IMPLEMENTASI STRATEGI LIGHTENING THE LEARNING CLIMATE DENGAN MENGOPTIMALKAN ALAT PERAGA SEBAGAI USAHA UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA ( PTK Kelas XI SMA Muhammadiyah 1 Sragen Tahun Ajaran 2010/2011)

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran matematika melalui strategi Lightening The Learning Climate dengan mengoptimalkan alat peraga dan jenis penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan di SMA Muhammadiyah 1...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: HERLINA , YURA
Format: Thesis
Language:English
English
Published: 2010
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/9805/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
_version_ 1804994908583362560
author HERLINA , YURA
author_facet HERLINA , YURA
author_sort HERLINA , YURA
collection ePrints
description Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran matematika melalui strategi Lightening The Learning Climate dengan mengoptimalkan alat peraga dan jenis penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan di SMA Muhammadiyah 1 Sragen. Sebagai subjek penerima tindakan adalah siswa kelas XI IPA 3 yang berjumlah 38 siswa dan subjek pelaksana tindakan adalah peneliti dan guru matematika kelas XI IPA 3. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, catatan lapangan, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan analisis interaktif yang terjadi dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah: Ada peningkatan motivasi belajar melalui strategi Lightening The Learning Climate dengan mengoptimalkan alat peraga. Hal ini dilihat dari aspek a). Rasa ingin tahu terhadap materi pembelajaran melalui bertanya dari sebelum tindakan 5,26% meningkat menjadi 31,57% pada akhir tindakan; b). Rasa ingin tahu terhadap materi pembelajaran dengan mengemukakan ide atau pendapat dari sebelum tindakan 2,63% meningkat menjadi 15,79% pada akhir tindakan; c). Mengerjakan soal latihan di depan kelas atas dasar kemauan sendiri dari sebelum tindakan 7,89% meningkat menjadi 21,05% setelah tindakan; d) Kemauan mengerjakan soal latihan mandiri dari sebelum tindakan 21,05% meningkat menjadi 68,42% setelah tindakan. Peningkatan motivasi belajar siswa sangat mempengaruhi prestasi belajar siswa, pada penelitian ini prestasi belajar siswa dalam pembelajaran matematika yang mendapatkan nilai ≥ 60 dari sebelum tindakan 47,37% meningkat menjadi 84,21% setelah tindakan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pembelajaran melalui strategi Lightening The Learning Climate dengan mengoptimalkan alat peraga dapat meningkatkan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran matematika.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:9805
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
publishDate 2010
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:9805 https://eprints.ums.ac.id/9805/ IMPLEMENTASI STRATEGI LIGHTENING THE LEARNING CLIMATE DENGAN MENGOPTIMALKAN ALAT PERAGA SEBAGAI USAHA UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA ( PTK Kelas XI SMA Muhammadiyah 1 Sragen Tahun Ajaran 2010/2011) HERLINA , YURA L Education (General) Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran matematika melalui strategi Lightening The Learning Climate dengan mengoptimalkan alat peraga dan jenis penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan di SMA Muhammadiyah 1 Sragen. Sebagai subjek penerima tindakan adalah siswa kelas XI IPA 3 yang berjumlah 38 siswa dan subjek pelaksana tindakan adalah peneliti dan guru matematika kelas XI IPA 3. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, catatan lapangan, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan analisis interaktif yang terjadi dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah: Ada peningkatan motivasi belajar melalui strategi Lightening The Learning Climate dengan mengoptimalkan alat peraga. Hal ini dilihat dari aspek a). Rasa ingin tahu terhadap materi pembelajaran melalui bertanya dari sebelum tindakan 5,26% meningkat menjadi 31,57% pada akhir tindakan; b). Rasa ingin tahu terhadap materi pembelajaran dengan mengemukakan ide atau pendapat dari sebelum tindakan 2,63% meningkat menjadi 15,79% pada akhir tindakan; c). Mengerjakan soal latihan di depan kelas atas dasar kemauan sendiri dari sebelum tindakan 7,89% meningkat menjadi 21,05% setelah tindakan; d) Kemauan mengerjakan soal latihan mandiri dari sebelum tindakan 21,05% meningkat menjadi 68,42% setelah tindakan. Peningkatan motivasi belajar siswa sangat mempengaruhi prestasi belajar siswa, pada penelitian ini prestasi belajar siswa dalam pembelajaran matematika yang mendapatkan nilai ≥ 60 dari sebelum tindakan 47,37% meningkat menjadi 84,21% setelah tindakan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pembelajaran melalui strategi Lightening The Learning Climate dengan mengoptimalkan alat peraga dapat meningkatkan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran matematika. 2010 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/9805/1/A410060071.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/9805/2/A410060071.pdf HERLINA , YURA (2010) IMPLEMENTASI STRATEGI LIGHTENING THE LEARNING CLIMATE DENGAN MENGOPTIMALKAN ALAT PERAGA SEBAGAI USAHA UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA ( PTK Kelas XI SMA Muhammadiyah 1 Sragen Tahun Ajaran 2010/2011). Skripsi thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA. A410060071
spellingShingle L Education (General)
HERLINA , YURA
IMPLEMENTASI STRATEGI LIGHTENING THE LEARNING CLIMATE DENGAN MENGOPTIMALKAN ALAT PERAGA SEBAGAI USAHA UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA ( PTK Kelas XI SMA Muhammadiyah 1 Sragen Tahun Ajaran 2010/2011)
title IMPLEMENTASI STRATEGI LIGHTENING THE LEARNING CLIMATE DENGAN MENGOPTIMALKAN ALAT PERAGA SEBAGAI USAHA UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA ( PTK Kelas XI SMA Muhammadiyah 1 Sragen Tahun Ajaran 2010/2011)
title_full IMPLEMENTASI STRATEGI LIGHTENING THE LEARNING CLIMATE DENGAN MENGOPTIMALKAN ALAT PERAGA SEBAGAI USAHA UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA ( PTK Kelas XI SMA Muhammadiyah 1 Sragen Tahun Ajaran 2010/2011)
title_fullStr IMPLEMENTASI STRATEGI LIGHTENING THE LEARNING CLIMATE DENGAN MENGOPTIMALKAN ALAT PERAGA SEBAGAI USAHA UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA ( PTK Kelas XI SMA Muhammadiyah 1 Sragen Tahun Ajaran 2010/2011)
title_full_unstemmed IMPLEMENTASI STRATEGI LIGHTENING THE LEARNING CLIMATE DENGAN MENGOPTIMALKAN ALAT PERAGA SEBAGAI USAHA UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA ( PTK Kelas XI SMA Muhammadiyah 1 Sragen Tahun Ajaran 2010/2011)
title_short IMPLEMENTASI STRATEGI LIGHTENING THE LEARNING CLIMATE DENGAN MENGOPTIMALKAN ALAT PERAGA SEBAGAI USAHA UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA ( PTK Kelas XI SMA Muhammadiyah 1 Sragen Tahun Ajaran 2010/2011)
title_sort implementasi strategi lightening the learning climate dengan mengoptimalkan alat peraga sebagai usaha untuk meningkatkan motivasi belajar siswa ptk kelas xi sma muhammadiyah 1 sragen tahun ajaran 2010 2011
topic L Education (General)
url https://eprints.ums.ac.id/9805/
work_keys_str_mv AT herlinayura implementasistrategilighteningthelearningclimatedenganmengoptimalkanalatperagasebagaiusahauntukmeningkatkanmotivasibelajarsiswaptkkelasxismamuhammadiyah1sragentahunajaran20102011