ANALISIS SIKAP KONSUMEN TERHADAP JASA PELAYANAN KOPERASI SOPIR TRANSPORTASI (TAKSI-KOSTI) SOLO

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui atribut yang mendapat tanggapan paling baik dari konsumen di antara atribut-atribut produk yang ada pada jasa pelayanan Taxi-Kosti Solo seperti; keandalan, keresponsifan, keyakinan, empati, berwujud. Hasil penelitian diharapkan dapat dipakai sebagai...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: PADMASARI, FIRANIKA PUTRI
Format: Thesis
Language:English
English
Published: 2010
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/9853/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
_version_ 1804994919681490944
author PADMASARI, FIRANIKA PUTRI
author_facet PADMASARI, FIRANIKA PUTRI
author_sort PADMASARI, FIRANIKA PUTRI
collection ePrints
description Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui atribut yang mendapat tanggapan paling baik dari konsumen di antara atribut-atribut produk yang ada pada jasa pelayanan Taxi-Kosti Solo seperti; keandalan, keresponsifan, keyakinan, empati, berwujud. Hasil penelitian diharapkan dapat dipakai sebagai bahan pertimbangan perubahan dan dapat memberikan informasi tambahan bagi manajemen dalam keputusan, serta lebih mengetahui sikap dan keinginan konsumen di masa yang akan datang sehingga dapat meningkatkan kepuasan konsumen. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini adalah menggunakan analisis butir, analisis indeks sikap konsumen, dan analisis chi square. Data dalam penelitian ini adalah data primer yang didapat dari kuesioner yang di bagikan secara convinience sampling kepada mahasiswa Fakultas Ekonomi UMS sebanyak 100 responden. Berdasarkan analisis data diketahui hasil perhitungan indeks sikap konsumen berada pada daerah penerimaan baik. Hasil perhitungan rata-rata sikap konsumen pada atribut harga, pelayanan, fasilitas dan ketepatan waktu yang ada pada Koperasi Sopir Transportasi (Taxi-Kosti) Solo berada pada daerah penerimaan baik. Hasil analisis hubungan antara karakteristik responden dengan kualitas pelayanan ternyata karakteristik responden mempunyai hubungan yang signifikan dengan kualitas pelayanan; keandalan, keresponsifan, keyakinan, empati, dan berwujud. Hal ini dapat diketahui dari uji chi square yang menunjukkan masing-masing besarnya X2 hitung > X2 tabel dengan  = 5 %. Dilihat dari hasil analisis secara keseluruhan ternyata ada hubungan positif dan signifikan antara kualitas pelayanan keandalan, keresponsifan, keyakinan, empati, dan berwujud dengan karakteristik responden pada pelayanan jasa Taxi Kosti. Dengan demikian hipotesis pertama yang penulis ajukan terbukti kebenarannya. Berdasarkan dari analisis perhitungan chi square dapat diperoleh hasil bahwa hubungan tempat tinggal responden dengan keandalan pada jasa pelayanan Taxi mempunyai hubungan yang paling kuat di antara variabel-variabel lainnya. Dengan demikian hipotesis kedua yang penulis kemukakan telah terbukti kebenarannya. Dari analisis kontingensi dan kontingensi maksimum diketahui bahwa selisih terkecil antar kontingensi maksimum adalah hubungan antara karakteristik tempat tinggal responden dengan pelayanan kualitas berupa keandalan yaitu sebesar 0,4110. Dengan demikian bahwa hubungan antara tempat tinggal responden dengan pelayanan kualitas berupa keandalan menduduki urutan pertama, dalam arti mempunyai hubungan yang paling kuat di antara variabel-variabel lainnya. Urutan kedua adalah hubungan tempat tinggal responden dengan berujud dengan selisih 0,4141, dan ketiga adalah hubungan antara mengapa responden naik taxi dengan keyakinan sebesar 0,4178, sedangkan urutan yang paling terakhir adalah hubungan antara alasan mengapa responden naik taxi dengan empati yaitu sebesar 0,4840.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:9853
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
publishDate 2010
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:9853 https://eprints.ums.ac.id/9853/ ANALISIS SIKAP KONSUMEN TERHADAP JASA PELAYANAN KOPERASI SOPIR TRANSPORTASI (TAKSI-KOSTI) SOLO PADMASARI, FIRANIKA PUTRI HD28 Management Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui atribut yang mendapat tanggapan paling baik dari konsumen di antara atribut-atribut produk yang ada pada jasa pelayanan Taxi-Kosti Solo seperti; keandalan, keresponsifan, keyakinan, empati, berwujud. Hasil penelitian diharapkan dapat dipakai sebagai bahan pertimbangan perubahan dan dapat memberikan informasi tambahan bagi manajemen dalam keputusan, serta lebih mengetahui sikap dan keinginan konsumen di masa yang akan datang sehingga dapat meningkatkan kepuasan konsumen. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini adalah menggunakan analisis butir, analisis indeks sikap konsumen, dan analisis chi square. Data dalam penelitian ini adalah data primer yang didapat dari kuesioner yang di bagikan secara convinience sampling kepada mahasiswa Fakultas Ekonomi UMS sebanyak 100 responden. Berdasarkan analisis data diketahui hasil perhitungan indeks sikap konsumen berada pada daerah penerimaan baik. Hasil perhitungan rata-rata sikap konsumen pada atribut harga, pelayanan, fasilitas dan ketepatan waktu yang ada pada Koperasi Sopir Transportasi (Taxi-Kosti) Solo berada pada daerah penerimaan baik. Hasil analisis hubungan antara karakteristik responden dengan kualitas pelayanan ternyata karakteristik responden mempunyai hubungan yang signifikan dengan kualitas pelayanan; keandalan, keresponsifan, keyakinan, empati, dan berwujud. Hal ini dapat diketahui dari uji chi square yang menunjukkan masing-masing besarnya X2 hitung > X2 tabel dengan  = 5 %. Dilihat dari hasil analisis secara keseluruhan ternyata ada hubungan positif dan signifikan antara kualitas pelayanan keandalan, keresponsifan, keyakinan, empati, dan berwujud dengan karakteristik responden pada pelayanan jasa Taxi Kosti. Dengan demikian hipotesis pertama yang penulis ajukan terbukti kebenarannya. Berdasarkan dari analisis perhitungan chi square dapat diperoleh hasil bahwa hubungan tempat tinggal responden dengan keandalan pada jasa pelayanan Taxi mempunyai hubungan yang paling kuat di antara variabel-variabel lainnya. Dengan demikian hipotesis kedua yang penulis kemukakan telah terbukti kebenarannya. Dari analisis kontingensi dan kontingensi maksimum diketahui bahwa selisih terkecil antar kontingensi maksimum adalah hubungan antara karakteristik tempat tinggal responden dengan pelayanan kualitas berupa keandalan yaitu sebesar 0,4110. Dengan demikian bahwa hubungan antara tempat tinggal responden dengan pelayanan kualitas berupa keandalan menduduki urutan pertama, dalam arti mempunyai hubungan yang paling kuat di antara variabel-variabel lainnya. Urutan kedua adalah hubungan tempat tinggal responden dengan berujud dengan selisih 0,4141, dan ketiga adalah hubungan antara mengapa responden naik taxi dengan keyakinan sebesar 0,4178, sedangkan urutan yang paling terakhir adalah hubungan antara alasan mengapa responden naik taxi dengan empati yaitu sebesar 0,4840. 2010 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/9853/1/B100060139.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/9853/4/B100060139.pdf PADMASARI, FIRANIKA PUTRI (2010) ANALISIS SIKAP KONSUMEN TERHADAP JASA PELAYANAN KOPERASI SOPIR TRANSPORTASI (TAKSI-KOSTI) SOLO. Skripsi thesis, Univerversitas Muhammadiyah Surakarta. B100060139
spellingShingle HD28 Management
PADMASARI, FIRANIKA PUTRI
ANALISIS SIKAP KONSUMEN TERHADAP JASA PELAYANAN KOPERASI SOPIR TRANSPORTASI (TAKSI-KOSTI) SOLO
title ANALISIS SIKAP KONSUMEN TERHADAP JASA PELAYANAN KOPERASI SOPIR TRANSPORTASI (TAKSI-KOSTI) SOLO
title_full ANALISIS SIKAP KONSUMEN TERHADAP JASA PELAYANAN KOPERASI SOPIR TRANSPORTASI (TAKSI-KOSTI) SOLO
title_fullStr ANALISIS SIKAP KONSUMEN TERHADAP JASA PELAYANAN KOPERASI SOPIR TRANSPORTASI (TAKSI-KOSTI) SOLO
title_full_unstemmed ANALISIS SIKAP KONSUMEN TERHADAP JASA PELAYANAN KOPERASI SOPIR TRANSPORTASI (TAKSI-KOSTI) SOLO
title_short ANALISIS SIKAP KONSUMEN TERHADAP JASA PELAYANAN KOPERASI SOPIR TRANSPORTASI (TAKSI-KOSTI) SOLO
title_sort analisis sikap konsumen terhadap jasa pelayanan koperasi sopir transportasi taksi kosti solo
topic HD28 Management
url https://eprints.ums.ac.id/9853/
work_keys_str_mv AT padmasarifiranikaputri analisissikapkonsumenterhadapjasapelayanankoperasisopirtransportasitaksikostisolo