PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PADA ANAK MELALUI PERMAINAN MEMASANGKAN GAMBAR DENGAN KATA PADA ANAK DIDIK KELOMPOK B DI TK AISYIYAH IV KARANGGENENGBOYOLALI SEMESTER 2 TAHUN 2009 / 2010

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan membaca pada anak melalui permainan memasangkan gambar dengan kata pada anak didik kelompok B di TK ‘Aisyiyah Bustanul Athfal Karanggeneng Boyolali Semeter 2 Tahun 2009/2010. Sumber data dalam penelitian ini adalah guru kelompok B dan a...

全面介紹

Saved in:
書目詳細資料
主要作者: RAHAYU , PUJI
格式: Thesis
語言:English
English
出版: 2010
主題:
在線閱讀:https://eprints.ums.ac.id/9832/
標簽: 添加標簽
沒有標簽, 成為第一個標記此記錄!
實物特徵
總結:Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan membaca pada anak melalui permainan memasangkan gambar dengan kata pada anak didik kelompok B di TK ‘Aisyiyah Bustanul Athfal Karanggeneng Boyolali Semeter 2 Tahun 2009/2010. Sumber data dalam penelitian ini adalah guru kelompok B dan anak kelompok B dan data penelitian ioni adalah kemampuan membaca pada anak kelompok B. Teknik pengumpulan data ini diambil dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang telah terkumpul dianalisis secara kritis dengan membandingkan hasil tindakan dalam tiap siklus dengan indikator keberhasilan tindakan yang telah ditetapkan. Hasil analisis mencakup kegiatan mengungkapkan kelebihan dan kekurangan kerja peneliti dan anak didik dalam proses belajar-mengajar. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini antara lain: (1) Ruang kelas dan proses kegiatan di dalamnya, (2) Informasi yaitu guru dan anak, (3) dokumen yaitu lampiran sertafoto kegiatan anak. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah (1) Observasi, (2) Wawancara, (3) Catatan lapangan, (4) Teknik dokumentasi. Hasil penelitian ini, yakni terdapat peningkatan kemampuan membaca pada anak melalui permainan memasangkan gambar dengan kata pada anak kelompok B di TK ‘Aisyiyah Bustanul Athfal IV, yaitu dengan persentase sebagai berikut: (1) Menghubungkan dan menyebut tulisan sederhana dengan symbol, Pada siklus 1 50% (6 anak), pada siklus II 50% (14 anak), dan siklus III mencapai 75% (19 anak). (2) Membaca beberapa kata berdasarkan gambar-tulisan pada siklus I 30% (8 anak), pada siklus II 61% (16 anak), sedangkan pada siklus III meningkat 83% (21 anak). (3) Membuat coretan berbentuk kata berdasarkan gambar yang dibuatnya pada siklus I 34% (9 anak), pada sikus II 38% (11 anak), sedangkan pada siklus III meningkat 73% (18 anak).