PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS CERPEN DENGAN MEDIA AUDIO VISUAL PADA SISWA KELAS X-2 SMA PGRI 1 KARANGMALANG SRAGEN TAHUN AJARAN 2009/2010

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) meningkatkan keterampilan menulis cerpen siswa dengan media audio visual, (2) meningkatkan motivasi siswa pada pembelajaran menulis cerpen dengan menggunakan media audio visual. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah (1) apaka penggunaan media audio visual m...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: IRAWANTI , ANI
Format: Thesis
Language:English
English
Published: 2010
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/9758/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
_version_ 1804994898250694656
author IRAWANTI , ANI
author_facet IRAWANTI , ANI
author_sort IRAWANTI , ANI
collection ePrints
description Penelitian ini bertujuan untuk: (1) meningkatkan keterampilan menulis cerpen siswa dengan media audio visual, (2) meningkatkan motivasi siswa pada pembelajaran menulis cerpen dengan menggunakan media audio visual. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah (1) apaka penggunaan media audio visual mampu meningkatkan keterampilan menulis cerpen pada siswa kelas X-2 SMA PGRI 1 Karangmalang Sragen?, (2) apakah penggunaan media audio visual mampu meningkatkan motivasi siswa dalam pembelajaran menulis cerpen? Jenis penelitian pada penelitian ini adalah PTK (penelitian tindakan kelas). Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas X2 SMA PGRI I Karangmalang Sragen yang berjumlah 42 siswa. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, jurnal dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan teknik komparatif yakni membandingkan hasil antar siklus untuk mengetahui peningkatan kemampuan dan motivasi siswa. Hasil penelitian ini menunjukan adanya peningkatan keterampilan dan motivasi siswa pada pembelajaran menulis cerpen melalui penggunaan media audio visual. Hal ini dapat dilihat dari (1) siswa dapat menulis cerpen dengan baik sesuai dengan kriteria penulisan cerpen yang telah ditetapkan yaitu; aspek penggunaan alur, tokoh,pendeskripsian latar, gaya bahasa, sudut pandang dan kesesuaian tema dengan cerita, sebelum tindakan nilai rata-rata kelas 53 dengan kategori kurang. Selanjutnya nilai rata-rata kelas pada siklus I meningkat menjadi rata-rata 73, dan pada siklus II nilai rata-rata kelas juga mengalami peningkatan menjadi 78 dengan kategori baik, jadi peningkatan nilai rata-rata kelas dari prasiklus sampai siklus II adalah 25%, (2) motivasi siswa dalam pembelajaran menulis cerpen juga mengalami peningkatan. Motivasi siswa meliputi keaktifan bertanya dan mengerjakan tugas dengan baik. Sebelum dilakukan tindakan hanya 7 siswa yang aktif bertanya (17,5%), pada siklus I meningkat menjadi 12 siswa (30%), dan pada siklus II meningkat menjadi 20 siswa (49,04%), sedangkan keaktifan siswa dalam mengerjakan tugas dengan baik saat pembelajaran berlangsung sebelum tindakan hanya 6 siswa (14,2%) yang aktif mengerjakan tugas yang diberikan guru, pada siklus I meningkat menjadi 39 siswa (92,8%), dan pada siklus II meningkat menjadi 42 siswa (100%), jadi keaktifan bertanya sebelum tindakan sampai siklus II mengalami peningkatan sebesar 21,99% dan keaktifan mengerjakan tugas dengan baik dari prasiklus sampai siklus 2 meningkat sebesar 85,08% . Penelitian ini menyimpulkan bahwa penggunaan media audio visual dalam pembelajaran menulis cerpen dapat meningkatkan keterampilan menulis cerpen dan meningkatkan motivasi siswa terhadap pembelajaran menulis cerpen.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:9758
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
publishDate 2010
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:9758 https://eprints.ums.ac.id/9758/ PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS CERPEN DENGAN MEDIA AUDIO VISUAL PADA SISWA KELAS X-2 SMA PGRI 1 KARANGMALANG SRAGEN TAHUN AJARAN 2009/2010 IRAWANTI , ANI L Education (General) Penelitian ini bertujuan untuk: (1) meningkatkan keterampilan menulis cerpen siswa dengan media audio visual, (2) meningkatkan motivasi siswa pada pembelajaran menulis cerpen dengan menggunakan media audio visual. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah (1) apaka penggunaan media audio visual mampu meningkatkan keterampilan menulis cerpen pada siswa kelas X-2 SMA PGRI 1 Karangmalang Sragen?, (2) apakah penggunaan media audio visual mampu meningkatkan motivasi siswa dalam pembelajaran menulis cerpen? Jenis penelitian pada penelitian ini adalah PTK (penelitian tindakan kelas). Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas X2 SMA PGRI I Karangmalang Sragen yang berjumlah 42 siswa. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, jurnal dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan teknik komparatif yakni membandingkan hasil antar siklus untuk mengetahui peningkatan kemampuan dan motivasi siswa. Hasil penelitian ini menunjukan adanya peningkatan keterampilan dan motivasi siswa pada pembelajaran menulis cerpen melalui penggunaan media audio visual. Hal ini dapat dilihat dari (1) siswa dapat menulis cerpen dengan baik sesuai dengan kriteria penulisan cerpen yang telah ditetapkan yaitu; aspek penggunaan alur, tokoh,pendeskripsian latar, gaya bahasa, sudut pandang dan kesesuaian tema dengan cerita, sebelum tindakan nilai rata-rata kelas 53 dengan kategori kurang. Selanjutnya nilai rata-rata kelas pada siklus I meningkat menjadi rata-rata 73, dan pada siklus II nilai rata-rata kelas juga mengalami peningkatan menjadi 78 dengan kategori baik, jadi peningkatan nilai rata-rata kelas dari prasiklus sampai siklus II adalah 25%, (2) motivasi siswa dalam pembelajaran menulis cerpen juga mengalami peningkatan. Motivasi siswa meliputi keaktifan bertanya dan mengerjakan tugas dengan baik. Sebelum dilakukan tindakan hanya 7 siswa yang aktif bertanya (17,5%), pada siklus I meningkat menjadi 12 siswa (30%), dan pada siklus II meningkat menjadi 20 siswa (49,04%), sedangkan keaktifan siswa dalam mengerjakan tugas dengan baik saat pembelajaran berlangsung sebelum tindakan hanya 6 siswa (14,2%) yang aktif mengerjakan tugas yang diberikan guru, pada siklus I meningkat menjadi 39 siswa (92,8%), dan pada siklus II meningkat menjadi 42 siswa (100%), jadi keaktifan bertanya sebelum tindakan sampai siklus II mengalami peningkatan sebesar 21,99% dan keaktifan mengerjakan tugas dengan baik dari prasiklus sampai siklus 2 meningkat sebesar 85,08% . Penelitian ini menyimpulkan bahwa penggunaan media audio visual dalam pembelajaran menulis cerpen dapat meningkatkan keterampilan menulis cerpen dan meningkatkan motivasi siswa terhadap pembelajaran menulis cerpen. 2010 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/9758/1/A310060230.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/9758/3/A310060230.pdf IRAWANTI , ANI (2010) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS CERPEN DENGAN MEDIA AUDIO VISUAL PADA SISWA KELAS X-2 SMA PGRI 1 KARANGMALANG SRAGEN TAHUN AJARAN 2009/2010. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta . A310060230
spellingShingle L Education (General)
IRAWANTI , ANI
PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS CERPEN DENGAN MEDIA AUDIO VISUAL PADA SISWA KELAS X-2 SMA PGRI 1 KARANGMALANG SRAGEN TAHUN AJARAN 2009/2010
title PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS CERPEN DENGAN MEDIA AUDIO VISUAL PADA SISWA KELAS X-2 SMA PGRI 1 KARANGMALANG SRAGEN TAHUN AJARAN 2009/2010
title_full PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS CERPEN DENGAN MEDIA AUDIO VISUAL PADA SISWA KELAS X-2 SMA PGRI 1 KARANGMALANG SRAGEN TAHUN AJARAN 2009/2010
title_fullStr PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS CERPEN DENGAN MEDIA AUDIO VISUAL PADA SISWA KELAS X-2 SMA PGRI 1 KARANGMALANG SRAGEN TAHUN AJARAN 2009/2010
title_full_unstemmed PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS CERPEN DENGAN MEDIA AUDIO VISUAL PADA SISWA KELAS X-2 SMA PGRI 1 KARANGMALANG SRAGEN TAHUN AJARAN 2009/2010
title_short PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS CERPEN DENGAN MEDIA AUDIO VISUAL PADA SISWA KELAS X-2 SMA PGRI 1 KARANGMALANG SRAGEN TAHUN AJARAN 2009/2010
title_sort peningkatan keterampilan menulis cerpen dengan media audio visual pada siswa kelas x 2 sma pgri 1 karangmalang sragen tahun ajaran 2009 2010
topic L Education (General)
url https://eprints.ums.ac.id/9758/
work_keys_str_mv AT irawantiani peningkatanketerampilanmenuliscerpendenganmediaaudiovisualpadasiswakelasx2smapgri1karangmalangsragentahunajaran20092010