APLIKASI PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL BERBASIS LINGKUNGAN DAN KERJA KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP BIOLOGI PADA POKOK BAHASAN ORGAN TUMBUHAN

ABSTRAK Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui keberhasilan aplikasi pembelajaran dengan pendekatan kontekstual berbasis lingkungan dan kerja kelompok dalam meningkatkan pemahaman konsep biologi pada pokok bahasan organ tumbuhan di kelas VIII F SMP Negeri 2 Colomadu. Metode penelitian...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: SANTOSO , HENDRA AGUS
Format: Thesis
Language:English
English
Published: 2010
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/9787/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
_version_ 1804994905880133632
author SANTOSO , HENDRA AGUS
author_facet SANTOSO , HENDRA AGUS
author_sort SANTOSO , HENDRA AGUS
collection ePrints
description ABSTRAK Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui keberhasilan aplikasi pembelajaran dengan pendekatan kontekstual berbasis lingkungan dan kerja kelompok dalam meningkatkan pemahaman konsep biologi pada pokok bahasan organ tumbuhan di kelas VIII F SMP Negeri 2 Colomadu. Metode penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bersifat mendiskripsikan data dan mengiterpretasikan data. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan angket, observasi dan tes : (a) perilaku belajar siswa di sekolah; (b) perilaku belajar siswa dirumah; (c) aspek kinerja ilmiah dengan laporan praktikum; (d) presensi; (e) persepsi siswa terhadap performance guru; (f) kepedulian siswa terhadap lingkungan; (g) aspek kerjasama dalam kelompok; (h) ulangan harian. Penelitian dilakukan sebanyak dua siklus. Nilai proses belajar siswa, angket dan tes pada penelitian ini untuk siklus I sudah cukup baik, kemudian hal ini terlihat dari perolehan nilai pada siklus II meningkat dengan masih menerapkan pembelajaran yang sama yakni : (a) perilaku belajar siswa dirumah (siklus I = 6,86; siklus II = 7,01); (b) perilaku belajar siswa di sekolah (siklus I = 8,67; siklus II = 8,82); (c) persepsi siswa terhadap performance guru dalam pembelajaran (siklus = 6,6; siklus II = 6,84); (d) aspek kepedulian siswa terhadap lingkungan (siklus I = 8,04; siklus II = 8,15); (e) aspek kerjasama siswa dalam kelompok (siklus I = 7,66; siklus II = 7,82); (f) laporan praktikum (silkus I = 7,63; siklus II = 7,91); (g) presensi (siklus I = 9,47; siklus II 9,64); (h) ulangan harian (siklus I = 7,36; siklus II = 7,77); rata – rata total pada siklus II meningkat sebesar 0,21 (siklus I = 7,78; siklus II = 7,99). Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa aplikasi pembelajran kontekstual berbasis lingkungan dan kerja kelompok dapat meningkatkan pemahaman konsep biologi siswa pada pokok bahasan organ tumbuhan di kelas VIII F SMP Negeri 2 Colomadu.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:9787
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
publishDate 2010
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:9787 https://eprints.ums.ac.id/9787/ APLIKASI PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL BERBASIS LINGKUNGAN DAN KERJA KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP BIOLOGI PADA POKOK BAHASAN ORGAN TUMBUHAN SANTOSO , HENDRA AGUS L Education (General) ABSTRAK Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui keberhasilan aplikasi pembelajaran dengan pendekatan kontekstual berbasis lingkungan dan kerja kelompok dalam meningkatkan pemahaman konsep biologi pada pokok bahasan organ tumbuhan di kelas VIII F SMP Negeri 2 Colomadu. Metode penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bersifat mendiskripsikan data dan mengiterpretasikan data. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan angket, observasi dan tes : (a) perilaku belajar siswa di sekolah; (b) perilaku belajar siswa dirumah; (c) aspek kinerja ilmiah dengan laporan praktikum; (d) presensi; (e) persepsi siswa terhadap performance guru; (f) kepedulian siswa terhadap lingkungan; (g) aspek kerjasama dalam kelompok; (h) ulangan harian. Penelitian dilakukan sebanyak dua siklus. Nilai proses belajar siswa, angket dan tes pada penelitian ini untuk siklus I sudah cukup baik, kemudian hal ini terlihat dari perolehan nilai pada siklus II meningkat dengan masih menerapkan pembelajaran yang sama yakni : (a) perilaku belajar siswa dirumah (siklus I = 6,86; siklus II = 7,01); (b) perilaku belajar siswa di sekolah (siklus I = 8,67; siklus II = 8,82); (c) persepsi siswa terhadap performance guru dalam pembelajaran (siklus = 6,6; siklus II = 6,84); (d) aspek kepedulian siswa terhadap lingkungan (siklus I = 8,04; siklus II = 8,15); (e) aspek kerjasama siswa dalam kelompok (siklus I = 7,66; siklus II = 7,82); (f) laporan praktikum (silkus I = 7,63; siklus II = 7,91); (g) presensi (siklus I = 9,47; siklus II 9,64); (h) ulangan harian (siklus I = 7,36; siklus II = 7,77); rata – rata total pada siklus II meningkat sebesar 0,21 (siklus I = 7,78; siklus II = 7,99). Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa aplikasi pembelajran kontekstual berbasis lingkungan dan kerja kelompok dapat meningkatkan pemahaman konsep biologi siswa pada pokok bahasan organ tumbuhan di kelas VIII F SMP Negeri 2 Colomadu. 2010 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/9787/1/A420060102.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/9787/4/A420060102.pdf SANTOSO , HENDRA AGUS (2010) APLIKASI PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL BERBASIS LINGKUNGAN DAN KERJA KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP BIOLOGI PADA POKOK BAHASAN ORGAN TUMBUHAN. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta . A420060102
spellingShingle L Education (General)
SANTOSO , HENDRA AGUS
APLIKASI PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL BERBASIS LINGKUNGAN DAN KERJA KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP BIOLOGI PADA POKOK BAHASAN ORGAN TUMBUHAN
title APLIKASI PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL BERBASIS LINGKUNGAN DAN KERJA KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP BIOLOGI PADA POKOK BAHASAN ORGAN TUMBUHAN
title_full APLIKASI PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL BERBASIS LINGKUNGAN DAN KERJA KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP BIOLOGI PADA POKOK BAHASAN ORGAN TUMBUHAN
title_fullStr APLIKASI PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL BERBASIS LINGKUNGAN DAN KERJA KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP BIOLOGI PADA POKOK BAHASAN ORGAN TUMBUHAN
title_full_unstemmed APLIKASI PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL BERBASIS LINGKUNGAN DAN KERJA KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP BIOLOGI PADA POKOK BAHASAN ORGAN TUMBUHAN
title_short APLIKASI PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL BERBASIS LINGKUNGAN DAN KERJA KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP BIOLOGI PADA POKOK BAHASAN ORGAN TUMBUHAN
title_sort aplikasi pembelajaran dengan pendekatan kontekstual berbasis lingkungan dan kerja kelompok untuk meningkatkan pemahaman konsep biologi pada pokok bahasan organ tumbuhan
topic L Education (General)
url https://eprints.ums.ac.id/9787/
work_keys_str_mv AT santosohendraagus aplikasipembelajarandenganpendekatankontekstualberbasislingkungandankerjakelompokuntukmeningkatkanpemahamankonsepbiologipadapokokbahasanorgantumbuhan