MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP PECAHAN DESIMAL DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI SORTIR KARTU BILANGAN PECAHAN PADA SISWA KELAS IV SDN 04 KARANGREJO TAHUN 2009/2010
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan pemahaman konsep pecahan desimal dalam pembelajaran matematika melalui sortir kartu bilangan pecahan pada siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri 04 Karangrejo Tahun 2009/2010. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Thesis |
Language: | English English |
Published: |
2010
|
Subjects: | |
Online Access: | https://eprints.ums.ac.id/9778/ |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
Summary: | Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan pemahaman konsep pecahan desimal dalam pembelajaran matematika melalui sortir kartu bilangan pecahan pada siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri 04 Karangrejo Tahun 2009/2010.
Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan model siklus. Tiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas IV SD Negeri 04 Karangrejo kecamatan Kerjo kabupaten Karanganyar dengan jumlah siswa 19 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi,observasi dan teknik tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis interaktif yang terdiri dari reduksi data, sajian data dan penarikan simpulan atau verivikasi.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan peningkatan pemahaman konsep pecahan desimal dalam pembelajaran matematika melalui sortir kartu bilangan pecahan pada siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri 04 Karangrejo setelah dilaksanakan tindakan kelas. Hal ini dapat ditunjukkan dari hasil belajar siswa yang diperoleh siswa meningkat. Peningkatan hasil belajar siswa tampak dari pembelajaran pada kondisi awal atau pra siklus dan sesudah dilakukan tindakan kelas.
Pada hasil pembelajaran kondisi awal atau Pra Siklus dari 19 siswa masih terdapat 12 siswa belum tuntas atau 63 %, sedangkan siklus I yang belum tunats menurun tinggal 6 siswa atau 32%, siklus II terdapat 3 siswa atau 16 % dan siklus III telah mencapai taraf tuntas secara keseluruhan. Dengan demikian hipotesis tindakan yang dirumuskan dapat terjawab, bahwa melalui sortir kartu bilangan pecahan dapat meningkatkan pemahaman konsep pecahan desimal dalam pembelajaran matematika pada siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri 04 Karangrejo
|
---|