ANALISIS TINGKAT BRAND LOYALTY PADA PRODUK SABUN LIFEBUOY DI DAERAH TAWANGMANGU

Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis tingkat brand loyalty pada produk sabun Lifebuoy di daerah Tawangmangu dan bagaimana promosi berpengaruh terhadap brand loyalty. Sehubungan dengan tujuan penelitian diatas, maka untuk penelitian ini mengambil sampel konsumen sabun mandi merek Lifebuoy di d...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: WIDYANINGRUM, RATRI
Format: Thesis
Language:English
English
Published: 2010
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/9836/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
_version_ 1804994915084533760
author WIDYANINGRUM, RATRI
author_facet WIDYANINGRUM, RATRI
author_sort WIDYANINGRUM, RATRI
collection ePrints
description Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis tingkat brand loyalty pada produk sabun Lifebuoy di daerah Tawangmangu dan bagaimana promosi berpengaruh terhadap brand loyalty. Sehubungan dengan tujuan penelitian diatas, maka untuk penelitian ini mengambil sampel konsumen sabun mandi merek Lifebuoy di daerah Tawangmangu sebagai obyek penelitian. Metode pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah non probability sampling dengan kombinasi metode convenience dan purposive sampling. Sampel yang digunakan adalah 100 orang responden yang terdiri dari 100 penduduk di daerah Tawangmangu, yang pernah menggunakan produk sabun mandi merek Lifebuoy dan melakukan pembelian ulang minimal 3 kali secara berturut-turut. Metode analisis data dengan menggunakan analisis deskriptif, analisis kuantitatif yang diolah dengan menggunakan analisis Aritmatic Mean dan analisis Regresi dengan menggunakan SPSS . Nilai mean aritmatik yang berada pada kategori penilaian interval baik (3,40 – 4,19) untuk semua tingkatan brand loyalty. Tingkatan Commited Buyer mempunyai nilai rata-rata hitung yang paling besar yaitu 4,282, sedangkan tingkatan Switcher mempunyai nilai rata-rata hitung yang paling rendah, yaitu 2,825. Hasil yang diperoleh menunjukan bahwa tingkatan Commited Buyer mempunyai nilai terbaik diantara tingkatan loyalitas merek yang lain. Sedangkan hasil perhitungan t statistik untuk variabel Promosi (X) diperoleh nilai thitung sebesar 10,749 sedangkan besar ttabel adalah 1,987 (thitung > ttabel) sehingga Ho ditolak, artinya variabel Promosi (X) berpengaruh signifikan dengan α = 5% terhadap Brand Loyalty. Dari hasil pengukuran maka dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut: Secara umum loyalitas konsumen terhadap produk sabun mandi Lifebuoy adalah baik atau loyal dan hasil penelitian menunjukkan bahwa promosi mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap brand loyalty .  
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:9836
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
publishDate 2010
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:9836 https://eprints.ums.ac.id/9836/ ANALISIS TINGKAT BRAND LOYALTY PADA PRODUK SABUN LIFEBUOY DI DAERAH TAWANGMANGU WIDYANINGRUM, RATRI HD28 Management Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis tingkat brand loyalty pada produk sabun Lifebuoy di daerah Tawangmangu dan bagaimana promosi berpengaruh terhadap brand loyalty. Sehubungan dengan tujuan penelitian diatas, maka untuk penelitian ini mengambil sampel konsumen sabun mandi merek Lifebuoy di daerah Tawangmangu sebagai obyek penelitian. Metode pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah non probability sampling dengan kombinasi metode convenience dan purposive sampling. Sampel yang digunakan adalah 100 orang responden yang terdiri dari 100 penduduk di daerah Tawangmangu, yang pernah menggunakan produk sabun mandi merek Lifebuoy dan melakukan pembelian ulang minimal 3 kali secara berturut-turut. Metode analisis data dengan menggunakan analisis deskriptif, analisis kuantitatif yang diolah dengan menggunakan analisis Aritmatic Mean dan analisis Regresi dengan menggunakan SPSS . Nilai mean aritmatik yang berada pada kategori penilaian interval baik (3,40 – 4,19) untuk semua tingkatan brand loyalty. Tingkatan Commited Buyer mempunyai nilai rata-rata hitung yang paling besar yaitu 4,282, sedangkan tingkatan Switcher mempunyai nilai rata-rata hitung yang paling rendah, yaitu 2,825. Hasil yang diperoleh menunjukan bahwa tingkatan Commited Buyer mempunyai nilai terbaik diantara tingkatan loyalitas merek yang lain. Sedangkan hasil perhitungan t statistik untuk variabel Promosi (X) diperoleh nilai thitung sebesar 10,749 sedangkan besar ttabel adalah 1,987 (thitung > ttabel) sehingga Ho ditolak, artinya variabel Promosi (X) berpengaruh signifikan dengan α = 5% terhadap Brand Loyalty. Dari hasil pengukuran maka dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut: Secara umum loyalitas konsumen terhadap produk sabun mandi Lifebuoy adalah baik atau loyal dan hasil penelitian menunjukkan bahwa promosi mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap brand loyalty .   2010 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/9836/1/B100060029.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/9836/4/B100060029.pdf WIDYANINGRUM, RATRI (2010) ANALISIS TINGKAT BRAND LOYALTY PADA PRODUK SABUN LIFEBUOY DI DAERAH TAWANGMANGU. Skripsi thesis, Univerversitas Muhammadiyah Surakarta. B100060029
spellingShingle HD28 Management
WIDYANINGRUM, RATRI
ANALISIS TINGKAT BRAND LOYALTY PADA PRODUK SABUN LIFEBUOY DI DAERAH TAWANGMANGU
title ANALISIS TINGKAT BRAND LOYALTY PADA PRODUK SABUN LIFEBUOY DI DAERAH TAWANGMANGU
title_full ANALISIS TINGKAT BRAND LOYALTY PADA PRODUK SABUN LIFEBUOY DI DAERAH TAWANGMANGU
title_fullStr ANALISIS TINGKAT BRAND LOYALTY PADA PRODUK SABUN LIFEBUOY DI DAERAH TAWANGMANGU
title_full_unstemmed ANALISIS TINGKAT BRAND LOYALTY PADA PRODUK SABUN LIFEBUOY DI DAERAH TAWANGMANGU
title_short ANALISIS TINGKAT BRAND LOYALTY PADA PRODUK SABUN LIFEBUOY DI DAERAH TAWANGMANGU
title_sort analisis tingkat brand loyalty pada produk sabun lifebuoy di daerah tawangmangu
topic HD28 Management
url https://eprints.ums.ac.id/9836/
work_keys_str_mv AT widyaningrumratri analisistingkatbrandloyaltypadaproduksabunlifebuoydidaerahtawangmangu