APLIKASI PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL BERBASIS LINGKUNGAN DAN KERJA KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP BIOLOGI PADA POKOK BAHASAN ORGAN TUMBUHAN

ABSTRAK Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui keberhasilan aplikasi pembelajaran dengan pendekatan kontekstual berbasis lingkungan dan kerja kelompok dalam meningkatkan pemahaman konsep biologi pada pokok bahasan organ tumbuhan di kelas VIII F SMP Negeri 2 Colomadu. Metode penelitian...

Бүрэн тодорхойлолт

-д хадгалсан:
Номзүйн дэлгэрэнгүй
Үндсэн зохиолч: SANTOSO , HENDRA AGUS
Формат: Дипломын ажил
Хэл сонгох:English
English
Хэвлэсэн: 2010
Нөхцлүүд:
Онлайн хандалт:https://eprints.ums.ac.id/9787/
Шошгууд: Шошго нэмэх
Шошго байхгүй, Энэхүү баримтыг шошголох эхний хүн болох!
Тодорхойлолт
Тойм:ABSTRAK Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui keberhasilan aplikasi pembelajaran dengan pendekatan kontekstual berbasis lingkungan dan kerja kelompok dalam meningkatkan pemahaman konsep biologi pada pokok bahasan organ tumbuhan di kelas VIII F SMP Negeri 2 Colomadu. Metode penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bersifat mendiskripsikan data dan mengiterpretasikan data. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan angket, observasi dan tes : (a) perilaku belajar siswa di sekolah; (b) perilaku belajar siswa dirumah; (c) aspek kinerja ilmiah dengan laporan praktikum; (d) presensi; (e) persepsi siswa terhadap performance guru; (f) kepedulian siswa terhadap lingkungan; (g) aspek kerjasama dalam kelompok; (h) ulangan harian. Penelitian dilakukan sebanyak dua siklus. Nilai proses belajar siswa, angket dan tes pada penelitian ini untuk siklus I sudah cukup baik, kemudian hal ini terlihat dari perolehan nilai pada siklus II meningkat dengan masih menerapkan pembelajaran yang sama yakni : (a) perilaku belajar siswa dirumah (siklus I = 6,86; siklus II = 7,01); (b) perilaku belajar siswa di sekolah (siklus I = 8,67; siklus II = 8,82); (c) persepsi siswa terhadap performance guru dalam pembelajaran (siklus = 6,6; siklus II = 6,84); (d) aspek kepedulian siswa terhadap lingkungan (siklus I = 8,04; siklus II = 8,15); (e) aspek kerjasama siswa dalam kelompok (siklus I = 7,66; siklus II = 7,82); (f) laporan praktikum (silkus I = 7,63; siklus II = 7,91); (g) presensi (siklus I = 9,47; siklus II 9,64); (h) ulangan harian (siklus I = 7,36; siklus II = 7,77); rata – rata total pada siklus II meningkat sebesar 0,21 (siklus I = 7,78; siklus II = 7,99). Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa aplikasi pembelajran kontekstual berbasis lingkungan dan kerja kelompok dapat meningkatkan pemahaman konsep biologi siswa pada pokok bahasan organ tumbuhan di kelas VIII F SMP Negeri 2 Colomadu.