UPAYA MENINGKATKAN DAYA PIKIR ANAK MELALUI PERMAINAN EDUKATIF (Sebuah Penelitian Tindakan Kelas di TK Indria Putra II Semanggi Tahun Ajaran 2010/2011)

Daya pikir anak dapat ditingkatkan, oleh sebab itu pembelajaran harus menarik dan menyenangkan bagi anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan daya pikir anak melalui permainan edukatif. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Salah satu cara untuk meningkatkan daya pi...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: ALFIYANTI , NURLAILI
Format: Thesis
Language:English
English
Published: 2010
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/9837/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Daya pikir anak dapat ditingkatkan, oleh sebab itu pembelajaran harus menarik dan menyenangkan bagi anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan daya pikir anak melalui permainan edukatif. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Salah satu cara untuk meningkatkan daya pikir anak adalah dengan menggunakan metode pemberian tugas dengan media puzzle. Subyek dalam penelitian ini adalah anak didik kelompok B2 TK Indria Putra II Semanggi Surakarta tahun ajaran 2010/2011. Data yang dikumpulkan melalui observasi dan wawancara. Keabsahan data diperiksa dengan triangulasi. Data dianalisis secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada peningkatan daya pikir anak melalui permainan edukatif berupa puzzle yakni sebelum tindakan 57%, siklus I mencapai 65%, siklus II mencapai 80% dan siklus II 88%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah melalui permainan edukatif berupa puzzle sangat tepat dan dapat meningkatkan daya pikir anak.