PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 02 JATISUKO MELALUI PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING ( PBL )TAHUN PELAJARAN 2009/2010

Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas. Rumusan masalah yaitu: (1) Apakah penerapan metode Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan keaktifan membaca siswa kelas V SD Negeri 02 Jatisuko Tahun Pelajaran 2009/2010? (2) Apakah penerapan metode Problem Based Learning (PBL) dapat meni...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: SABARNO , SABARNO
Format: Thesis
Language:English
English
Published: 2010
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/9774/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas. Rumusan masalah yaitu: (1) Apakah penerapan metode Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan keaktifan membaca siswa kelas V SD Negeri 02 Jatisuko Tahun Pelajaran 2009/2010? (2) Apakah penerapan metode Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan keterampilan membaca siswa kelas V SD Negeri 02 Jatisuko Tahun Pelajaran 2009/2010?. Tujuan Penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) Meningkatkan keaktifan membaca siswa kelas V SD Negeri 02 Jatisuko Tahun Pelajaran 2009/2010; (2) Meningkatkan keterampilan membaca siswa kelas V SD Negeri 02 Jatisuko Tahun Pelajaran 2009/2010. Data penelitian sumber data: (1) Tingkat keaktifan membaca siswa penguasaan kosa kata siswa; (2) Tingkat keterampilan membaca siswa dalam pembelajaran. Subyek penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri 02 Jatisuko tahun pelajaran 2009/2010. Data diperoleh dari kajian dokumen, observasi , tes dan penyebaran angket. Instrumen yang digunakan dalam penelitian adalah tes keterampilan membaca, lembar observasi dan angket. Teknik Analisis data yang digunakan yaitu dengan analisis kritis dan analisis komparatif Hasil penelitian ini, pada prasiklus nilai siswa yang mencapai ketuntasan minimal 65 adalah 57,6%, pada siklus I nilai tes keterampilan membaca siswa 73% dan meningkat menjadi 100% siswa pada siklus II. Keaktifan membaca siswa juga meningkat dilihat dari nilai angket keaktifan dan observasi. Dengan demikian dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa (1) Penerapan metode pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan keaktifan membaca siswa; (2) Penerapan metode pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan keterampilan membaca siswa kelas V SD Negeri 02 Jatisuko Tahun Pelajaran 2009/2010.