PENERAPAN PEMBELAJARAN NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS VII SMP MUHAMMADIYAH 10 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2009/2010

Metode ceramah sering kali digunakan dalam menyampaikan materi pada pembelajaran, sehingga siswa kurang aktif dan menimbulkan kejenuhan dalam mengikuti pelajaran. Tujuan penelitian untuk meningkatkan hasil belajar Biologi siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 10 Surakarta tahun ajaran 2009/2010. Model pe...

Täydet tiedot

Tallennettuna:
Bibliografiset tiedot
Päätekijä: DEWI , RIANA RAHMAWATI
Aineistotyyppi: Opinnäyte
Kieli:English
English
Julkaistu: 2010
Aiheet:
Linkit:https://eprints.ums.ac.id/9782/
Tagit: Lisää tagi
Ei tageja, Lisää ensimmäinen tagi!
_version_ 1804994904499159040
author DEWI , RIANA RAHMAWATI
author_facet DEWI , RIANA RAHMAWATI
author_sort DEWI , RIANA RAHMAWATI
collection ePrints
description Metode ceramah sering kali digunakan dalam menyampaikan materi pada pembelajaran, sehingga siswa kurang aktif dan menimbulkan kejenuhan dalam mengikuti pelajaran. Tujuan penelitian untuk meningkatkan hasil belajar Biologi siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 10 Surakarta tahun ajaran 2009/2010. Model pembelajaran yang digunakan NHT (Numbered Heads Together). Pembelajaran model NHT dapat dikembangkan untuk memahami materi pembelajaran Biologi siswa. Metode pengumpulan data menggunakan instrument dalam bentuk pretest dan postes untuk melihat kemampuan ranah kognitif dan ranah afektif menggunakan observasi langsung di lapangan. Analisis data dengan deskriptif kualitatif, yaitu menganalisis data perkembangan siswa dari siklus I sampai dengan siklus III yang dilengkapi dengan regresi linear. Hasil analisis data menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa. Rerata hasil belajar siswa sebesar 7,6 (dari skala 10), rata-rata belajar afektif 28,2 (berhasil, dari skala 40). Berdasarkan penelitian dapat mengembangkan aktifitas dan ketrampilan siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 10 Surakarta tahun ajaran 2009/2010.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:9782
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
publishDate 2010
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:9782 https://eprints.ums.ac.id/9782/ PENERAPAN PEMBELAJARAN NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS VII SMP MUHAMMADIYAH 10 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2009/2010 DEWI , RIANA RAHMAWATI L Education (General) Metode ceramah sering kali digunakan dalam menyampaikan materi pada pembelajaran, sehingga siswa kurang aktif dan menimbulkan kejenuhan dalam mengikuti pelajaran. Tujuan penelitian untuk meningkatkan hasil belajar Biologi siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 10 Surakarta tahun ajaran 2009/2010. Model pembelajaran yang digunakan NHT (Numbered Heads Together). Pembelajaran model NHT dapat dikembangkan untuk memahami materi pembelajaran Biologi siswa. Metode pengumpulan data menggunakan instrument dalam bentuk pretest dan postes untuk melihat kemampuan ranah kognitif dan ranah afektif menggunakan observasi langsung di lapangan. Analisis data dengan deskriptif kualitatif, yaitu menganalisis data perkembangan siswa dari siklus I sampai dengan siklus III yang dilengkapi dengan regresi linear. Hasil analisis data menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa. Rerata hasil belajar siswa sebesar 7,6 (dari skala 10), rata-rata belajar afektif 28,2 (berhasil, dari skala 40). Berdasarkan penelitian dapat mengembangkan aktifitas dan ketrampilan siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 10 Surakarta tahun ajaran 2009/2010. 2010 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/9782/1/A420060007.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/9782/2/A420060007.pdf DEWI , RIANA RAHMAWATI (2010) PENERAPAN PEMBELAJARAN NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS VII SMP MUHAMMADIYAH 10 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2009/2010. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta . A420060007
spellingShingle L Education (General)
DEWI , RIANA RAHMAWATI
PENERAPAN PEMBELAJARAN NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS VII SMP MUHAMMADIYAH 10 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2009/2010
title PENERAPAN PEMBELAJARAN NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS VII SMP MUHAMMADIYAH 10 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2009/2010
title_full PENERAPAN PEMBELAJARAN NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS VII SMP MUHAMMADIYAH 10 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2009/2010
title_fullStr PENERAPAN PEMBELAJARAN NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS VII SMP MUHAMMADIYAH 10 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2009/2010
title_full_unstemmed PENERAPAN PEMBELAJARAN NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS VII SMP MUHAMMADIYAH 10 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2009/2010
title_short PENERAPAN PEMBELAJARAN NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS VII SMP MUHAMMADIYAH 10 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2009/2010
title_sort penerapan pembelajaran numbered heads together nht untuk meningkatkan hasil belajar biologi siswa kelas vii smp muhammadiyah 10 surakarta tahun ajaran 2009 2010
topic L Education (General)
url https://eprints.ums.ac.id/9782/
work_keys_str_mv AT dewirianarahmawati penerapanpembelajarannumberedheadstogethernhtuntukmeningkatkanhasilbelajarbiologisiswakelasviismpmuhammadiyah10surakartatahunajaran20092010