POLA INTERAKSI GURU DALAM MEMOTIVASI ASPEK SOSIAL ANAK (Studi Kasus di TK Aisyiyah Cabang Blimbing, Polokarto, Sukoharjo)

Latar belakang dalam masalah dalam penelitian ini adalah bahwa pengembangan aspek social anak sangat dibutuhkan anak untuk belajar menyesuaikan diri dengan lingkungan yang sesuai dengan tuntutan social. Peranan guru dalam interaksi belajar mengajar sangat penting dalam menumbuhkan dan menciptakan pr...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: MAEMUNAH, SRI
Format: Thesis
Language:English
English
Published: 2010
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/9864/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
_version_ 1804994922717118464
author MAEMUNAH, SRI
author_facet MAEMUNAH, SRI
author_sort MAEMUNAH, SRI
collection ePrints
description Latar belakang dalam masalah dalam penelitian ini adalah bahwa pengembangan aspek social anak sangat dibutuhkan anak untuk belajar menyesuaikan diri dengan lingkungan yang sesuai dengan tuntutan social. Peranan guru dalam interaksi belajar mengajar sangat penting dalam menumbuhkan dan menciptakan proses sosialisasi anak. Perumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana cara interaksi guru dengan anak didik dan bagaimana interaksi guru dalam memotivasi aspek sosial anak. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui interaksi guru dengan anak didik dan untuk mendeskripsikan interaksi guru dalam memotivasi aspek sosial anak di TK Aisyiyah Cabang Blimbing, Polokarto, Sukoharjo. Metode Penelitian dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan menggunakan metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan menggunakan tahap pengumpulan data, penyeleksian data, penyusunan data, dan penarikan kesimpulan. Dari hasil penelitian ini didapat kesimpulan bahwa cara interaksi guru dengan anak didik antara lain dengan cara interaksi secara individu, memberikan umpan balik, dan ikut melibatkan diri dalam kegiatan anak. Interaksi guru dalam memotivasi aspek sosial anak dengan cara pengelompokan anak, memberikan penghargaan (pujian atau hadiah), menghargai hal-hal yang telah dicapai, serta menyediakan kondisi yang menyenangkan untuk anak.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:9864
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
publishDate 2010
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:9864 https://eprints.ums.ac.id/9864/ POLA INTERAKSI GURU DALAM MEMOTIVASI ASPEK SOSIAL ANAK (Studi Kasus di TK Aisyiyah Cabang Blimbing, Polokarto, Sukoharjo) MAEMUNAH, SRI L Education (General) Latar belakang dalam masalah dalam penelitian ini adalah bahwa pengembangan aspek social anak sangat dibutuhkan anak untuk belajar menyesuaikan diri dengan lingkungan yang sesuai dengan tuntutan social. Peranan guru dalam interaksi belajar mengajar sangat penting dalam menumbuhkan dan menciptakan proses sosialisasi anak. Perumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana cara interaksi guru dengan anak didik dan bagaimana interaksi guru dalam memotivasi aspek sosial anak. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui interaksi guru dengan anak didik dan untuk mendeskripsikan interaksi guru dalam memotivasi aspek sosial anak di TK Aisyiyah Cabang Blimbing, Polokarto, Sukoharjo. Metode Penelitian dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan menggunakan metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan menggunakan tahap pengumpulan data, penyeleksian data, penyusunan data, dan penarikan kesimpulan. Dari hasil penelitian ini didapat kesimpulan bahwa cara interaksi guru dengan anak didik antara lain dengan cara interaksi secara individu, memberikan umpan balik, dan ikut melibatkan diri dalam kegiatan anak. Interaksi guru dalam memotivasi aspek sosial anak dengan cara pengelompokan anak, memberikan penghargaan (pujian atau hadiah), menghargai hal-hal yang telah dicapai, serta menyediakan kondisi yang menyenangkan untuk anak. 2010 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/9864/1/A520085111.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/9864/4/A520085111.pdf MAEMUNAH, SRI (2010) POLA INTERAKSI GURU DALAM MEMOTIVASI ASPEK SOSIAL ANAK (Studi Kasus di TK Aisyiyah Cabang Blimbing, Polokarto, Sukoharjo). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta . A520085111
spellingShingle L Education (General)
MAEMUNAH, SRI
POLA INTERAKSI GURU DALAM MEMOTIVASI ASPEK SOSIAL ANAK (Studi Kasus di TK Aisyiyah Cabang Blimbing, Polokarto, Sukoharjo)
title POLA INTERAKSI GURU DALAM MEMOTIVASI ASPEK SOSIAL ANAK (Studi Kasus di TK Aisyiyah Cabang Blimbing, Polokarto, Sukoharjo)
title_full POLA INTERAKSI GURU DALAM MEMOTIVASI ASPEK SOSIAL ANAK (Studi Kasus di TK Aisyiyah Cabang Blimbing, Polokarto, Sukoharjo)
title_fullStr POLA INTERAKSI GURU DALAM MEMOTIVASI ASPEK SOSIAL ANAK (Studi Kasus di TK Aisyiyah Cabang Blimbing, Polokarto, Sukoharjo)
title_full_unstemmed POLA INTERAKSI GURU DALAM MEMOTIVASI ASPEK SOSIAL ANAK (Studi Kasus di TK Aisyiyah Cabang Blimbing, Polokarto, Sukoharjo)
title_short POLA INTERAKSI GURU DALAM MEMOTIVASI ASPEK SOSIAL ANAK (Studi Kasus di TK Aisyiyah Cabang Blimbing, Polokarto, Sukoharjo)
title_sort pola interaksi guru dalam memotivasi aspek sosial anak studi kasus di tk aisyiyah cabang blimbing polokarto sukoharjo
topic L Education (General)
url https://eprints.ums.ac.id/9864/
work_keys_str_mv AT maemunahsri polainteraksigurudalammemotivasiaspeksosialanakstudikasusditkaisyiyahcabangblimbingpolokartosukoharjo