambilan sampling jenuh atau disebut juga metode sensus yaitu teknik penentuan sampel bila semua anggota populasi digunakan sebagai sampel Metode analisis data yang digunakan adalah regresi linier berganda, uji t, uji F, uji asumsi klasik dan Koefisien Deterninasi (R2). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa : Pernyataan hipotesis pertama yaitu terdapat pengaruh yang kuat antara produk, harga (biaya), tempat (lokasi) dan promosi secara individual terhadap produktivitas kerja dapat diterima. Hal ini dibuktikan dengan nilai koefisien regresi variabel produk = 0,794; harga = 0,593; tempat = 0,499; promosi = 0,960 artinya variabel produk, harga, tempat dan promosi berpengaruh positif dan signifikan terhadap produktivitas kerja. Selain itu didukung hasil uji t diperoleh nilai thitung variabel produk = 4,002; harga = 3,077; tempat = 3,193; promosi = 4,113 lebih besar ttabel 2,003 pada taraf signifikansi 0,000; 0,003; 0,002 dan 0,000 sehingga menolak H0 berarti ada pengaruh yang signifikan dan positif antara variabel produk (X1), harga (X2), tempat (X3) dan promosi (X4) terhadap produktivitas kerja (Y). Pernyataan hipotesis kedua yaitu terdapat pengaruh yang kuat antara produk, harga, tempat dan promosi secara bersama-sama terhadap kepuasan konsumen dapat diterima. Hal ini dibuktikan dengan nilai Fhitung sebesar 79,916 > Ftabel sebesar 2,53 dan didukung dengan nilai koefisien determinasi (R2) sebesar 0,843 yang menunjukkan bahwa besarnya pengaruh variabel produk, harga, tempat dan promosi terhadap produktivitas kerja adalah sebesar 84,3% sedangkan sisanya sebesar 15,7% dipengaruhi oleh variabel lain di luar penelitian ini. Sedangkan pernyataan hipotesis ketiga yaitu variabel yang paling berpengaruh terhadap produktivitas kerja yaitu variabel promosi. Hal ini dibuktikan dari hasil koefisien regresi yang diperoleh nilai koefisien regresi (B) yang paling besar adalah variabel promosi (X4) sebesar 0,960 dan didukung dari thitung yang sebesar 4,113 sehingga variabel yang paling dominan pengaruh terhadap produktivitas kerja adalah variabel promosi (X4).
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:9865
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
publishDate 2010
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:9865 https://eprints.ums.ac.id/9865/ PENGARUH IMPLEMENTASI STRATEGI PEMASARANTERHADAP PRODUKTIVITAS KERJA KARYAWAN MARKETING ( STUDI KASUS KOPERASI SIMPAN PINJAM “X” ) SANDHIASARI, MARISA HD28 Management Perumusan masalah yang diajukan dalam penelitian adalah : 1) Adakah pengaruh produk, harga (biaya), tempat (lokasi) dan promosi secara individual dan bersama-sama terhadap produktivitas kerja marketing Koperasi Simpan Pinjam “X”? 2) Variabel manakah yang paling berpengaruh diantara keempat faktor tersebut terhadap produktivitas kerja? Populasi dalam penelitian ini adalah jumlah dari keseluruhan obyek. Sampel penelitian yang diambil 60 responden marketing Koperasi Simpan Pinjam “X” dengan teknik pengambilan sampling jenuh atau disebut juga metode sensus yaitu teknik penentuan sampel bila semua anggota populasi digunakan sebagai sampel Metode analisis data yang digunakan adalah regresi linier berganda, uji t, uji F, uji asumsi klasik dan Koefisien Deterninasi (R2). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa : Pernyataan hipotesis pertama yaitu terdapat pengaruh yang kuat antara produk, harga (biaya), tempat (lokasi) dan promosi secara individual terhadap produktivitas kerja dapat diterima. Hal ini dibuktikan dengan nilai koefisien regresi variabel produk = 0,794; harga = 0,593; tempat = 0,499; promosi = 0,960 artinya variabel produk, harga, tempat dan promosi berpengaruh positif dan signifikan terhadap produktivitas kerja. Selain itu didukung hasil uji t diperoleh nilai thitung variabel produk = 4,002; harga = 3,077; tempat = 3,193; promosi = 4,113 lebih besar ttabel 2,003 pada taraf signifikansi 0,000; 0,003; 0,002 dan 0,000 sehingga menolak H0 berarti ada pengaruh yang signifikan dan positif antara variabel produk (X1), harga (X2), tempat (X3) dan promosi (X4) terhadap produktivitas kerja (Y). Pernyataan hipotesis kedua yaitu terdapat pengaruh yang kuat antara produk, harga, tempat dan promosi secara bersama-sama terhadap kepuasan konsumen dapat diterima. Hal ini dibuktikan dengan nilai Fhitung sebesar 79,916 > Ftabel sebesar 2,53 dan didukung dengan nilai koefisien determinasi (R2) sebesar 0,843 yang menunjukkan bahwa besarnya pengaruh variabel produk, harga, tempat dan promosi terhadap produktivitas kerja adalah sebesar 84,3% sedangkan sisanya sebesar 15,7% dipengaruhi oleh variabel lain di luar penelitian ini. Sedangkan pernyataan hipotesis ketiga yaitu variabel yang paling berpengaruh terhadap produktivitas kerja yaitu variabel promosi. Hal ini dibuktikan dari hasil koefisien regresi yang diperoleh nilai koefisien regresi (B) yang paling besar adalah variabel promosi (X4) sebesar 0,960 dan didukung dari thitung yang sebesar 4,113 sehingga variabel yang paling dominan pengaruh terhadap produktivitas kerja adalah variabel promosi (X4). 2010 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/9865/1/B100080095.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/9865/3/B100080095.pdf SANDHIASARI, MARISA (2010) PENGARUH IMPLEMENTASI STRATEGI PEMASARANTERHADAP PRODUKTIVITAS KERJA KARYAWAN MARKETING ( STUDI KASUS KOPERASI SIMPAN PINJAM “X” ). Skripsi thesis, Univerversitas Muhammadiyah Surakarta. B100080095
spellingShingle HD28 Management
SANDHIASARI, MARISA
PENGARUH IMPLEMENTASI STRATEGI PEMASARANTERHADAP PRODUKTIVITAS KERJA KARYAWAN MARKETING ( STUDI KASUS KOPERASI SIMPAN PINJAM “X” )
title PENGARUH IMPLEMENTASI STRATEGI PEMASARANTERHADAP PRODUKTIVITAS KERJA KARYAWAN MARKETING ( STUDI KASUS KOPERASI SIMPAN PINJAM “X” )
title_full PENGARUH IMPLEMENTASI STRATEGI PEMASARANTERHADAP PRODUKTIVITAS KERJA KARYAWAN MARKETING ( STUDI KASUS KOPERASI SIMPAN PINJAM “X” )
title_fullStr PENGARUH IMPLEMENTASI STRATEGI PEMASARANTERHADAP PRODUKTIVITAS KERJA KARYAWAN MARKETING ( STUDI KASUS KOPERASI SIMPAN PINJAM “X” )
title_full_unstemmed PENGARUH IMPLEMENTASI STRATEGI PEMASARANTERHADAP PRODUKTIVITAS KERJA KARYAWAN MARKETING ( STUDI KASUS KOPERASI SIMPAN PINJAM “X” )
title_short PENGARUH IMPLEMENTASI STRATEGI PEMASARANTERHADAP PRODUKTIVITAS KERJA KARYAWAN MARKETING ( STUDI KASUS KOPERASI SIMPAN PINJAM “X” )
title_sort pengaruh implementasi strategi pemasaranterhadap produktivitas kerja karyawan marketing studi kasus koperasi simpan pinjam x
topic HD28 Management
url https://eprints.ums.ac.id/9865/
work_keys_str_mv AT sandhiasarimarisa pengaruhimplementasistrategipemasaranterhadapproduktivitaskerjakaryawanmarketingstudikasuskoperasisimpanpinjamx