UPAYA PENINGKATAN KREATIVITAS SISWA MELALUI TUGAS BERSTRUKTUR DENGAN UMPAN BALIK DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA ( PTK Pembelajaran Matematika Kelas VII C di MTs Miftahul Husna Pati Pokok Bahasan Persamaan Linear Dua Variabel )

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas belajar matematika siswa kelas VIIC MTs Miftahul Husna Sidomulyo dengan menggunakan model pembelajaran tugas berstruktur dengan umpan balik. Subyek penelitiannya antara lain adalah guru kelas VIIC MTs Miftahul Husna Sidomulyo sebagai subyek pe...

全面介绍

Saved in:
书目详细资料
主要作者: Iswanto , Fuji
格式: Thesis
语言:English
English
出版: 2010
主题:
在线阅读:https://eprints.ums.ac.id/9747/
标签: 添加标签
没有标签, 成为第一个标记此记录!
_version_ 1804994895562145792
author Iswanto , Fuji
author_facet Iswanto , Fuji
author_sort Iswanto , Fuji
collection ePrints
description Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas belajar matematika siswa kelas VIIC MTs Miftahul Husna Sidomulyo dengan menggunakan model pembelajaran tugas berstruktur dengan umpan balik. Subyek penelitiannya antara lain adalah guru kelas VIIC MTs Miftahul Husna Sidomulyo sebagai subyek pemberi tindakan, kepala sekolah sebagai subyek yang membantu dalam perencanaan dan pengumpulan data penelitian, sedangkan siswa kelas VIIC MTs Miftahul Husna Sidomulyo yang berjumlah 34 siswa sebagai subyek penerima tindakan. Data dikumpulkan melalui observasi, catatan lapangan, tes dan dokumentasi. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas bersifat kolaboratif antara peneliti,guru matematika dan kepala sekolah. Analisis data dilakukan secara diskriptif kualitatif melalui tiga alur meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Data dianalisis sejak tindakan pembelajaran dilaksanakan, dikembangkan selama proses penelitian, untuk selanjutnya diambil melalui latihan-latihan soal pacsa setiap putaran selama tiga putaran. Hasil penelitian menyimpulkan terdapat peningkatan kreativitas belajar matematika siswa yang meliputi Kemampuan mengemukakan ide-ide untuk memecahkan masalah dari 14,71 % sebelum tindakan, 38,23 % pada putaran I, 58,82 % pada putaran II, menjadi 82,35 % pada akhir penelitian. Ketrampilan siswa menjawab pertanyaan guru dari 5,88 % sebelum tindakan, 17,65 % pada putaran I, 23,53 % pada putaran II, menjadi 29,41 % pada akhir penelitian. Kemampuan menyelesaikan soal-soal dengan berbagai cara juga mengalami peningkatan dari 5,88 % sebelum penelitian, 17,65 % pada putaran I, 29,41 % pada putaran II, menjadi 50 % pada akhir penelitian. Dengan adanya peningkatan ketiga aspek tersebut maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran matematika melalui tugas berstruktur dengan umpan balik dapat meningkatkan kreativitas siswa.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:9747
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
publishDate 2010
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:9747 https://eprints.ums.ac.id/9747/ UPAYA PENINGKATAN KREATIVITAS SISWA MELALUI TUGAS BERSTRUKTUR DENGAN UMPAN BALIK DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA ( PTK Pembelajaran Matematika Kelas VII C di MTs Miftahul Husna Pati Pokok Bahasan Persamaan Linear Dua Variabel ) Iswanto , Fuji L Education (General) Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas belajar matematika siswa kelas VIIC MTs Miftahul Husna Sidomulyo dengan menggunakan model pembelajaran tugas berstruktur dengan umpan balik. Subyek penelitiannya antara lain adalah guru kelas VIIC MTs Miftahul Husna Sidomulyo sebagai subyek pemberi tindakan, kepala sekolah sebagai subyek yang membantu dalam perencanaan dan pengumpulan data penelitian, sedangkan siswa kelas VIIC MTs Miftahul Husna Sidomulyo yang berjumlah 34 siswa sebagai subyek penerima tindakan. Data dikumpulkan melalui observasi, catatan lapangan, tes dan dokumentasi. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas bersifat kolaboratif antara peneliti,guru matematika dan kepala sekolah. Analisis data dilakukan secara diskriptif kualitatif melalui tiga alur meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Data dianalisis sejak tindakan pembelajaran dilaksanakan, dikembangkan selama proses penelitian, untuk selanjutnya diambil melalui latihan-latihan soal pacsa setiap putaran selama tiga putaran. Hasil penelitian menyimpulkan terdapat peningkatan kreativitas belajar matematika siswa yang meliputi Kemampuan mengemukakan ide-ide untuk memecahkan masalah dari 14,71 % sebelum tindakan, 38,23 % pada putaran I, 58,82 % pada putaran II, menjadi 82,35 % pada akhir penelitian. Ketrampilan siswa menjawab pertanyaan guru dari 5,88 % sebelum tindakan, 17,65 % pada putaran I, 23,53 % pada putaran II, menjadi 29,41 % pada akhir penelitian. Kemampuan menyelesaikan soal-soal dengan berbagai cara juga mengalami peningkatan dari 5,88 % sebelum penelitian, 17,65 % pada putaran I, 29,41 % pada putaran II, menjadi 50 % pada akhir penelitian. Dengan adanya peningkatan ketiga aspek tersebut maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran matematika melalui tugas berstruktur dengan umpan balik dapat meningkatkan kreativitas siswa. 2010 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/9747/1/%28A410050208.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/9747/4/A410050208.pdf Iswanto , Fuji (2010) UPAYA PENINGKATAN KREATIVITAS SISWA MELALUI TUGAS BERSTRUKTUR DENGAN UMPAN BALIK DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA ( PTK Pembelajaran Matematika Kelas VII C di MTs Miftahul Husna Pati Pokok Bahasan Persamaan Linear Dua Variabel ). Skripsi thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA. A410050208
spellingShingle L Education (General)
Iswanto , Fuji
UPAYA PENINGKATAN KREATIVITAS SISWA MELALUI TUGAS BERSTRUKTUR DENGAN UMPAN BALIK DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA ( PTK Pembelajaran Matematika Kelas VII C di MTs Miftahul Husna Pati Pokok Bahasan Persamaan Linear Dua Variabel )
title UPAYA PENINGKATAN KREATIVITAS SISWA MELALUI TUGAS BERSTRUKTUR DENGAN UMPAN BALIK DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA ( PTK Pembelajaran Matematika Kelas VII C di MTs Miftahul Husna Pati Pokok Bahasan Persamaan Linear Dua Variabel )
title_full UPAYA PENINGKATAN KREATIVITAS SISWA MELALUI TUGAS BERSTRUKTUR DENGAN UMPAN BALIK DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA ( PTK Pembelajaran Matematika Kelas VII C di MTs Miftahul Husna Pati Pokok Bahasan Persamaan Linear Dua Variabel )
title_fullStr UPAYA PENINGKATAN KREATIVITAS SISWA MELALUI TUGAS BERSTRUKTUR DENGAN UMPAN BALIK DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA ( PTK Pembelajaran Matematika Kelas VII C di MTs Miftahul Husna Pati Pokok Bahasan Persamaan Linear Dua Variabel )
title_full_unstemmed UPAYA PENINGKATAN KREATIVITAS SISWA MELALUI TUGAS BERSTRUKTUR DENGAN UMPAN BALIK DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA ( PTK Pembelajaran Matematika Kelas VII C di MTs Miftahul Husna Pati Pokok Bahasan Persamaan Linear Dua Variabel )
title_short UPAYA PENINGKATAN KREATIVITAS SISWA MELALUI TUGAS BERSTRUKTUR DENGAN UMPAN BALIK DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA ( PTK Pembelajaran Matematika Kelas VII C di MTs Miftahul Husna Pati Pokok Bahasan Persamaan Linear Dua Variabel )
title_sort upaya peningkatan kreativitas siswa melalui tugas berstruktur dengan umpan balik dalam pembelajaran matematika ptk pembelajaran matematika kelas vii c di mts miftahul husna pati pokok bahasan persamaan linear dua variabel
topic L Education (General)
url https://eprints.ums.ac.id/9747/
work_keys_str_mv AT iswantofuji upayapeningkatankreativitassiswamelaluitugasberstrukturdenganumpanbalikdalampembelajaranmatematikaptkpembelajaranmatematikakelasviicdimtsmiftahulhusnapatipokokbahasanpersamaanlinearduavariabel