PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS PUISI MELALUI TEKNIK PEMBELAJARAN ”SIMPAN PINJAM” PADA SISWA KELAS VIII SMP N 2 TRUCUK TAHUN AJARAN 2009/2010

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) meningkatkan kemampuan siswa pada pembelajaran menulis puisi melalui teknik pembelajaran ”Simpan Pinjam”, (2) meningkatkan minat siswa pada pembelajaran menulis puisi melalui teknik pembelajaran ”Simpan Pinjam”. Jenis penelitian pada penelitian ini adalah PTK (p...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: IRAWANTI , ANA
Format: Thesis
Language:English
English
Published: 2010
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/9755/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Penelitian ini bertujuan untuk: (1) meningkatkan kemampuan siswa pada pembelajaran menulis puisi melalui teknik pembelajaran ”Simpan Pinjam”, (2) meningkatkan minat siswa pada pembelajaran menulis puisi melalui teknik pembelajaran ”Simpan Pinjam”. Jenis penelitian pada penelitian ini adalah PTK (penelitian tindakan kelas). Subyek tindakan adalah siswa kelas VIII D SMP Negeri 2 Trucuk yang berjumlah 42 siswa. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, jurnal dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan teknik komparatif yakni membandingkan hasil antar siklus untuk mengetahui peningkatan kemampuan dan minat siswa. Hasil penelitian ini menunjukan adanya peningkatan kemampuan dan minat siswa pada pembelajaran menulis puisi melalui teknik pembelajaran ”Simpan Pinjam”. Siswa dapat menulis puisi dengan baik sesuai dengan kriteria penulisan puisi yang telah ditetapkan yaitu; aspek diksi, persajakan dan kesesuaian isi dengan tema, sebelum tindakan nilai rata-rata kelas 52,71 dengan kategori kurang, selanjutnya nilai rata-rata kelas pada putaran I meningkat sebesar 10,7% menjadi 60,93 dengan kategori cukup, dan pada putaran II nilai rata-rata kelas juga mengalami peningkatan sebesar 12,9% menjadi 72,48 dengan kategori baik. Minat siswa dalam pembelajaran menulis puisi juga mengalami peningkatan, minat siswa meliputi keaktifan bertanya dan menanggapi informasi yang disampaikan oleh guru, sebelum dilakukan tindakan hanya 7 siswa yang aktif bertanya (17,5%), pada siklus II meningkat menjadi 12 siswa (30%), dan pada siklus III meningkat menjadi 22 siswa (77,5%), sedangkan keaktifan siswa dalam menanggapi informasi yang disampaikan oleh guru saat pembelajaran berlangsung sebelum tindakan hanya 4 siswa (10%) yang aktif menanggapi informasi yang disampaikan oleh guru, pada siklus I meningkat menjadi 11 siswa (25%), dan pada siklus II meningkat menjadi 21 siswa (50%). Penelitian ini menyimpulkan bahwa penggunaan teknik pembelajaran ”Simpan Pinjam” dalam pembelajaran menulis puisi dapat meningkatkan kemampuan menulis puisi dan meningkatkan minat siswa terhadap pembelajaran menulis puisi.