PENGARUH BERMAIN GEOMETRI TERHADAP KECERDASAN LOGIKO-MATEMATIK ANAK TK DI BA. AISYIYAH GANGIN SUKOHARJO
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh metode bermain geometri terhadap kecerdasan logikomatematik. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen jenis Static Group Comparison. Subyek penelitian dalam penelitian ini adalah anak didik kelas BA Aisyiyah Gangin tahun 2010 yang berjum...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Thesis |
Language: | English English |
Published: |
2010
|
Subjects: | |
Online Access: | https://eprints.ums.ac.id/9861/ |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
_version_ | 1804994921911812096 |
---|---|
author | RUSTANTI , RUSTANTI |
author_facet | RUSTANTI , RUSTANTI |
author_sort | RUSTANTI , RUSTANTI |
collection | ePrints |
description | Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh metode bermain geometri terhadap kecerdasan logikomatematik.
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen jenis Static Group Comparison. Subyek penelitian dalam penelitian ini adalah anak didik kelas BA Aisyiyah Gangin tahun 2010 yang berjumlah 20 anak didik. Data diperoleh melalui observasi indikator kecerdasan logiko-matematik. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji t.
Hasil analisis data menunjukkan bahwa thitung > ttabel yaitu 2,215 > 2,024 dan nilai probabilitas < alpha yaitu 0,033 maka Ho ditolak. Artinya metode bermain geometri berpengaruh terhadap kecerdasan logikomatematik anak.
|
format | Thesis |
id | oai:eprints.ums.ac.id:9861 |
institution | Universitas Muhammadiyah Surakarta |
language | English English |
publishDate | 2010 |
record_format | eprints |
spelling | oai:eprints.ums.ac.id:9861 https://eprints.ums.ac.id/9861/ PENGARUH BERMAIN GEOMETRI TERHADAP KECERDASAN LOGIKO-MATEMATIK ANAK TK DI BA. AISYIYAH GANGIN SUKOHARJO RUSTANTI , RUSTANTI L Education (General) Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh metode bermain geometri terhadap kecerdasan logikomatematik. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen jenis Static Group Comparison. Subyek penelitian dalam penelitian ini adalah anak didik kelas BA Aisyiyah Gangin tahun 2010 yang berjumlah 20 anak didik. Data diperoleh melalui observasi indikator kecerdasan logiko-matematik. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji t. Hasil analisis data menunjukkan bahwa thitung > ttabel yaitu 2,215 > 2,024 dan nilai probabilitas < alpha yaitu 0,033 maka Ho ditolak. Artinya metode bermain geometri berpengaruh terhadap kecerdasan logikomatematik anak. 2010 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/9861/1/A520085107.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/9861/3/A520085107.pdf RUSTANTI , RUSTANTI (2010) PENGARUH BERMAIN GEOMETRI TERHADAP KECERDASAN LOGIKO-MATEMATIK ANAK TK DI BA. AISYIYAH GANGIN SUKOHARJO. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta . A520085107 |
spellingShingle | L Education (General) RUSTANTI , RUSTANTI PENGARUH BERMAIN GEOMETRI TERHADAP KECERDASAN LOGIKO-MATEMATIK ANAK TK DI BA. AISYIYAH GANGIN SUKOHARJO |
title | PENGARUH BERMAIN GEOMETRI TERHADAP KECERDASAN LOGIKO-MATEMATIK ANAK TK DI BA. AISYIYAH GANGIN SUKOHARJO |
title_full | PENGARUH BERMAIN GEOMETRI TERHADAP KECERDASAN LOGIKO-MATEMATIK ANAK TK DI BA. AISYIYAH GANGIN SUKOHARJO |
title_fullStr | PENGARUH BERMAIN GEOMETRI TERHADAP KECERDASAN LOGIKO-MATEMATIK ANAK TK DI BA. AISYIYAH GANGIN SUKOHARJO |
title_full_unstemmed | PENGARUH BERMAIN GEOMETRI TERHADAP KECERDASAN LOGIKO-MATEMATIK ANAK TK DI BA. AISYIYAH GANGIN SUKOHARJO |
title_short | PENGARUH BERMAIN GEOMETRI TERHADAP KECERDASAN LOGIKO-MATEMATIK ANAK TK DI BA. AISYIYAH GANGIN SUKOHARJO |
title_sort | pengaruh bermain geometri terhadap kecerdasan logiko matematik anak tk di ba aisyiyah gangin sukoharjo |
topic | L Education (General) |
url | https://eprints.ums.ac.id/9861/ |
work_keys_str_mv | AT rustantirustanti pengaruhbermaingeometriterhadapkecerdasanlogikomatematikanaktkdibaaisyiyahganginsukoharjo |