UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN BERBAHASA MELALUI NYANYIAN/LAGU BAGI ANAK USIA DINI Sebuah Penelitian Tindakan Kelas di TK Aisyiyah I Pandean, Ngemplak Boyolali Tahun Ajaran 2009/2010

Kemampuan berbahasa anak usia dini perlu ditingkatkan, oleh karena itu pembelajaran harus menarik dan menyenangkan. Salah satu cara untuk meningkatkan kemampuan berbahasa anak usia dini adalah dengan metode bernyanyi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan kosakata bahasa...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: INDRATINI , DEWI
Format: Thesis
Language:English
English
Published: 2010
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/9826/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
_version_ 1804994912364527616
author INDRATINI , DEWI
author_facet INDRATINI , DEWI
author_sort INDRATINI , DEWI
collection ePrints
description Kemampuan berbahasa anak usia dini perlu ditingkatkan, oleh karena itu pembelajaran harus menarik dan menyenangkan. Salah satu cara untuk meningkatkan kemampuan berbahasa anak usia dini adalah dengan metode bernyanyi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan kosakata bahasa melalui bernyanyi bagi anak usia dini di TK Aisyiyah I Pandean Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subyek dalam penelitian ini adalah anak didik kelompok A di TK Aisyiyah I Pandean tahun ajaran 2009/2010. Penelitian ini bersifat kolaboratif antara peneliti, guru kelas, dan kepala sekolah. Data dikumpulkan melalui observasi, catatan lapangan, wawancara dan dokumentasi. Data dianalisis secara deskriptif kualitatif model alur. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada peningkatan kemampuan kosakata bahasa anak melalui pembelajaran metode bernyanyi pada anak usia dini. Hal ini terbukti dengan adanya peningkatan prosentase kemampuan berbahasa dari sebelum tindakan sampai dengan siklus III yakni sebelum tindakan 45 %, siklus I mencapai 70 %, siklus II mencapai 85 %, dan siklus III mencapai 87 %. Oleh karena itu metode bernyanyi merupakan pembelajaran yang efektif dalam kemampuan berbahasa bagi anak usia dini. Pembelajaran bahasa melalui metode bernyanyi ini juga didukung oleh metode lain yakni pemberian tugas dan permainan. Metode ini mempunyai peranan yang cukup penting dalam meningkatkan kemampuan berbahasa anak karena dapat membantu meminimalkan permasalahan yang dihadapi pada saat pembelajaran. Kesimpulan dari penelitian ini adalah Pembelajaran bahasa melalui metode bernyanyi dapat meningkatkan kemampuan bahasa bagi anak usia dini.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:9826
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
publishDate 2010
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:9826 https://eprints.ums.ac.id/9826/ UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN BERBAHASA MELALUI NYANYIAN/LAGU BAGI ANAK USIA DINI Sebuah Penelitian Tindakan Kelas di TK Aisyiyah I Pandean, Ngemplak Boyolali Tahun Ajaran 2009/2010 INDRATINI , DEWI L Education (General) Kemampuan berbahasa anak usia dini perlu ditingkatkan, oleh karena itu pembelajaran harus menarik dan menyenangkan. Salah satu cara untuk meningkatkan kemampuan berbahasa anak usia dini adalah dengan metode bernyanyi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan kosakata bahasa melalui bernyanyi bagi anak usia dini di TK Aisyiyah I Pandean Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subyek dalam penelitian ini adalah anak didik kelompok A di TK Aisyiyah I Pandean tahun ajaran 2009/2010. Penelitian ini bersifat kolaboratif antara peneliti, guru kelas, dan kepala sekolah. Data dikumpulkan melalui observasi, catatan lapangan, wawancara dan dokumentasi. Data dianalisis secara deskriptif kualitatif model alur. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada peningkatan kemampuan kosakata bahasa anak melalui pembelajaran metode bernyanyi pada anak usia dini. Hal ini terbukti dengan adanya peningkatan prosentase kemampuan berbahasa dari sebelum tindakan sampai dengan siklus III yakni sebelum tindakan 45 %, siklus I mencapai 70 %, siklus II mencapai 85 %, dan siklus III mencapai 87 %. Oleh karena itu metode bernyanyi merupakan pembelajaran yang efektif dalam kemampuan berbahasa bagi anak usia dini. Pembelajaran bahasa melalui metode bernyanyi ini juga didukung oleh metode lain yakni pemberian tugas dan permainan. Metode ini mempunyai peranan yang cukup penting dalam meningkatkan kemampuan berbahasa anak karena dapat membantu meminimalkan permasalahan yang dihadapi pada saat pembelajaran. Kesimpulan dari penelitian ini adalah Pembelajaran bahasa melalui metode bernyanyi dapat meningkatkan kemampuan bahasa bagi anak usia dini. 2010 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/9826/1/A520085006.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/9826/2/A520085006.pdf INDRATINI , DEWI (2010) UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN BERBAHASA MELALUI NYANYIAN/LAGU BAGI ANAK USIA DINI Sebuah Penelitian Tindakan Kelas di TK Aisyiyah I Pandean, Ngemplak Boyolali Tahun Ajaran 2009/2010. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta . A520085006
spellingShingle L Education (General)
INDRATINI , DEWI
UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN BERBAHASA MELALUI NYANYIAN/LAGU BAGI ANAK USIA DINI Sebuah Penelitian Tindakan Kelas di TK Aisyiyah I Pandean, Ngemplak Boyolali Tahun Ajaran 2009/2010
title UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN BERBAHASA MELALUI NYANYIAN/LAGU BAGI ANAK USIA DINI Sebuah Penelitian Tindakan Kelas di TK Aisyiyah I Pandean, Ngemplak Boyolali Tahun Ajaran 2009/2010
title_full UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN BERBAHASA MELALUI NYANYIAN/LAGU BAGI ANAK USIA DINI Sebuah Penelitian Tindakan Kelas di TK Aisyiyah I Pandean, Ngemplak Boyolali Tahun Ajaran 2009/2010
title_fullStr UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN BERBAHASA MELALUI NYANYIAN/LAGU BAGI ANAK USIA DINI Sebuah Penelitian Tindakan Kelas di TK Aisyiyah I Pandean, Ngemplak Boyolali Tahun Ajaran 2009/2010
title_full_unstemmed UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN BERBAHASA MELALUI NYANYIAN/LAGU BAGI ANAK USIA DINI Sebuah Penelitian Tindakan Kelas di TK Aisyiyah I Pandean, Ngemplak Boyolali Tahun Ajaran 2009/2010
title_short UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN BERBAHASA MELALUI NYANYIAN/LAGU BAGI ANAK USIA DINI Sebuah Penelitian Tindakan Kelas di TK Aisyiyah I Pandean, Ngemplak Boyolali Tahun Ajaran 2009/2010
title_sort upaya peningkatan kemampuan berbahasa melalui nyanyian lagu bagi anak usia dini sebuah penelitian tindakan kelas di tk aisyiyah i pandean ngemplak boyolali tahun ajaran 2009 2010
topic L Education (General)
url https://eprints.ums.ac.id/9826/
work_keys_str_mv AT indratinidewi upayapeningkatankemampuanberbahasamelaluinyanyianlagubagianakusiadinisebuahpenelitiantindakankelasditkaisyiyahipandeanngemplakboyolalitahunajaran20092010