PENGEMBANGAN KEMAMPUAN BERHITUNG MELALUI PERMAINAN KERETA BERNOMOR DI TK AISYAH CABANG BLIMBING POLOKARTO SUKOHARJO

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh permainan Kereta Bernomor terhadap pengembangan kemampuan berhitung anak di TK Aisyiah Cabang Blimbing Polokarto Sukoharjo. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang menggunakan kelompok eksperimen dan kelompok control. Subyek penelitian...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Hidayah , Ninik Nur
Format: Thesis
Language:English
English
Published: 2010
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/9858/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
_version_ 1804994921088679936
author Hidayah , Ninik Nur
author_facet Hidayah , Ninik Nur
author_sort Hidayah , Ninik Nur
collection ePrints
description Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh permainan Kereta Bernomor terhadap pengembangan kemampuan berhitung anak di TK Aisyiah Cabang Blimbing Polokarto Sukoharjo. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang menggunakan kelompok eksperimen dan kelompok control. Subyek penelitian diambil pada anak pada kelompok B1 yang berjumlah 22 anak sebagai kelompok eksperimen dan kelompok B2 yang berjumlah 22 anak sebagai kelompok kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi terhadap indikator kemampuan berhitung anak. Teknik analisis data menggunakan deskripsi data dan uji t. Deskripsi data digunakan untuk mengetahui tingkat pemahaman kemampuan berhitung anak dan uji t untuk mengetahui hipotesis. Dari hasil deskripsi data diketahui bahwa tingkat pemahaman kemampuan berhitung anak pada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol termasuk kategori sedang. Dari hasil analisis data pada α = 5 % diperoleh ttabel = 1,682 dan thitung = 2,5 karena thitung > ttabel maka Ho ditolak. Hal ini menunjukan bahwa kemampuan berhitung anak yang diberi permainan kereta bernomor lebih baik dari pada kemampuan berhitung anak yang diberi metode konvensional. Sehingga dapat disimpulkan permainan kereta bernomor berpengaruh terhadap pengembangan kemampuan berhitung anak di TK Aisyiah Cabang Blimbing Polokarto Sukoharjo.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:9858
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
publishDate 2010
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:9858 https://eprints.ums.ac.id/9858/ PENGEMBANGAN KEMAMPUAN BERHITUNG MELALUI PERMAINAN KERETA BERNOMOR DI TK AISYAH CABANG BLIMBING POLOKARTO SUKOHARJO Hidayah , Ninik Nur L Education (General) Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh permainan Kereta Bernomor terhadap pengembangan kemampuan berhitung anak di TK Aisyiah Cabang Blimbing Polokarto Sukoharjo. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang menggunakan kelompok eksperimen dan kelompok control. Subyek penelitian diambil pada anak pada kelompok B1 yang berjumlah 22 anak sebagai kelompok eksperimen dan kelompok B2 yang berjumlah 22 anak sebagai kelompok kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi terhadap indikator kemampuan berhitung anak. Teknik analisis data menggunakan deskripsi data dan uji t. Deskripsi data digunakan untuk mengetahui tingkat pemahaman kemampuan berhitung anak dan uji t untuk mengetahui hipotesis. Dari hasil deskripsi data diketahui bahwa tingkat pemahaman kemampuan berhitung anak pada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol termasuk kategori sedang. Dari hasil analisis data pada α = 5 % diperoleh ttabel = 1,682 dan thitung = 2,5 karena thitung > ttabel maka Ho ditolak. Hal ini menunjukan bahwa kemampuan berhitung anak yang diberi permainan kereta bernomor lebih baik dari pada kemampuan berhitung anak yang diberi metode konvensional. Sehingga dapat disimpulkan permainan kereta bernomor berpengaruh terhadap pengembangan kemampuan berhitung anak di TK Aisyiah Cabang Blimbing Polokarto Sukoharjo. 2010 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/9858/1/A520085105.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/9858/2/A520085105.pdf Hidayah , Ninik Nur (2010) PENGEMBANGAN KEMAMPUAN BERHITUNG MELALUI PERMAINAN KERETA BERNOMOR DI TK AISYAH CABANG BLIMBING POLOKARTO SUKOHARJO. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta . A520085105
spellingShingle L Education (General)
Hidayah , Ninik Nur
PENGEMBANGAN KEMAMPUAN BERHITUNG MELALUI PERMAINAN KERETA BERNOMOR DI TK AISYAH CABANG BLIMBING POLOKARTO SUKOHARJO
title PENGEMBANGAN KEMAMPUAN BERHITUNG MELALUI PERMAINAN KERETA BERNOMOR DI TK AISYAH CABANG BLIMBING POLOKARTO SUKOHARJO
title_full PENGEMBANGAN KEMAMPUAN BERHITUNG MELALUI PERMAINAN KERETA BERNOMOR DI TK AISYAH CABANG BLIMBING POLOKARTO SUKOHARJO
title_fullStr PENGEMBANGAN KEMAMPUAN BERHITUNG MELALUI PERMAINAN KERETA BERNOMOR DI TK AISYAH CABANG BLIMBING POLOKARTO SUKOHARJO
title_full_unstemmed PENGEMBANGAN KEMAMPUAN BERHITUNG MELALUI PERMAINAN KERETA BERNOMOR DI TK AISYAH CABANG BLIMBING POLOKARTO SUKOHARJO
title_short PENGEMBANGAN KEMAMPUAN BERHITUNG MELALUI PERMAINAN KERETA BERNOMOR DI TK AISYAH CABANG BLIMBING POLOKARTO SUKOHARJO
title_sort pengembangan kemampuan berhitung melalui permainan kereta bernomor di tk aisyah cabang blimbing polokarto sukoharjo
topic L Education (General)
url https://eprints.ums.ac.id/9858/
work_keys_str_mv AT hidayahniniknur pengembangankemampuanberhitungmelaluipermainankeretabernomorditkaisyahcabangblimbingpolokartosukoharjo