MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA ANAK TK KELOMPOK A DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR DI TK PERTIWI KEPANJEN DELANGGU TAHUN PELAJARAN 2009 / 2010

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manfaat media gambar terhadap peningkatan kemampuan membaca Anak TK Kelompok A di TK Pertiwi Kepanjen Delanggu. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, subyek dalam penelitian ini adalah anak didik Kelompok A di TK Pertiwi Kepanjen Delanggu tah...

詳細記述

保存先:
書誌詳細
第一著者: WARDANI , IKA DEWI KUSUMA
フォーマット: 学位論文
言語:English
English
出版事項: 2010
主題:
オンライン・アクセス:https://eprints.ums.ac.id/9792/
タグ: タグ追加
タグなし, このレコードへの初めてのタグを付けませんか!
その他の書誌記述
要約:Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manfaat media gambar terhadap peningkatan kemampuan membaca Anak TK Kelompok A di TK Pertiwi Kepanjen Delanggu. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, subyek dalam penelitian ini adalah anak didik Kelompok A di TK Pertiwi Kepanjen Delanggu tahun pelajaran 2009/2010. Penelitian ini bersifat kolaboratif antara peneliti, guru kelas, kepala sekolah. Tehnik pengumpulan data melalui observasi, tes lisan maupun tertulis, wawancara dan dokumentasi. Data dianalisis secara deskriptif kualitatif model alur. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada peningkatan kemampuan membaca pada anak kelompok A dengan mengunakan media gambar, yakni sebelum tindakan 30,76 %, siklus 1 mencapai 57,69%, dan siklus II mencapai 76,92%. Pembelajaran dengan mengunakan media gambar ini juga didukung oleh metode lain yakni pemberian tugas. Metode ini mempunyai peranan yang cukup penting dalam peningkatan kemampuan membaca anak kelompok A karena dapat meminimalkan permasalahan yang dihadapi saat pembelajaran . Kesimpulan dari penelitian ini adalah pengunaan media gambar dapat meningkatkan kemampuan membaca anak TK kelompok A.