PENERAPAN PEMBELAJARAN NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS VII SMP MUHAMMADIYAH 10 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2009/2010
Metode ceramah sering kali digunakan dalam menyampaikan materi pada pembelajaran, sehingga siswa kurang aktif dan menimbulkan kejenuhan dalam mengikuti pelajaran. Tujuan penelitian untuk meningkatkan hasil belajar Biologi siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 10 Surakarta tahun ajaran 2009/2010. Model pe...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Thesis |
Language: | English English |
Published: |
2010
|
Subjects: | |
Online Access: | https://eprints.ums.ac.id/9782/ |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
Summary: | Metode ceramah sering kali digunakan dalam menyampaikan materi pada pembelajaran, sehingga siswa kurang aktif dan menimbulkan kejenuhan dalam mengikuti pelajaran. Tujuan penelitian untuk meningkatkan hasil belajar Biologi siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 10 Surakarta tahun ajaran 2009/2010. Model pembelajaran yang digunakan NHT (Numbered Heads Together). Pembelajaran model NHT dapat dikembangkan untuk memahami materi pembelajaran Biologi siswa. Metode pengumpulan data menggunakan instrument dalam bentuk pretest dan postes untuk melihat kemampuan ranah kognitif dan ranah afektif menggunakan observasi langsung di lapangan. Analisis data dengan deskriptif kualitatif, yaitu menganalisis data perkembangan siswa dari siklus I sampai dengan siklus III yang dilengkapi dengan regresi linear. Hasil analisis data menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa. Rerata hasil belajar siswa sebesar 7,6 (dari skala 10), rata-rata belajar afektif 28,2 (berhasil, dari skala 40). Berdasarkan penelitian dapat mengembangkan aktifitas dan ketrampilan siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 10 Surakarta tahun ajaran 2009/2010. |
---|