Optimasi Tekanan Pengisian Refrigeran Freon 12 terhadap Prestasi Kerja AC Mobil
Penelitian yang dilakukan bertujuan untuk mengoptimasi penggunaan tekanan isian refrigeran pada sistem AC Mobil terhadap prestasi kerjanya. Isian diekspresikan dengan tekanan pengisian refrigeran yang dimasukkan dalam sistem pendingin AC mobil. Cara yang ditempuh yaitu melakukan penelitian secara ek...
保存先:
第一著者: | |
---|---|
フォーマット: | 学位論文 |
言語: | English English |
出版事項: |
2010
|
主題: | |
オンライン・アクセス: | https://eprints.ums.ac.id/9746/ |
タグ: |
タグ追加
タグなし, このレコードへの初めてのタグを付けませんか!
|
要約: | Penelitian yang dilakukan bertujuan untuk mengoptimasi penggunaan tekanan isian refrigeran pada sistem AC Mobil terhadap prestasi kerjanya. Isian diekspresikan dengan tekanan pengisian refrigeran yang dimasukkan dalam sistem pendingin AC mobil. Cara yang ditempuh yaitu melakukan penelitian secara eksperimental. Unjuk kerja diukur dengan parameter kerja kompresi, laju aliran kalor evaporasi, dan koefisien prestasi (COP).
Dalam eksperimen ini diawali dengan perakitan sistem pendingin AC mobil yang terdiri kompresor, kondensor, filter dryer, katup ekspansi dan evaporator. Bahan pendingin (fluida kerja) yang dipergunakan adalah refrigeran freon 12. Untuk keperluan pengambilan data ditambahkan alat ukur seperti teraukur tekanan, termometer, termokopel, anemometer, higrometer, tachometer. AC dilengkapi kabin ruangan beban berukuran 50 cm x 50 cm x 50 cm.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa semakin besar tekanan pengisian refrigeran yang diisikan ke sistem AC maka akan mengakibatkan penurunan suhu kabin, kenaikan kerja kompresi, kenaikan laju aliran kalor evaporasi, dan kenaikan koefisien prestasi sistem AC mobil.
|
---|