ANALISIS PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP TINGKAT KEPUASAN KONSUMEN PADA CV.MITRA UTAMA

Tujuan yang hendak dicapai dari pelaksanaan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dimensi kualitas pelayanan yang meliputi tangibles, reliability, responsiveness, assurance dan emphaty terhadap kepuasan konsumen dan mengetahui antara kelima dimensi yang meliputi tangibles, reliability, res...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: YUNITASARI, RUSLINA
Format: Thesis
Language:English
English
Published: 2010
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/9851/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
_version_ 1804994919135182848
author YUNITASARI, RUSLINA
author_facet YUNITASARI, RUSLINA
author_sort YUNITASARI, RUSLINA
collection ePrints
description Tujuan yang hendak dicapai dari pelaksanaan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dimensi kualitas pelayanan yang meliputi tangibles, reliability, responsiveness, assurance dan emphaty terhadap kepuasan konsumen dan mengetahui antara kelima dimensi yang meliputi tangibles, reliability, responsiveness, assurance dan emphaty manakah yang paling dominan berpengaruh terhadap kepuasan konsumen. Berdasarkan hasil penelitian diharapkan dapat menjadi bahan masukan dan pertimbangan dalam menetapkan kebijakan strategi dibidang pemasaran terutama dalam meningkatkan kualitas pelayanan. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan alat analisis regresi linier berganda dengan uji t, uji F dan koefisien determinasi (R2). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh konsumen CV. Mitra Utama Boyolali, sedangkan sampel penelitian adalah 100 konsumen CV. Mitra Utama Boyolali dengan Convenience sampling atau Accidental Sampling sebagai teknik pengambilan sampel. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa untuk variabel reliability (X1) hasilnya positif dan signifikan berarti semakin baik kemampuan perusahaan memberikan layanan yang dijanjikan dengan segera, akurat, konsisten, dan memuaskan, maka kepuasan konsumen akan semakin mengalami peningkatan. Untuk variabel responsiveness (X2) hasilnya tidak berpengaruh positif dan signifikan berarti bahwa semakin tanggap karyawan perusahaan terhadap tuntutan atau permintaan dari konsumen, maka kepuasan konsumen tidak mengalami peningkatan yang berarti. Untuk variabel assurance (X3) hasilnya positif dan signifikan berarti bahwa semakin baik jaminan layanan yang diberikan perusahaan kepada konsumen, maka kepuasan konsumen akan semakin mengalami peningkatan. Untuk variabel motivasi emphaty (X4) hasilnya positif dan signifikan berarti bahwa semakin baik perhatian karyawan perusahaan terhadap tiap konsumen secara professional, maka kepuasan konsumen akan semakin mengalami peningkatan. Untuk variabel motivasi tangible (X5) hasilnya tidak berpengaruh positif dan signifikan berarti bahwa semakin baik jaminan rasa aman dan menyenangkan terhadap konsumen melalui fasilitas fisik, maka kepuasan konsumen tidak mengalami peningkatan yang berarti. Berdasarkan uji F yang signifikan pada alfa 5%; artinya reliability, responsiveness, assurance, emphaty dan tangible secara bersama-sama berpengaruh terhadap kepuasan konsumen CV. Mitra Utama Boyolali. Nilai koefisien determinasi (R2) sebesar 0,487 berarti bahwa reliability, responsiveness, assurance, emphaty dan tangible memberi sumbangan terhadap peningkatan maupun penurunan kepuasan konsumen CV. Mitra Utama Boyolali sebesar 48,7%, sedangkan sisanya sebesar 51,3% dapat dijelaskan oleh variabel yang lain di luar model.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:9851
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
publishDate 2010
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:9851 https://eprints.ums.ac.id/9851/ ANALISIS PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP TINGKAT KEPUASAN KONSUMEN PADA CV.MITRA UTAMA YUNITASARI, RUSLINA HD28 Management Tujuan yang hendak dicapai dari pelaksanaan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dimensi kualitas pelayanan yang meliputi tangibles, reliability, responsiveness, assurance dan emphaty terhadap kepuasan konsumen dan mengetahui antara kelima dimensi yang meliputi tangibles, reliability, responsiveness, assurance dan emphaty manakah yang paling dominan berpengaruh terhadap kepuasan konsumen. Berdasarkan hasil penelitian diharapkan dapat menjadi bahan masukan dan pertimbangan dalam menetapkan kebijakan strategi dibidang pemasaran terutama dalam meningkatkan kualitas pelayanan. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan alat analisis regresi linier berganda dengan uji t, uji F dan koefisien determinasi (R2). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh konsumen CV. Mitra Utama Boyolali, sedangkan sampel penelitian adalah 100 konsumen CV. Mitra Utama Boyolali dengan Convenience sampling atau Accidental Sampling sebagai teknik pengambilan sampel. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa untuk variabel reliability (X1) hasilnya positif dan signifikan berarti semakin baik kemampuan perusahaan memberikan layanan yang dijanjikan dengan segera, akurat, konsisten, dan memuaskan, maka kepuasan konsumen akan semakin mengalami peningkatan. Untuk variabel responsiveness (X2) hasilnya tidak berpengaruh positif dan signifikan berarti bahwa semakin tanggap karyawan perusahaan terhadap tuntutan atau permintaan dari konsumen, maka kepuasan konsumen tidak mengalami peningkatan yang berarti. Untuk variabel assurance (X3) hasilnya positif dan signifikan berarti bahwa semakin baik jaminan layanan yang diberikan perusahaan kepada konsumen, maka kepuasan konsumen akan semakin mengalami peningkatan. Untuk variabel motivasi emphaty (X4) hasilnya positif dan signifikan berarti bahwa semakin baik perhatian karyawan perusahaan terhadap tiap konsumen secara professional, maka kepuasan konsumen akan semakin mengalami peningkatan. Untuk variabel motivasi tangible (X5) hasilnya tidak berpengaruh positif dan signifikan berarti bahwa semakin baik jaminan rasa aman dan menyenangkan terhadap konsumen melalui fasilitas fisik, maka kepuasan konsumen tidak mengalami peningkatan yang berarti. Berdasarkan uji F yang signifikan pada alfa 5%; artinya reliability, responsiveness, assurance, emphaty dan tangible secara bersama-sama berpengaruh terhadap kepuasan konsumen CV. Mitra Utama Boyolali. Nilai koefisien determinasi (R2) sebesar 0,487 berarti bahwa reliability, responsiveness, assurance, emphaty dan tangible memberi sumbangan terhadap peningkatan maupun penurunan kepuasan konsumen CV. Mitra Utama Boyolali sebesar 48,7%, sedangkan sisanya sebesar 51,3% dapat dijelaskan oleh variabel yang lain di luar model. 2010 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/9851/4/B100060136.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/9851/1/B100060136.pdf YUNITASARI, RUSLINA (2010) ANALISIS PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP TINGKAT KEPUASAN KONSUMEN PADA CV.MITRA UTAMA. Skripsi thesis, Univerversitas Muhammadiyah Surakarta. B100060136
spellingShingle HD28 Management
YUNITASARI, RUSLINA
ANALISIS PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP TINGKAT KEPUASAN KONSUMEN PADA CV.MITRA UTAMA
title ANALISIS PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP TINGKAT KEPUASAN KONSUMEN PADA CV.MITRA UTAMA
title_full ANALISIS PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP TINGKAT KEPUASAN KONSUMEN PADA CV.MITRA UTAMA
title_fullStr ANALISIS PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP TINGKAT KEPUASAN KONSUMEN PADA CV.MITRA UTAMA
title_full_unstemmed ANALISIS PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP TINGKAT KEPUASAN KONSUMEN PADA CV.MITRA UTAMA
title_short ANALISIS PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP TINGKAT KEPUASAN KONSUMEN PADA CV.MITRA UTAMA
title_sort analisis pengaruh kualitas pelayanan terhadap tingkat kepuasan konsumen pada cv mitra utama
topic HD28 Management
url https://eprints.ums.ac.id/9851/
work_keys_str_mv AT yunitasariruslina analisispengaruhkualitaspelayananterhadaptingkatkepuasankonsumenpadacvmitrautama