PENERAPAN PEMBELAJARAN NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS VII SMP MUHAMMADIYAH 10 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2009/2010

Metode ceramah sering kali digunakan dalam menyampaikan materi pada pembelajaran, sehingga siswa kurang aktif dan menimbulkan kejenuhan dalam mengikuti pelajaran. Tujuan penelitian untuk meningkatkan hasil belajar Biologi siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 10 Surakarta tahun ajaran 2009/2010. Model pe...

Szczegółowa specyfikacja

Zapisane w:
Opis bibliograficzny
1. autor: DEWI , RIANA RAHMAWATI
Format: Praca dyplomowa
Język:English
English
Wydane: 2010
Hasła przedmiotowe:
Dostęp online:https://eprints.ums.ac.id/9782/
Etykiety: Dodaj etykietę
Nie ma etykietki, Dołącz pierwszą etykiete!
Opis
Streszczenie:Metode ceramah sering kali digunakan dalam menyampaikan materi pada pembelajaran, sehingga siswa kurang aktif dan menimbulkan kejenuhan dalam mengikuti pelajaran. Tujuan penelitian untuk meningkatkan hasil belajar Biologi siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 10 Surakarta tahun ajaran 2009/2010. Model pembelajaran yang digunakan NHT (Numbered Heads Together). Pembelajaran model NHT dapat dikembangkan untuk memahami materi pembelajaran Biologi siswa. Metode pengumpulan data menggunakan instrument dalam bentuk pretest dan postes untuk melihat kemampuan ranah kognitif dan ranah afektif menggunakan observasi langsung di lapangan. Analisis data dengan deskriptif kualitatif, yaitu menganalisis data perkembangan siswa dari siklus I sampai dengan siklus III yang dilengkapi dengan regresi linear. Hasil analisis data menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa. Rerata hasil belajar siswa sebesar 7,6 (dari skala 10), rata-rata belajar afektif 28,2 (berhasil, dari skala 40). Berdasarkan penelitian dapat mengembangkan aktifitas dan ketrampilan siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 10 Surakarta tahun ajaran 2009/2010.