PENGGUNAAN METODE BERMAIN PERAN SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN INTERAKSI SOSIAL ANAK PADA TK WONOKARTO II WONOGIRI KELOMPOK B TAHUN PELAJARAN 2009 / 2010

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan interaksi sosial anak melalui metode bermain peran yang meliputi : 1) Mengetahui penerapan metode bermain peran sebagai upaya meningkatkan kemampuan interaksi sosial anak 2) Mengetahui kegunaan metode bermain peran dalam upaya meningkatkan kemam...

全面介紹

Saved in:
書目詳細資料
主要作者: HASTUTI, LILIK MUKMINAH DWI
格式: Thesis
語言:English
English
出版: 2010
主題:
在線閱讀:https://eprints.ums.ac.id/9854/
標簽: 添加標簽
沒有標簽, 成為第一個標記此記錄!
實物特徵
總結:Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan interaksi sosial anak melalui metode bermain peran yang meliputi : 1) Mengetahui penerapan metode bermain peran sebagai upaya meningkatkan kemampuan interaksi sosial anak 2) Mengetahui kegunaan metode bermain peran dalam upaya meningkatkan kemampuan interaksi sosial anak. Subyek yang melakukan penelitian adalah peneliti dan rekan guru serta subyek yang menerima tindakan adalah semua anak didik kelompok B TK Wonokarto Wonogiri yang berjumlah 20 anak. Metode pengumpulan data dilakukan dengan observasi, catatan lapangan, dokumentasi. Analisis data yang digunakan dengan teknik perbandingan tetap antara hasil data dari catatan lapangan, reduksi data, paparan data dan penarikan kesimpulan. Hasil peneliti dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode bermain peran dapat meningkatkan kemampuan interaksi sosial anak yaitu sebelum tindakan sebanyak (40%) pada Siklus I sebanyak (45%), Siklus II sebanyak (50%) dan Siklus III se- banyak (80%). Hasil kemampuan anak didik dalam pembelajaran bermain pean pada Siklus I sebanyak (40%) pada Siklus II sebanyak (55%) dan Siklus III sebanyak (75%).