Analisis Variasi Intake Manifold Standard dan Porting Pada Piston Standard dan Racing Terhadap Kinerja Sepeda Motor Honda GL100

Pada sebuah motor bakar, saluran intake manifold berfungsi sebagai penghantar campuran udara dan bahan bakar dari karburator ke ruang pembakaran, saluran hisap intake manifold memang kurang memegang peranan terpenting namun desain dari intake manifold berpengaruh pada homogenitas dan kecepatan alira...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Busono, ArdiantoArgo
Format: Thesis
Language:English
English
Published: 2010
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/9772/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
_version_ 1804994901766569984
author Busono, ArdiantoArgo
author_facet Busono, ArdiantoArgo
author_sort Busono, ArdiantoArgo
collection ePrints
description Pada sebuah motor bakar, saluran intake manifold berfungsi sebagai penghantar campuran udara dan bahan bakar dari karburator ke ruang pembakaran, saluran hisap intake manifold memang kurang memegang peranan terpenting namun desain dari intake manifold berpengaruh pada homogenitas dan kecepatan aliran campuran udara dan bahan bakar dari karburator ke ruang pembakaran. Tujuan dilakukan penelitian ini adalah untuk membandingkan kinerja mesin sepeda motor yang menggunakan intake manifold standard dan porting pada piston standard dan racing. Objek yang digunakan adalah sepeda motor 4 langkah merk honda GL100. Pengujian dilakukan secara bergantian untuk masing-masing piston dan variasi intake manifold guna memperoleh perbandingan torsi, daya, dan konsumsi bahan bakar spesifik pada tingkat putaran mesin 5000-10000 rpm, dengan menggunakan dynotest seri V3.3 Rextor Pro Dyno jenis Inertia dynamometer di Laboratorium Mototech Yogyakarta. Hasil penelitian menunjukkan aplikasi intake manifold porting pada piston standard maupun racing dapat menghasilkan daya dan torsi lebih tinggi pada putaran bawah dan selanjutnya pada putaran atas perubahan tersebut berubah seiring dengan konsumsi bahan bakar yang semakin meningkat sampai dengan berhentinya pasokan campuran bahan bakar - udara karena keterbatasan suplai bahan bakar dari karburator. Pada putaran 5000 rpm aplikasi intake manifold porting baik pada piston standard maupun racing konsumsi bahan bakar yang digunakan lebih rendah dibandingkan dengan aplikasi intake manifold standard.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:9772
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
publishDate 2010
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:9772 https://eprints.ums.ac.id/9772/ Analisis Variasi Intake Manifold Standard dan Porting Pada Piston Standard dan Racing Terhadap Kinerja Sepeda Motor Honda GL100 Busono, ArdiantoArgo TJ Mechanical engineering and machinery Pada sebuah motor bakar, saluran intake manifold berfungsi sebagai penghantar campuran udara dan bahan bakar dari karburator ke ruang pembakaran, saluran hisap intake manifold memang kurang memegang peranan terpenting namun desain dari intake manifold berpengaruh pada homogenitas dan kecepatan aliran campuran udara dan bahan bakar dari karburator ke ruang pembakaran. Tujuan dilakukan penelitian ini adalah untuk membandingkan kinerja mesin sepeda motor yang menggunakan intake manifold standard dan porting pada piston standard dan racing. Objek yang digunakan adalah sepeda motor 4 langkah merk honda GL100. Pengujian dilakukan secara bergantian untuk masing-masing piston dan variasi intake manifold guna memperoleh perbandingan torsi, daya, dan konsumsi bahan bakar spesifik pada tingkat putaran mesin 5000-10000 rpm, dengan menggunakan dynotest seri V3.3 Rextor Pro Dyno jenis Inertia dynamometer di Laboratorium Mototech Yogyakarta. Hasil penelitian menunjukkan aplikasi intake manifold porting pada piston standard maupun racing dapat menghasilkan daya dan torsi lebih tinggi pada putaran bawah dan selanjutnya pada putaran atas perubahan tersebut berubah seiring dengan konsumsi bahan bakar yang semakin meningkat sampai dengan berhentinya pasokan campuran bahan bakar - udara karena keterbatasan suplai bahan bakar dari karburator. Pada putaran 5000 rpm aplikasi intake manifold porting baik pada piston standard maupun racing konsumsi bahan bakar yang digunakan lebih rendah dibandingkan dengan aplikasi intake manifold standard. 2010 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/9772/4/D200020200.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/9772/1/D200020200.pdf Busono, ArdiantoArgo (2010) Analisis Variasi Intake Manifold Standard dan Porting Pada Piston Standard dan Racing Terhadap Kinerja Sepeda Motor Honda GL100. Diploma thesis, Univerversitas Muhammadiyah Surakarta. D200020200
spellingShingle TJ Mechanical engineering and machinery
Busono, ArdiantoArgo
Analisis Variasi Intake Manifold Standard dan Porting Pada Piston Standard dan Racing Terhadap Kinerja Sepeda Motor Honda GL100
title Analisis Variasi Intake Manifold Standard dan Porting Pada Piston Standard dan Racing Terhadap Kinerja Sepeda Motor Honda GL100
title_full Analisis Variasi Intake Manifold Standard dan Porting Pada Piston Standard dan Racing Terhadap Kinerja Sepeda Motor Honda GL100
title_fullStr Analisis Variasi Intake Manifold Standard dan Porting Pada Piston Standard dan Racing Terhadap Kinerja Sepeda Motor Honda GL100
title_full_unstemmed Analisis Variasi Intake Manifold Standard dan Porting Pada Piston Standard dan Racing Terhadap Kinerja Sepeda Motor Honda GL100
title_short Analisis Variasi Intake Manifold Standard dan Porting Pada Piston Standard dan Racing Terhadap Kinerja Sepeda Motor Honda GL100
title_sort analisis variasi intake manifold standard dan porting pada piston standard dan racing terhadap kinerja sepeda motor honda gl100
topic TJ Mechanical engineering and machinery
url https://eprints.ums.ac.id/9772/
work_keys_str_mv AT busonoardiantoargo analisisvariasiintakemanifoldstandarddanportingpadapistonstandarddanracingterhadapkinerjasepedamotorhondagl100