ANALISIS PERILAKU KONSUMEN MINUMAN MINERAL AQUA DI BANYUDONO BOYOLALI

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya keterkaitan antara karakteristik konsumen berupa penghasilan pendidikan status pekerjaan dengan atribut produk berupa harga kemasan promosi dan jenis terhadap keputusan pembelian produk minuman AQUA dan mengetahui faktor-faktor mana yang memiliki ket...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: SEPTYADI, ARDINA DIMAS
Format: Thesis
Language:English
English
Published: 2010
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/9857/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya keterkaitan antara karakteristik konsumen berupa penghasilan pendidikan status pekerjaan dengan atribut produk berupa harga kemasan promosi dan jenis terhadap keputusan pembelian produk minuman AQUA dan mengetahui faktor-faktor mana yang memiliki keterkaitan yang paling erat terhadap pembelian produk minuman AQUA. Berdasarkan hasil penelitian diharapkan dapat menjadi masukan guna menetapkan kebijakan dalam hal harga kualitas produk kemasan jenis produk dan promosi yang dilakukan perusahaan berkaitan dengan kebutuhan dan keinginan konsumen yang diharapkan konsumen dapat menerima dan melakukan pemilihan terhadap produk minuman mineral tersebut. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan alat analisis chi square. Populasi dalam penelitian ini adalah semua konsumen minuman mineral Aqua yang ada di Banyudono. Sedangkan metode sampling yang digunakan adalah purpusive sampling, sehingga diambil 80 responden sebagai sampel penelitian. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa perilaku konsumen yang terdiri dari pendidikan, penghasilan dan pekerjaan mempunyai hubungan yang signifikan dengan keputusan pembelian mineral produk Aqua di Kecamatan Banyudono Kabupaten Boyolali. Berdasarkan hasil selisih antara nilai C Max dengan koefisien kontingensi menunjukkan bahwa pekerjaan dengan harga mempunyai selisih paling besar dengan nilai -0,146. Hal ini menunjukkan bahwa keputusan pembelian produk Aqua lebih besar disebabkan karena faktor pekerjaan dan harga.