PENGEMBANGAN KEMAMPUAN BERBAHASA MELALUI PERMAINAN TEBAK NAMA DI TK ‘AISYIYAH CABANG BLIMBING POLOKARTO SUKOHARJO

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh permainan tebak nama terhadap pengembangkan kemampuan membaca anak di TK ‘Aisyiyah Cabang Blimbing. Metode penelitian ini adalah metode eksperimen jenis static group comparison. Subyek penelitian adalah kelas B1 dan B3 TK ‘Aisyiyah Cabang Blimbing, P...

全面介绍

Saved in:
书目详细资料
主要作者: SETYANINGSIH , NURJANAH DWI
格式: Thesis
语言:English
English
出版: 2010
主题:
在线阅读:https://eprints.ums.ac.id/9860/
标签: 添加标签
没有标签, 成为第一个标记此记录!
实物特征
总结:Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh permainan tebak nama terhadap pengembangkan kemampuan membaca anak di TK ‘Aisyiyah Cabang Blimbing. Metode penelitian ini adalah metode eksperimen jenis static group comparison. Subyek penelitian adalah kelas B1 dan B3 TK ‘Aisyiyah Cabang Blimbing, Polokarto, Sukoharjo. Kelas B1 sebagai kelompok eksperimen dengan jumlah siswa 22 anak, dan B3 sebagai kelompok kontrol dengan jumlah siswa 22 anak. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi terhadap indikator kemampuan membaca anak dengan sistem rating scale. Teknik analisis data menggunakan deskripsi data dan uji t. Deskripsi data digunakan untuk mengetahui tingkat pemahaman kemampuan membaca anak dan uji t untuk mengetahui hipotesis. Dari hasil deskripsi data diketahui bahwa tingkat pemahaman kemampuan membaca anak pada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol termasuk kategori sedang. Dari hasil analisis data pada α = 5% diperoleh t tabel = 1,682 dan t hitung = 2,20, karena thitung > ttabel maka Ho ditolak. Hal ini menunjukkan kemampuan membaca anak yang diberi permainan tebak nama lebih baik dari pada kemampuan membaca anak dengan metode konvensional. Sehingga dapat disimpulkan bahwa permainan tebak nama dapat meningkatkan kemampuan membaca anak di TK ‘Aisyiyah Cabang Blimbing.