UPAYA PENGEMBANGAN KREATIVITAS ANAK USIA DINI MELALUI BERMAIN SAINS TINTA TRANSPARAN (Sebuah Penelitian Tindakan Kelas di Play Group ’Aisyiyah 20 Pajang Surakarta)

Upaya Pengembangan Kreativitas anak usia dini perlu ditingkatkan, oleh karena itu kegiatan pembelajaran harus menarik dan menyenangkan. Salah satu upaya untuk meningkatkan perkembangan kreativitas anak usia dini adalah melalui bermain sains tinta transparan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: HIDAYAH , RATNA NOER
Format: Thesis
Language:English
English
Published: 2010
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/9841/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
_version_ 1804994916433002496
author HIDAYAH , RATNA NOER
author_facet HIDAYAH , RATNA NOER
author_sort HIDAYAH , RATNA NOER
collection ePrints
description Upaya Pengembangan Kreativitas anak usia dini perlu ditingkatkan, oleh karena itu kegiatan pembelajaran harus menarik dan menyenangkan. Salah satu upaya untuk meningkatkan perkembangan kreativitas anak usia dini adalah melalui bermain sains tinta transparan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perkembangan kreativitas anak usia dini melalui kegiatan bermain sains tinta transparan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subyek dalam penelitian ini adalah anak didik kelompok Ar-rahim di Play Group ’Aisyiyah 20 Pajang Surakarta tahun ajaran 2010/2011. Penelitian ini bersifat kolaboratif antara peneliti, guru kelas, dan kepala sekolah. Data dikumpulkan melalui observasi, catatan lapangan, wawancara, dan dokumentasi. Keabsahan data diperiksa dengan triangulasi. Data dianalisis secara deskriptif kualitatif model alur. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada peningkatan perkembangan kreativitas anak usia dini melalui bermain sains tinta transparan, yakni sebelum tindakan 30 %, siklus I mencapai 60 % dan siklus II mencapai 84 %. Kegiatan bermain sains tinta transparan juga didukung oleh metode lain yakni pemberian tugas dan permainan. Metode ini mempunyai peranan yang cukup penting dalam upaya pengembangan kreativitas anak usia dini karena dapat membantu meminimalkan permasalahan yang dihadapi pada saat kegiatan bermain. Kesimpulan dari penelitian ini adalah upaya pengembangan kreativitas anak usia dini dapat melalui bermain sains tinta transparan.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:9841
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
publishDate 2010
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:9841 https://eprints.ums.ac.id/9841/ UPAYA PENGEMBANGAN KREATIVITAS ANAK USIA DINI MELALUI BERMAIN SAINS TINTA TRANSPARAN (Sebuah Penelitian Tindakan Kelas di Play Group ’Aisyiyah 20 Pajang Surakarta) HIDAYAH , RATNA NOER L Education (General) Upaya Pengembangan Kreativitas anak usia dini perlu ditingkatkan, oleh karena itu kegiatan pembelajaran harus menarik dan menyenangkan. Salah satu upaya untuk meningkatkan perkembangan kreativitas anak usia dini adalah melalui bermain sains tinta transparan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perkembangan kreativitas anak usia dini melalui kegiatan bermain sains tinta transparan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subyek dalam penelitian ini adalah anak didik kelompok Ar-rahim di Play Group ’Aisyiyah 20 Pajang Surakarta tahun ajaran 2010/2011. Penelitian ini bersifat kolaboratif antara peneliti, guru kelas, dan kepala sekolah. Data dikumpulkan melalui observasi, catatan lapangan, wawancara, dan dokumentasi. Keabsahan data diperiksa dengan triangulasi. Data dianalisis secara deskriptif kualitatif model alur. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada peningkatan perkembangan kreativitas anak usia dini melalui bermain sains tinta transparan, yakni sebelum tindakan 30 %, siklus I mencapai 60 % dan siklus II mencapai 84 %. Kegiatan bermain sains tinta transparan juga didukung oleh metode lain yakni pemberian tugas dan permainan. Metode ini mempunyai peranan yang cukup penting dalam upaya pengembangan kreativitas anak usia dini karena dapat membantu meminimalkan permasalahan yang dihadapi pada saat kegiatan bermain. Kesimpulan dari penelitian ini adalah upaya pengembangan kreativitas anak usia dini dapat melalui bermain sains tinta transparan. 2010 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/9841/1/A520085053.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/9841/2/A520085053.pdf HIDAYAH , RATNA NOER (2010) UPAYA PENGEMBANGAN KREATIVITAS ANAK USIA DINI MELALUI BERMAIN SAINS TINTA TRANSPARAN (Sebuah Penelitian Tindakan Kelas di Play Group ’Aisyiyah 20 Pajang Surakarta). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta . A520085053
spellingShingle L Education (General)
HIDAYAH , RATNA NOER
UPAYA PENGEMBANGAN KREATIVITAS ANAK USIA DINI MELALUI BERMAIN SAINS TINTA TRANSPARAN (Sebuah Penelitian Tindakan Kelas di Play Group ’Aisyiyah 20 Pajang Surakarta)
title UPAYA PENGEMBANGAN KREATIVITAS ANAK USIA DINI MELALUI BERMAIN SAINS TINTA TRANSPARAN (Sebuah Penelitian Tindakan Kelas di Play Group ’Aisyiyah 20 Pajang Surakarta)
title_full UPAYA PENGEMBANGAN KREATIVITAS ANAK USIA DINI MELALUI BERMAIN SAINS TINTA TRANSPARAN (Sebuah Penelitian Tindakan Kelas di Play Group ’Aisyiyah 20 Pajang Surakarta)
title_fullStr UPAYA PENGEMBANGAN KREATIVITAS ANAK USIA DINI MELALUI BERMAIN SAINS TINTA TRANSPARAN (Sebuah Penelitian Tindakan Kelas di Play Group ’Aisyiyah 20 Pajang Surakarta)
title_full_unstemmed UPAYA PENGEMBANGAN KREATIVITAS ANAK USIA DINI MELALUI BERMAIN SAINS TINTA TRANSPARAN (Sebuah Penelitian Tindakan Kelas di Play Group ’Aisyiyah 20 Pajang Surakarta)
title_short UPAYA PENGEMBANGAN KREATIVITAS ANAK USIA DINI MELALUI BERMAIN SAINS TINTA TRANSPARAN (Sebuah Penelitian Tindakan Kelas di Play Group ’Aisyiyah 20 Pajang Surakarta)
title_sort upaya pengembangan kreativitas anak usia dini melalui bermain sains tinta transparan sebuah penelitian tindakan kelas di play group aisyiyah 20 pajang surakarta
topic L Education (General)
url https://eprints.ums.ac.id/9841/
work_keys_str_mv AT hidayahratnanoer upayapengembangankreativitasanakusiadinimelaluibermainsainstintatransparansebuahpenelitiantindakankelasdiplaygroupaisyiyah20pajangsurakarta