MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP PECAHAN DESIMAL DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI SORTIR KARTU BILANGAN PECAHAN PADA SISWA KELAS IV SDN 04 KARANGREJO TAHUN 2009/2010

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan pemahaman konsep pecahan desimal dalam pembelajaran matematika melalui sortir kartu bilangan pecahan pada siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri 04 Karangrejo Tahun 2009/2010. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Hidayati , Rina Yuni
Format: Thesis
Language:English
English
Published: 2010
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/9778/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
_version_ 1804994903390814208
author Hidayati , Rina Yuni
author_facet Hidayati , Rina Yuni
author_sort Hidayati , Rina Yuni
collection ePrints
description Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan pemahaman konsep pecahan desimal dalam pembelajaran matematika melalui sortir kartu bilangan pecahan pada siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri 04 Karangrejo Tahun 2009/2010. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan model siklus. Tiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas IV SD Negeri 04 Karangrejo kecamatan Kerjo kabupaten Karanganyar dengan jumlah siswa 19 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi,observasi dan teknik tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis interaktif yang terdiri dari reduksi data, sajian data dan penarikan simpulan atau verivikasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan peningkatan pemahaman konsep pecahan desimal dalam pembelajaran matematika melalui sortir kartu bilangan pecahan pada siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri 04 Karangrejo setelah dilaksanakan tindakan kelas. Hal ini dapat ditunjukkan dari hasil belajar siswa yang diperoleh siswa meningkat. Peningkatan hasil belajar siswa tampak dari pembelajaran pada kondisi awal atau pra siklus dan sesudah dilakukan tindakan kelas. Pada hasil pembelajaran kondisi awal atau Pra Siklus dari 19 siswa masih terdapat 12 siswa belum tuntas atau 63 %, sedangkan siklus I yang belum tunats menurun tinggal 6 siswa atau 32%, siklus II terdapat 3 siswa atau 16 % dan siklus III telah mencapai taraf tuntas secara keseluruhan. Dengan demikian hipotesis tindakan yang dirumuskan dapat terjawab, bahwa melalui sortir kartu bilangan pecahan dapat meningkatkan pemahaman konsep pecahan desimal dalam pembelajaran matematika pada siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri 04 Karangrejo
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:9778
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
publishDate 2010
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:9778 https://eprints.ums.ac.id/9778/ MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP PECAHAN DESIMAL DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI SORTIR KARTU BILANGAN PECAHAN PADA SISWA KELAS IV SDN 04 KARANGREJO TAHUN 2009/2010 Hidayati , Rina Yuni L Education (General) Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan pemahaman konsep pecahan desimal dalam pembelajaran matematika melalui sortir kartu bilangan pecahan pada siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri 04 Karangrejo Tahun 2009/2010. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan model siklus. Tiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas IV SD Negeri 04 Karangrejo kecamatan Kerjo kabupaten Karanganyar dengan jumlah siswa 19 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi,observasi dan teknik tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis interaktif yang terdiri dari reduksi data, sajian data dan penarikan simpulan atau verivikasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan peningkatan pemahaman konsep pecahan desimal dalam pembelajaran matematika melalui sortir kartu bilangan pecahan pada siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri 04 Karangrejo setelah dilaksanakan tindakan kelas. Hal ini dapat ditunjukkan dari hasil belajar siswa yang diperoleh siswa meningkat. Peningkatan hasil belajar siswa tampak dari pembelajaran pada kondisi awal atau pra siklus dan sesudah dilakukan tindakan kelas. Pada hasil pembelajaran kondisi awal atau Pra Siklus dari 19 siswa masih terdapat 12 siswa belum tuntas atau 63 %, sedangkan siklus I yang belum tunats menurun tinggal 6 siswa atau 32%, siklus II terdapat 3 siswa atau 16 % dan siklus III telah mencapai taraf tuntas secara keseluruhan. Dengan demikian hipotesis tindakan yang dirumuskan dapat terjawab, bahwa melalui sortir kartu bilangan pecahan dapat meningkatkan pemahaman konsep pecahan desimal dalam pembelajaran matematika pada siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri 04 Karangrejo 2010 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/9778/1/A510070548.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/9778/2/A510070548.pdf Hidayati , Rina Yuni (2010) MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP PECAHAN DESIMAL DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI SORTIR KARTU BILANGAN PECAHAN PADA SISWA KELAS IV SDN 04 KARANGREJO TAHUN 2009/2010. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta . A510070548
spellingShingle L Education (General)
Hidayati , Rina Yuni
MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP PECAHAN DESIMAL DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI SORTIR KARTU BILANGAN PECAHAN PADA SISWA KELAS IV SDN 04 KARANGREJO TAHUN 2009/2010
title MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP PECAHAN DESIMAL DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI SORTIR KARTU BILANGAN PECAHAN PADA SISWA KELAS IV SDN 04 KARANGREJO TAHUN 2009/2010
title_full MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP PECAHAN DESIMAL DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI SORTIR KARTU BILANGAN PECAHAN PADA SISWA KELAS IV SDN 04 KARANGREJO TAHUN 2009/2010
title_fullStr MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP PECAHAN DESIMAL DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI SORTIR KARTU BILANGAN PECAHAN PADA SISWA KELAS IV SDN 04 KARANGREJO TAHUN 2009/2010
title_full_unstemmed MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP PECAHAN DESIMAL DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI SORTIR KARTU BILANGAN PECAHAN PADA SISWA KELAS IV SDN 04 KARANGREJO TAHUN 2009/2010
title_short MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP PECAHAN DESIMAL DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI SORTIR KARTU BILANGAN PECAHAN PADA SISWA KELAS IV SDN 04 KARANGREJO TAHUN 2009/2010
title_sort meningkatkan pemahaman konsep pecahan desimal dalam pembelajaran matematika melalui sortir kartu bilangan pecahan pada siswa kelas iv sdn 04 karangrejo tahun 2009 2010
topic L Education (General)
url https://eprints.ums.ac.id/9778/
work_keys_str_mv AT hidayatirinayuni meningkatkanpemahamankonseppecahandesimaldalampembelajaranmatematikamelaluisortirkartubilanganpecahanpadasiswakelasivsdn04karangrejotahun20092010