PENINGKATAN BAHASA LISAN ANAK USIA DINI MELALUI METODE CERITA GAMBAR SERI (Sebuah Penelitian Tindakan Kelas Pada Kelompok B TK Aisyiyah III Ngadirejo Tahun Pelajaran 2009/ 2010)
Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) Untuk memperoleh informasi tentang peningkatan bahasa lisan melalui metode cerita gambar seri pada anak didik kelompok B di TK Aisyiyah III Ngadirejo Kartasura semester II tahun pelajaran 2009/ 2010. (2) Untuk mengetahui peningkatan bahasa lisan melalui...
-д хадгалсан:
Үндсэн зохиолч: | |
---|---|
Формат: | Дипломын ажил |
Хэл сонгох: | English English |
Хэвлэсэн: |
2010
|
Нөхцлүүд: | |
Онлайн хандалт: | https://eprints.ums.ac.id/9829/ |
Шошгууд: |
Шошго нэмэх
Шошго байхгүй, Энэхүү баримтыг шошголох эхний хүн болох!
|
Тойм: | Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) Untuk memperoleh informasi
tentang peningkatan bahasa lisan melalui metode cerita gambar seri pada anak
didik kelompok B di TK Aisyiyah III Ngadirejo Kartasura semester II tahun
pelajaran 2009/ 2010. (2) Untuk mengetahui peningkatan bahasa lisan melalui
metode cerita gambar seri pada anak didik kelompok B di TK Aisyiyah III
Ngadirejo Kartasura semester II tahun pelajaran 2009/ 2010.
Penelitian ini mengambil lokasi di TK Aisyiyah III Ngadirejo kabupaten
Sukoharjo. Bentuk penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas yaitu penelitian
tindakan yang dilakukan dengan tujuan untuk memperbaiki mutu praktik
pembelajaran di kelas. Subjek penelitian ini adalah anak didik kelompok B
dengan jumlah peserta didik 11 anak. Teknik pengumpulan data dengan observasi,
dokumentasi, dan wawancara. Data yang telah terkumpul dianalisis secara kritis
dengan membandingkan hasil tindakan dalam tiap siklus dengan indikator
keberhasilan tindakan yang telah ditetapkan. Hasil analisis mencakup kegiatan
mengungkapkan kelebihan dan kekurangan kerja peneliti dan anak didik dalam
proses belajar-mengajar.
Hasil yang diperoleh dari penelitian ini antara lain: (1) penerapan metode
bercerita gambar seri dapat meningkatkan bahasa lisan anak, Hal ini ditandai
dengan prosentase pada indikator menjawab pertanyaan pada pra siklus diperoleh
27,2%, siklus I 36,3%, siklus II 54,5%, dan siklus III 90%, (2) sedangkan pada
indikator menceritakan kembali isi cerita pada pra siklus diperoleh prosentase
18,1%, siklus I 27,2 %, siklus II 54,5%, sedangkan siklus III 81,8 %. |
---|