PENGGUNAAN METODE BERMAIN PERAN SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN INTERAKSI SOSIAL ANAK PADA TK WONOKARTO II WONOGIRI KELOMPOK B TAHUN PELAJARAN 2009 / 2010

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan interaksi sosial anak melalui metode bermain peran yang meliputi : 1) Mengetahui penerapan metode bermain peran sebagai upaya meningkatkan kemampuan interaksi sosial anak 2) Mengetahui kegunaan metode bermain peran dalam upaya meningkatkan kemam...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: HASTUTI, LILIK MUKMINAH DWI
Format: Thesis
Language:English
English
Published: 2010
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/9854/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
_version_ 1804994919955169280
author HASTUTI, LILIK MUKMINAH DWI
author_facet HASTUTI, LILIK MUKMINAH DWI
author_sort HASTUTI, LILIK MUKMINAH DWI
collection ePrints
description Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan interaksi sosial anak melalui metode bermain peran yang meliputi : 1) Mengetahui penerapan metode bermain peran sebagai upaya meningkatkan kemampuan interaksi sosial anak 2) Mengetahui kegunaan metode bermain peran dalam upaya meningkatkan kemampuan interaksi sosial anak. Subyek yang melakukan penelitian adalah peneliti dan rekan guru serta subyek yang menerima tindakan adalah semua anak didik kelompok B TK Wonokarto Wonogiri yang berjumlah 20 anak. Metode pengumpulan data dilakukan dengan observasi, catatan lapangan, dokumentasi. Analisis data yang digunakan dengan teknik perbandingan tetap antara hasil data dari catatan lapangan, reduksi data, paparan data dan penarikan kesimpulan. Hasil peneliti dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode bermain peran dapat meningkatkan kemampuan interaksi sosial anak yaitu sebelum tindakan sebanyak (40%) pada Siklus I sebanyak (45%), Siklus II sebanyak (50%) dan Siklus III se- banyak (80%). Hasil kemampuan anak didik dalam pembelajaran bermain pean pada Siklus I sebanyak (40%) pada Siklus II sebanyak (55%) dan Siklus III sebanyak (75%).
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:9854
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
publishDate 2010
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:9854 https://eprints.ums.ac.id/9854/ PENGGUNAAN METODE BERMAIN PERAN SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN INTERAKSI SOSIAL ANAK PADA TK WONOKARTO II WONOGIRI KELOMPOK B TAHUN PELAJARAN 2009 / 2010 HASTUTI, LILIK MUKMINAH DWI L Education (General) Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan interaksi sosial anak melalui metode bermain peran yang meliputi : 1) Mengetahui penerapan metode bermain peran sebagai upaya meningkatkan kemampuan interaksi sosial anak 2) Mengetahui kegunaan metode bermain peran dalam upaya meningkatkan kemampuan interaksi sosial anak. Subyek yang melakukan penelitian adalah peneliti dan rekan guru serta subyek yang menerima tindakan adalah semua anak didik kelompok B TK Wonokarto Wonogiri yang berjumlah 20 anak. Metode pengumpulan data dilakukan dengan observasi, catatan lapangan, dokumentasi. Analisis data yang digunakan dengan teknik perbandingan tetap antara hasil data dari catatan lapangan, reduksi data, paparan data dan penarikan kesimpulan. Hasil peneliti dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode bermain peran dapat meningkatkan kemampuan interaksi sosial anak yaitu sebelum tindakan sebanyak (40%) pada Siklus I sebanyak (45%), Siklus II sebanyak (50%) dan Siklus III se- banyak (80%). Hasil kemampuan anak didik dalam pembelajaran bermain pean pada Siklus I sebanyak (40%) pada Siklus II sebanyak (55%) dan Siklus III sebanyak (75%). 2010 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/9854/1/A520085062.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/9854/2/A520085062.pdf HASTUTI, LILIK MUKMINAH DWI (2010) PENGGUNAAN METODE BERMAIN PERAN SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN INTERAKSI SOSIAL ANAK PADA TK WONOKARTO II WONOGIRI KELOMPOK B TAHUN PELAJARAN 2009 / 2010. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta . A520085062
spellingShingle L Education (General)
HASTUTI, LILIK MUKMINAH DWI
PENGGUNAAN METODE BERMAIN PERAN SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN INTERAKSI SOSIAL ANAK PADA TK WONOKARTO II WONOGIRI KELOMPOK B TAHUN PELAJARAN 2009 / 2010
title PENGGUNAAN METODE BERMAIN PERAN SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN INTERAKSI SOSIAL ANAK PADA TK WONOKARTO II WONOGIRI KELOMPOK B TAHUN PELAJARAN 2009 / 2010
title_full PENGGUNAAN METODE BERMAIN PERAN SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN INTERAKSI SOSIAL ANAK PADA TK WONOKARTO II WONOGIRI KELOMPOK B TAHUN PELAJARAN 2009 / 2010
title_fullStr PENGGUNAAN METODE BERMAIN PERAN SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN INTERAKSI SOSIAL ANAK PADA TK WONOKARTO II WONOGIRI KELOMPOK B TAHUN PELAJARAN 2009 / 2010
title_full_unstemmed PENGGUNAAN METODE BERMAIN PERAN SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN INTERAKSI SOSIAL ANAK PADA TK WONOKARTO II WONOGIRI KELOMPOK B TAHUN PELAJARAN 2009 / 2010
title_short PENGGUNAAN METODE BERMAIN PERAN SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN INTERAKSI SOSIAL ANAK PADA TK WONOKARTO II WONOGIRI KELOMPOK B TAHUN PELAJARAN 2009 / 2010
title_sort penggunaan metode bermain peran sebagai upaya meningkatkan kemampuan interaksi sosial anak pada tk wonokarto ii wonogiri kelompok b tahun pelajaran 2009 2010
topic L Education (General)
url https://eprints.ums.ac.id/9854/
work_keys_str_mv AT hastutililikmukminahdwi penggunaanmetodebermainperansebagaiupayameningkatkankemampuaninteraksisosialanakpadatkwonokartoiiwonogirikelompokbtahunpelajaran20092010