PENINGKATAN BAHASA LISAN ANAK USIA DINI MELALUI METODE CERITA GAMBAR SERI (Sebuah Penelitian Tindakan Kelas Pada Kelompok B TK Aisyiyah III Ngadirejo Tahun Pelajaran 2009/ 2010)

Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) Untuk memperoleh informasi tentang peningkatan bahasa lisan melalui metode cerita gambar seri pada anak didik kelompok B di TK Aisyiyah III Ngadirejo Kartasura semester II tahun pelajaran 2009/ 2010. (2) Untuk mengetahui peningkatan bahasa lisan melalui...

תיאור מלא

שמור ב:
מידע ביבליוגרפי
מחבר ראשי: WATI , EKA KRESNA
פורמט: Thesis
שפה:English
English
יצא לאור: 2010
נושאים:
גישה מקוונת:https://eprints.ums.ac.id/9829/
תגים: הוספת תג
אין תגיות, היה/י הראשונ/ה לתייג את הרשומה!
_version_ 1804994913180319744
author WATI , EKA KRESNA
author_facet WATI , EKA KRESNA
author_sort WATI , EKA KRESNA
collection ePrints
description Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) Untuk memperoleh informasi tentang peningkatan bahasa lisan melalui metode cerita gambar seri pada anak didik kelompok B di TK Aisyiyah III Ngadirejo Kartasura semester II tahun pelajaran 2009/ 2010. (2) Untuk mengetahui peningkatan bahasa lisan melalui metode cerita gambar seri pada anak didik kelompok B di TK Aisyiyah III Ngadirejo Kartasura semester II tahun pelajaran 2009/ 2010. Penelitian ini mengambil lokasi di TK Aisyiyah III Ngadirejo kabupaten Sukoharjo. Bentuk penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas yaitu penelitian tindakan yang dilakukan dengan tujuan untuk memperbaiki mutu praktik pembelajaran di kelas. Subjek penelitian ini adalah anak didik kelompok B dengan jumlah peserta didik 11 anak. Teknik pengumpulan data dengan observasi, dokumentasi, dan wawancara. Data yang telah terkumpul dianalisis secara kritis dengan membandingkan hasil tindakan dalam tiap siklus dengan indikator keberhasilan tindakan yang telah ditetapkan. Hasil analisis mencakup kegiatan mengungkapkan kelebihan dan kekurangan kerja peneliti dan anak didik dalam proses belajar-mengajar. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini antara lain: (1) penerapan metode bercerita gambar seri dapat meningkatkan bahasa lisan anak, Hal ini ditandai dengan prosentase pada indikator menjawab pertanyaan pada pra siklus diperoleh 27,2%, siklus I 36,3%, siklus II 54,5%, dan siklus III 90%, (2) sedangkan pada indikator menceritakan kembali isi cerita pada pra siklus diperoleh prosentase 18,1%, siklus I 27,2 %, siklus II 54,5%, sedangkan siklus III 81,8 %.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:9829
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
publishDate 2010
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:9829 https://eprints.ums.ac.id/9829/ PENINGKATAN BAHASA LISAN ANAK USIA DINI MELALUI METODE CERITA GAMBAR SERI (Sebuah Penelitian Tindakan Kelas Pada Kelompok B TK Aisyiyah III Ngadirejo Tahun Pelajaran 2009/ 2010) WATI , EKA KRESNA L Education (General) Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) Untuk memperoleh informasi tentang peningkatan bahasa lisan melalui metode cerita gambar seri pada anak didik kelompok B di TK Aisyiyah III Ngadirejo Kartasura semester II tahun pelajaran 2009/ 2010. (2) Untuk mengetahui peningkatan bahasa lisan melalui metode cerita gambar seri pada anak didik kelompok B di TK Aisyiyah III Ngadirejo Kartasura semester II tahun pelajaran 2009/ 2010. Penelitian ini mengambil lokasi di TK Aisyiyah III Ngadirejo kabupaten Sukoharjo. Bentuk penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas yaitu penelitian tindakan yang dilakukan dengan tujuan untuk memperbaiki mutu praktik pembelajaran di kelas. Subjek penelitian ini adalah anak didik kelompok B dengan jumlah peserta didik 11 anak. Teknik pengumpulan data dengan observasi, dokumentasi, dan wawancara. Data yang telah terkumpul dianalisis secara kritis dengan membandingkan hasil tindakan dalam tiap siklus dengan indikator keberhasilan tindakan yang telah ditetapkan. Hasil analisis mencakup kegiatan mengungkapkan kelebihan dan kekurangan kerja peneliti dan anak didik dalam proses belajar-mengajar. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini antara lain: (1) penerapan metode bercerita gambar seri dapat meningkatkan bahasa lisan anak, Hal ini ditandai dengan prosentase pada indikator menjawab pertanyaan pada pra siklus diperoleh 27,2%, siklus I 36,3%, siklus II 54,5%, dan siklus III 90%, (2) sedangkan pada indikator menceritakan kembali isi cerita pada pra siklus diperoleh prosentase 18,1%, siklus I 27,2 %, siklus II 54,5%, sedangkan siklus III 81,8 %. 2010 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/9829/1/A520085028.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/9829/2/A520085028.pdf WATI , EKA KRESNA (2010) PENINGKATAN BAHASA LISAN ANAK USIA DINI MELALUI METODE CERITA GAMBAR SERI (Sebuah Penelitian Tindakan Kelas Pada Kelompok B TK Aisyiyah III Ngadirejo Tahun Pelajaran 2009/ 2010). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta . A520085028
spellingShingle L Education (General)
WATI , EKA KRESNA
PENINGKATAN BAHASA LISAN ANAK USIA DINI MELALUI METODE CERITA GAMBAR SERI (Sebuah Penelitian Tindakan Kelas Pada Kelompok B TK Aisyiyah III Ngadirejo Tahun Pelajaran 2009/ 2010)
title PENINGKATAN BAHASA LISAN ANAK USIA DINI MELALUI METODE CERITA GAMBAR SERI (Sebuah Penelitian Tindakan Kelas Pada Kelompok B TK Aisyiyah III Ngadirejo Tahun Pelajaran 2009/ 2010)
title_full PENINGKATAN BAHASA LISAN ANAK USIA DINI MELALUI METODE CERITA GAMBAR SERI (Sebuah Penelitian Tindakan Kelas Pada Kelompok B TK Aisyiyah III Ngadirejo Tahun Pelajaran 2009/ 2010)
title_fullStr PENINGKATAN BAHASA LISAN ANAK USIA DINI MELALUI METODE CERITA GAMBAR SERI (Sebuah Penelitian Tindakan Kelas Pada Kelompok B TK Aisyiyah III Ngadirejo Tahun Pelajaran 2009/ 2010)
title_full_unstemmed PENINGKATAN BAHASA LISAN ANAK USIA DINI MELALUI METODE CERITA GAMBAR SERI (Sebuah Penelitian Tindakan Kelas Pada Kelompok B TK Aisyiyah III Ngadirejo Tahun Pelajaran 2009/ 2010)
title_short PENINGKATAN BAHASA LISAN ANAK USIA DINI MELALUI METODE CERITA GAMBAR SERI (Sebuah Penelitian Tindakan Kelas Pada Kelompok B TK Aisyiyah III Ngadirejo Tahun Pelajaran 2009/ 2010)
title_sort peningkatan bahasa lisan anak usia dini melalui metode cerita gambar seri sebuah penelitian tindakan kelas pada kelompok b tk aisyiyah iii ngadirejo tahun pelajaran 2009 2010
topic L Education (General)
url https://eprints.ums.ac.id/9829/
work_keys_str_mv AT watiekakresna peningkatanbahasalisananakusiadinimelaluimetodeceritagambarserisebuahpenelitiantindakankelaspadakelompokbtkaisyiyahiiingadirejotahunpelajaran20092010