PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PADA ANAK MELALUI PERMAINAN MEMASANGKAN GAMBAR DENGAN KATA PADA ANAK DIDIK KELOMPOK B DI TK AISYIYAH IV KARANGGENENGBOYOLALI SEMESTER 2 TAHUN 2009 / 2010

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan membaca pada anak melalui permainan memasangkan gambar dengan kata pada anak didik kelompok B di TK ‘Aisyiyah Bustanul Athfal Karanggeneng Boyolali Semeter 2 Tahun 2009/2010. Sumber data dalam penelitian ini adalah guru kelompok B dan a...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: RAHAYU , PUJI
Format: Thesis
Language:English
English
Published: 2010
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/9832/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
_version_ 1804994914000306176
author RAHAYU , PUJI
author_facet RAHAYU , PUJI
author_sort RAHAYU , PUJI
collection ePrints
description Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan membaca pada anak melalui permainan memasangkan gambar dengan kata pada anak didik kelompok B di TK ‘Aisyiyah Bustanul Athfal Karanggeneng Boyolali Semeter 2 Tahun 2009/2010. Sumber data dalam penelitian ini adalah guru kelompok B dan anak kelompok B dan data penelitian ioni adalah kemampuan membaca pada anak kelompok B. Teknik pengumpulan data ini diambil dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang telah terkumpul dianalisis secara kritis dengan membandingkan hasil tindakan dalam tiap siklus dengan indikator keberhasilan tindakan yang telah ditetapkan. Hasil analisis mencakup kegiatan mengungkapkan kelebihan dan kekurangan kerja peneliti dan anak didik dalam proses belajar-mengajar. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini antara lain: (1) Ruang kelas dan proses kegiatan di dalamnya, (2) Informasi yaitu guru dan anak, (3) dokumen yaitu lampiran sertafoto kegiatan anak. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah (1) Observasi, (2) Wawancara, (3) Catatan lapangan, (4) Teknik dokumentasi. Hasil penelitian ini, yakni terdapat peningkatan kemampuan membaca pada anak melalui permainan memasangkan gambar dengan kata pada anak kelompok B di TK ‘Aisyiyah Bustanul Athfal IV, yaitu dengan persentase sebagai berikut: (1) Menghubungkan dan menyebut tulisan sederhana dengan symbol, Pada siklus 1 50% (6 anak), pada siklus II 50% (14 anak), dan siklus III mencapai 75% (19 anak). (2) Membaca beberapa kata berdasarkan gambar-tulisan pada siklus I 30% (8 anak), pada siklus II 61% (16 anak), sedangkan pada siklus III meningkat 83% (21 anak). (3) Membuat coretan berbentuk kata berdasarkan gambar yang dibuatnya pada siklus I 34% (9 anak), pada sikus II 38% (11 anak), sedangkan pada siklus III meningkat 73% (18 anak).
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:9832
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
publishDate 2010
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:9832 https://eprints.ums.ac.id/9832/ PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PADA ANAK MELALUI PERMAINAN MEMASANGKAN GAMBAR DENGAN KATA PADA ANAK DIDIK KELOMPOK B DI TK AISYIYAH IV KARANGGENENGBOYOLALI SEMESTER 2 TAHUN 2009 / 2010 RAHAYU , PUJI L Education (General) Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan membaca pada anak melalui permainan memasangkan gambar dengan kata pada anak didik kelompok B di TK ‘Aisyiyah Bustanul Athfal Karanggeneng Boyolali Semeter 2 Tahun 2009/2010. Sumber data dalam penelitian ini adalah guru kelompok B dan anak kelompok B dan data penelitian ioni adalah kemampuan membaca pada anak kelompok B. Teknik pengumpulan data ini diambil dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang telah terkumpul dianalisis secara kritis dengan membandingkan hasil tindakan dalam tiap siklus dengan indikator keberhasilan tindakan yang telah ditetapkan. Hasil analisis mencakup kegiatan mengungkapkan kelebihan dan kekurangan kerja peneliti dan anak didik dalam proses belajar-mengajar. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini antara lain: (1) Ruang kelas dan proses kegiatan di dalamnya, (2) Informasi yaitu guru dan anak, (3) dokumen yaitu lampiran sertafoto kegiatan anak. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah (1) Observasi, (2) Wawancara, (3) Catatan lapangan, (4) Teknik dokumentasi. Hasil penelitian ini, yakni terdapat peningkatan kemampuan membaca pada anak melalui permainan memasangkan gambar dengan kata pada anak kelompok B di TK ‘Aisyiyah Bustanul Athfal IV, yaitu dengan persentase sebagai berikut: (1) Menghubungkan dan menyebut tulisan sederhana dengan symbol, Pada siklus 1 50% (6 anak), pada siklus II 50% (14 anak), dan siklus III mencapai 75% (19 anak). (2) Membaca beberapa kata berdasarkan gambar-tulisan pada siklus I 30% (8 anak), pada siklus II 61% (16 anak), sedangkan pada siklus III meningkat 83% (21 anak). (3) Membuat coretan berbentuk kata berdasarkan gambar yang dibuatnya pada siklus I 34% (9 anak), pada sikus II 38% (11 anak), sedangkan pada siklus III meningkat 73% (18 anak). 2010 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/9832/1/A520085032.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/9832/2/A520085032.pdf RAHAYU , PUJI (2010) PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PADA ANAK MELALUI PERMAINAN MEMASANGKAN GAMBAR DENGAN KATA PADA ANAK DIDIK KELOMPOK B DI TK AISYIYAH IV KARANGGENENGBOYOLALI SEMESTER 2 TAHUN 2009 / 2010. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta . A520085032
spellingShingle L Education (General)
RAHAYU , PUJI
PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PADA ANAK MELALUI PERMAINAN MEMASANGKAN GAMBAR DENGAN KATA PADA ANAK DIDIK KELOMPOK B DI TK AISYIYAH IV KARANGGENENGBOYOLALI SEMESTER 2 TAHUN 2009 / 2010
title PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PADA ANAK MELALUI PERMAINAN MEMASANGKAN GAMBAR DENGAN KATA PADA ANAK DIDIK KELOMPOK B DI TK AISYIYAH IV KARANGGENENGBOYOLALI SEMESTER 2 TAHUN 2009 / 2010
title_full PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PADA ANAK MELALUI PERMAINAN MEMASANGKAN GAMBAR DENGAN KATA PADA ANAK DIDIK KELOMPOK B DI TK AISYIYAH IV KARANGGENENGBOYOLALI SEMESTER 2 TAHUN 2009 / 2010
title_fullStr PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PADA ANAK MELALUI PERMAINAN MEMASANGKAN GAMBAR DENGAN KATA PADA ANAK DIDIK KELOMPOK B DI TK AISYIYAH IV KARANGGENENGBOYOLALI SEMESTER 2 TAHUN 2009 / 2010
title_full_unstemmed PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PADA ANAK MELALUI PERMAINAN MEMASANGKAN GAMBAR DENGAN KATA PADA ANAK DIDIK KELOMPOK B DI TK AISYIYAH IV KARANGGENENGBOYOLALI SEMESTER 2 TAHUN 2009 / 2010
title_short PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PADA ANAK MELALUI PERMAINAN MEMASANGKAN GAMBAR DENGAN KATA PADA ANAK DIDIK KELOMPOK B DI TK AISYIYAH IV KARANGGENENGBOYOLALI SEMESTER 2 TAHUN 2009 / 2010
title_sort peningkatan kemampuan membaca pada anak melalui permainan memasangkan gambar dengan kata pada anak didik kelompok b di tk aisyiyah iv karanggenengboyolali semester 2 tahun 2009 2010
topic L Education (General)
url https://eprints.ums.ac.id/9832/
work_keys_str_mv AT rahayupuji peningkatankemampuanmembacapadaanakmelaluipermainanmemasangkangambardengankatapadaanakdidikkelompokbditkaisyiyahivkaranggenengboyolalisemester2tahun20092010