PENDEKATAN PEMBELAJARAN BEYOND CENTER AND CIRCLE TIME (BCCT) DI SENTRA PERSIAPAN DALAM UPAYA PERSIAPAN MENULIS DASAR (Studi Kasus Di Play Group dan Pre School Intan Permata Aisyiyah Ranting Makam Haji Kartosuro)

Kemampuan menulis dasar anak usia dini perlu diajarkan sejak dini, oleh karena itu pembelajarannya harus dikemas secara menarik dan menyenangkan. Salah satu pendekatan pembelajaran yang dapat meningkatkan perkembangan menulis dasar anak adalah pendekatan pembelajaran Beyond Center and Circle Time kh...

Mô tả đầy đủ

Đã lưu trong:
Chi tiết về thư mục
Tác giả chính: KURNIASARI, DIYAH
Định dạng: Luận văn
Ngôn ngữ:English
English
Được phát hành: 2010
Những chủ đề:
Truy cập trực tuyến:https://eprints.ums.ac.id/9830/
Các nhãn: Thêm thẻ
Không có thẻ, Là người đầu tiên thẻ bản ghi này!
Miêu tả
Tóm tắt:Kemampuan menulis dasar anak usia dini perlu diajarkan sejak dini, oleh karena itu pembelajarannya harus dikemas secara menarik dan menyenangkan. Salah satu pendekatan pembelajaran yang dapat meningkatkan perkembangan menulis dasar anak adalah pendekatan pembelajaran Beyond Center and Circle Time khususnya di Sentra Persiapan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan pendekatan pembelajaran BCCT untuk pengembangan persiapan menulis dasar anak-anak kelompok Pre- School Intan Permata Aisyiyah Ranting Makamhaji Kartasura Penelitian ini merupakan penelitian Stadi Kasus. Subyek dalam penelitian ini adalah anak didik kelompok Pre School Intan Permata tahun ajaran 2009/2010. Penelitian ini lebih memfokuskan pada organisasi tertentu yaitu kelompok pre shcool intan permata. Data dikumpulkan melalui observasi, catatan lapangan, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan BCCT di Pre School Intan Permata khususnya di sentra persiapan mendapatkan hasil nilai rata-rata 39,5 dengan kriterium cukup. Metode ini mempunyai peranan yang cukup penting dalam peningkatan kemampuan menulis dasar anak, hal ini dapat dilihat dari hasil penilaian kemampuan menulis dasar mendapatkan nilai rata-rata 6 dengan kriterium mampu. Kesimpulan dari penelitian ini adalah Pendekatan pembelajaran BCCT di Sentra Persiapan dapat meningkatkan kemampuan menulis dasar.