IMPLEMENTASI PENGEMBANGAN BAHASA DENGAN METODE MEMBACAKAN CERITA ( STORY READING) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BAHASA LISAN PADA ANAK DIDIK KELOMPOK B TK AISYIYAH II NGADIREJO KARTASURA TAHUN PELAJARAN 2009/2010

Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) memperoleh informasi tentang peningkatan kemampuan bahasa lisan melalui metode membacakan cerita (Story Reading) pada anak didik kelompok B di TK Aisyiyah II Ngadirejo Kartasura semester 2 tahun pelajaran 2009/2010. (2) mengetahui peningkatan kemampuan bahasa...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Bardani, Bardani
Format: Thesis
Language:English
English
Published: 2010
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/9828/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
_version_ 1804994912910835712
author Bardani, Bardani
author_facet Bardani, Bardani
author_sort Bardani, Bardani
collection ePrints
description Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) memperoleh informasi tentang peningkatan kemampuan bahasa lisan melalui metode membacakan cerita (Story Reading) pada anak didik kelompok B di TK Aisyiyah II Ngadirejo Kartasura semester 2 tahun pelajaran 2009/2010. (2) mengetahui peningkatan kemampuan bahasa lisan melalui metode membacakan cerita (Story Reading) pada anak didik kelompok B di TK Aisyiyah II Ngadirejo Kartasura semester 2 tahun pelajaran 2009/2010. Penelitian ini mengambil lokasi di TK Aisyiyah II Ngadirejo Kartasura kabupaten Sukoharjo. Bentuk penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas yaitu penelitian tindakan yang dilakukan dengan tujuan untuk memperbaiki mutu praktik pembelajaran di kelas. Subjek penelitian ini adalah anak didik kelompok B. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan dokumentasi.Data yang telah terkumpul dianalisis secara kritis dengan membandingkan hasil tindakan dalam tiap siklus dengan indikator keberhasilan tindakan yang telah ditetapkan. Hasil analisis mencakup kegiatan mengungkapkan kelebihan dan kekurangan kerja peneliti dan anak didik dalam proses belajar-mengajar. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini antara lain: (1) penerapan metode membacakan cerita (Story Reading) dapat meningkatkan kemampuan bahasa lisan anak, Hal ini ditandai dengan prosentase pada indikator menceritakan kembali isi cerita pada pra tindakan diperoleh 28%, siklus I 44%, siklus II 72%, dan siklus III 80%, (2) pada indikator menjawab pertanyaan pada pra tindakan diperoleh prosentase 32%, siklus 44 %, siklus II 72%, dan siklus III 88 %.(3) sedangkan pada indikator membaca gambar pada pra tindakan diperoleh prosentase 36%, siklus I 48%, siklus II 80%, sedangkan siklus III 84%.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:9828
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
publishDate 2010
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:9828 https://eprints.ums.ac.id/9828/ IMPLEMENTASI PENGEMBANGAN BAHASA DENGAN METODE MEMBACAKAN CERITA ( STORY READING) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BAHASA LISAN PADA ANAK DIDIK KELOMPOK B TK AISYIYAH II NGADIREJO KARTASURA TAHUN PELAJARAN 2009/2010 Bardani, Bardani L Education (General) Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) memperoleh informasi tentang peningkatan kemampuan bahasa lisan melalui metode membacakan cerita (Story Reading) pada anak didik kelompok B di TK Aisyiyah II Ngadirejo Kartasura semester 2 tahun pelajaran 2009/2010. (2) mengetahui peningkatan kemampuan bahasa lisan melalui metode membacakan cerita (Story Reading) pada anak didik kelompok B di TK Aisyiyah II Ngadirejo Kartasura semester 2 tahun pelajaran 2009/2010. Penelitian ini mengambil lokasi di TK Aisyiyah II Ngadirejo Kartasura kabupaten Sukoharjo. Bentuk penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas yaitu penelitian tindakan yang dilakukan dengan tujuan untuk memperbaiki mutu praktik pembelajaran di kelas. Subjek penelitian ini adalah anak didik kelompok B. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan dokumentasi.Data yang telah terkumpul dianalisis secara kritis dengan membandingkan hasil tindakan dalam tiap siklus dengan indikator keberhasilan tindakan yang telah ditetapkan. Hasil analisis mencakup kegiatan mengungkapkan kelebihan dan kekurangan kerja peneliti dan anak didik dalam proses belajar-mengajar. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini antara lain: (1) penerapan metode membacakan cerita (Story Reading) dapat meningkatkan kemampuan bahasa lisan anak, Hal ini ditandai dengan prosentase pada indikator menceritakan kembali isi cerita pada pra tindakan diperoleh 28%, siklus I 44%, siklus II 72%, dan siklus III 80%, (2) pada indikator menjawab pertanyaan pada pra tindakan diperoleh prosentase 32%, siklus 44 %, siklus II 72%, dan siklus III 88 %.(3) sedangkan pada indikator membaca gambar pada pra tindakan diperoleh prosentase 36%, siklus I 48%, siklus II 80%, sedangkan siklus III 84%. 2010 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/9828/1/A520085014.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/9828/2/A520085014.pdf Bardani, Bardani (2010) IMPLEMENTASI PENGEMBANGAN BAHASA DENGAN METODE MEMBACAKAN CERITA ( STORY READING) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BAHASA LISAN PADA ANAK DIDIK KELOMPOK B TK AISYIYAH II NGADIREJO KARTASURA TAHUN PELAJARAN 2009/2010. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta . A5200850014
spellingShingle L Education (General)
Bardani, Bardani
IMPLEMENTASI PENGEMBANGAN BAHASA DENGAN METODE MEMBACAKAN CERITA ( STORY READING) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BAHASA LISAN PADA ANAK DIDIK KELOMPOK B TK AISYIYAH II NGADIREJO KARTASURA TAHUN PELAJARAN 2009/2010
title IMPLEMENTASI PENGEMBANGAN BAHASA DENGAN METODE MEMBACAKAN CERITA ( STORY READING) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BAHASA LISAN PADA ANAK DIDIK KELOMPOK B TK AISYIYAH II NGADIREJO KARTASURA TAHUN PELAJARAN 2009/2010
title_full IMPLEMENTASI PENGEMBANGAN BAHASA DENGAN METODE MEMBACAKAN CERITA ( STORY READING) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BAHASA LISAN PADA ANAK DIDIK KELOMPOK B TK AISYIYAH II NGADIREJO KARTASURA TAHUN PELAJARAN 2009/2010
title_fullStr IMPLEMENTASI PENGEMBANGAN BAHASA DENGAN METODE MEMBACAKAN CERITA ( STORY READING) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BAHASA LISAN PADA ANAK DIDIK KELOMPOK B TK AISYIYAH II NGADIREJO KARTASURA TAHUN PELAJARAN 2009/2010
title_full_unstemmed IMPLEMENTASI PENGEMBANGAN BAHASA DENGAN METODE MEMBACAKAN CERITA ( STORY READING) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BAHASA LISAN PADA ANAK DIDIK KELOMPOK B TK AISYIYAH II NGADIREJO KARTASURA TAHUN PELAJARAN 2009/2010
title_short IMPLEMENTASI PENGEMBANGAN BAHASA DENGAN METODE MEMBACAKAN CERITA ( STORY READING) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BAHASA LISAN PADA ANAK DIDIK KELOMPOK B TK AISYIYAH II NGADIREJO KARTASURA TAHUN PELAJARAN 2009/2010
title_sort implementasi pengembangan bahasa dengan metode membacakan cerita story reading untuk meningkatkan kemampuan bahasa lisan pada anak didik kelompok b tk aisyiyah ii ngadirejo kartasura tahun pelajaran 2009 2010
topic L Education (General)
url https://eprints.ums.ac.id/9828/
work_keys_str_mv AT bardanibardani implementasipengembanganbahasadenganmetodemembacakanceritastoryreadinguntukmeningkatkankemampuanbahasalisanpadaanakdidikkelompokbtkaisyiyahiingadirejokartasuratahunpelajaran20092010