PENINGKATAN KECERDASAN EMOSIONAL ANAK MELALUI METODE CERITA PADA ANAK DIDIK KELOMPOK B2 SEMESTER I DI TK AISYIYAH IV SEMANGGI TAHUN PELAJARAN 2010/2011 (Sebuah Penelitian Tindakan Kelas)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kecerdasan emosional anak melalui metode cerita pada anak didik kelompok B2 semester I di TK Aisyiyah IV Semanggi tahun pelajaran 2010/2011. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan September sampai Oktober 2010 di TK Aisyiyah IV Semanggi pada Kelo...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: JUMIDAH, SITI
Format: Thesis
Language:English
English
Published: 2010
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/9834/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
_version_ 1804994914547662848
author JUMIDAH, SITI
author_facet JUMIDAH, SITI
author_sort JUMIDAH, SITI
collection ePrints
description Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kecerdasan emosional anak melalui metode cerita pada anak didik kelompok B2 semester I di TK Aisyiyah IV Semanggi tahun pelajaran 2010/2011. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan September sampai Oktober 2010 di TK Aisyiyah IV Semanggi pada Kelompok B2 Tahun Pelajaran 2010/2011. Penelitian menggunakan sampel 24 anak didik Kelompok B2 dengan kondisi dari awal anak-anak ketika tiba di sekolah sampai kegiatan pembelajaran berlangsung, anak-anak didik kelompok B2 mengalami kesulitan dalam bergaul dengan teman sebaya di sekolah, kemampuan mengendalikan diri pada saat harus berpisah dengan orangtua walaupun hanya sebentar, kepercayaan terhadap kemampuan diri yang masih rendah, dapat dibuktikan dengan seringnya anak-anak mengatakan tidak bisa, untuk kemudian menangis karena merasa sulit menyelesaikan tugas. Anak-anak juga sering tidak mandiri, karena selalu meminta pertolongan kepada orangtua yang kebetulan juga masih menunggui untuk mengambilkan sesuatu yang dibutuhkan anak. Rancangan penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif berdasarkan hasil observasi dan refleksi dari 3 siklus. Desain penelitian yang akan digunakan adalah action research (penelitian tindakan kelas). Desain ini dipilih dengan alasan bahwa penelitian ini dilakukan untuk memperbaiki proses pembelajaran yang dilakukan dalam rangka pencapaian tujuan yang telah dirumuskan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata kecerdasan emosional anak didik kelompok B2 di TK Aisyiyah IV Semanggi Surakarta pada Siklus I, Siklus II, Siklus III adalah 58,33%, 70,83%, dan 79,16%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan metode cerita dengan teknik penyajian cerita tanpa alat peraga dapat meningkatkan kecerdasan emosional anak didik, efektif untuk memotivasi anak didik, menambah wawasan guru dalam memilih strategi yang tepat, dan melatih keterampilan guru dalam mengelola kelas.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:9834
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
publishDate 2010
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:9834 https://eprints.ums.ac.id/9834/ PENINGKATAN KECERDASAN EMOSIONAL ANAK MELALUI METODE CERITA PADA ANAK DIDIK KELOMPOK B2 SEMESTER I DI TK AISYIYAH IV SEMANGGI TAHUN PELAJARAN 2010/2011 (Sebuah Penelitian Tindakan Kelas) JUMIDAH, SITI L Education (General) Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kecerdasan emosional anak melalui metode cerita pada anak didik kelompok B2 semester I di TK Aisyiyah IV Semanggi tahun pelajaran 2010/2011. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan September sampai Oktober 2010 di TK Aisyiyah IV Semanggi pada Kelompok B2 Tahun Pelajaran 2010/2011. Penelitian menggunakan sampel 24 anak didik Kelompok B2 dengan kondisi dari awal anak-anak ketika tiba di sekolah sampai kegiatan pembelajaran berlangsung, anak-anak didik kelompok B2 mengalami kesulitan dalam bergaul dengan teman sebaya di sekolah, kemampuan mengendalikan diri pada saat harus berpisah dengan orangtua walaupun hanya sebentar, kepercayaan terhadap kemampuan diri yang masih rendah, dapat dibuktikan dengan seringnya anak-anak mengatakan tidak bisa, untuk kemudian menangis karena merasa sulit menyelesaikan tugas. Anak-anak juga sering tidak mandiri, karena selalu meminta pertolongan kepada orangtua yang kebetulan juga masih menunggui untuk mengambilkan sesuatu yang dibutuhkan anak. Rancangan penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif berdasarkan hasil observasi dan refleksi dari 3 siklus. Desain penelitian yang akan digunakan adalah action research (penelitian tindakan kelas). Desain ini dipilih dengan alasan bahwa penelitian ini dilakukan untuk memperbaiki proses pembelajaran yang dilakukan dalam rangka pencapaian tujuan yang telah dirumuskan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata kecerdasan emosional anak didik kelompok B2 di TK Aisyiyah IV Semanggi Surakarta pada Siklus I, Siklus II, Siklus III adalah 58,33%, 70,83%, dan 79,16%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan metode cerita dengan teknik penyajian cerita tanpa alat peraga dapat meningkatkan kecerdasan emosional anak didik, efektif untuk memotivasi anak didik, menambah wawasan guru dalam memilih strategi yang tepat, dan melatih keterampilan guru dalam mengelola kelas. 2010 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/9834/1/A520085035.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/9834/3/A520085035.pdf JUMIDAH, SITI (2010) PENINGKATAN KECERDASAN EMOSIONAL ANAK MELALUI METODE CERITA PADA ANAK DIDIK KELOMPOK B2 SEMESTER I DI TK AISYIYAH IV SEMANGGI TAHUN PELAJARAN 2010/2011 (Sebuah Penelitian Tindakan Kelas). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta . A520085035
spellingShingle L Education (General)
JUMIDAH, SITI
PENINGKATAN KECERDASAN EMOSIONAL ANAK MELALUI METODE CERITA PADA ANAK DIDIK KELOMPOK B2 SEMESTER I DI TK AISYIYAH IV SEMANGGI TAHUN PELAJARAN 2010/2011 (Sebuah Penelitian Tindakan Kelas)
title PENINGKATAN KECERDASAN EMOSIONAL ANAK MELALUI METODE CERITA PADA ANAK DIDIK KELOMPOK B2 SEMESTER I DI TK AISYIYAH IV SEMANGGI TAHUN PELAJARAN 2010/2011 (Sebuah Penelitian Tindakan Kelas)
title_full PENINGKATAN KECERDASAN EMOSIONAL ANAK MELALUI METODE CERITA PADA ANAK DIDIK KELOMPOK B2 SEMESTER I DI TK AISYIYAH IV SEMANGGI TAHUN PELAJARAN 2010/2011 (Sebuah Penelitian Tindakan Kelas)
title_fullStr PENINGKATAN KECERDASAN EMOSIONAL ANAK MELALUI METODE CERITA PADA ANAK DIDIK KELOMPOK B2 SEMESTER I DI TK AISYIYAH IV SEMANGGI TAHUN PELAJARAN 2010/2011 (Sebuah Penelitian Tindakan Kelas)
title_full_unstemmed PENINGKATAN KECERDASAN EMOSIONAL ANAK MELALUI METODE CERITA PADA ANAK DIDIK KELOMPOK B2 SEMESTER I DI TK AISYIYAH IV SEMANGGI TAHUN PELAJARAN 2010/2011 (Sebuah Penelitian Tindakan Kelas)
title_short PENINGKATAN KECERDASAN EMOSIONAL ANAK MELALUI METODE CERITA PADA ANAK DIDIK KELOMPOK B2 SEMESTER I DI TK AISYIYAH IV SEMANGGI TAHUN PELAJARAN 2010/2011 (Sebuah Penelitian Tindakan Kelas)
title_sort peningkatan kecerdasan emosional anak melalui metode cerita pada anak didik kelompok b2 semester i di tk aisyiyah iv semanggi tahun pelajaran 2010 2011 sebuah penelitian tindakan kelas
topic L Education (General)
url https://eprints.ums.ac.id/9834/
work_keys_str_mv AT jumidahsiti peningkatankecerdasanemosionalanakmelaluimetodeceritapadaanakdidikkelompokb2semesteriditkaisyiyahivsemanggitahunpelajaran20102011sebuahpenelitiantindakankelas