ANALISIS SIFAT FISIS DAN MEKANIS POROS SUZUKI DAN KAWASAKI DENGAN PERLAKUAN ANNEALING

Adanya produk suku cadang aspal yang berkualitas rendah yang menyebabkan cepatnya laju kerusakan mesin, menuntut para pengguna hasil suatu produksi agar lebih teliti dalam memilih barang hasil produk tersebut. Penelitian ini memberikan sedikit solusi informasi dengan jalan membandingkan kualitas por...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: HARTONO, TEGUH TRI
Format: Thesis
Language:English
English
Published: 2010
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/9745/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
_version_ 1804994895025274880
author HARTONO, TEGUH TRI
author_facet HARTONO, TEGUH TRI
author_sort HARTONO, TEGUH TRI
collection ePrints
description Adanya produk suku cadang aspal yang berkualitas rendah yang menyebabkan cepatnya laju kerusakan mesin, menuntut para pengguna hasil suatu produksi agar lebih teliti dalam memilih barang hasil produk tersebut. Penelitian ini memberikan sedikit solusi informasi dengan jalan membandingkan kualitas poros roda depan sepeda motor produk Suzuki dan Kawasaki melalui pengujian sifat fisis dan mekanis dengan perlakuan Annealing dan tanpa Annealing, sehingga dapat dipilih produk mana yang memiliki ketahanan paling baik dalam pemakaian. Penelitian ini dilakuakan dengan spesimen poros roda depan Suzuki dan Kawasaki dengan perlakuan annealing dan tanpa perlakuan annealing. Pengujian yang dilakukan yaitu pengujian komposisi kimia, struktur mikro, pengujian kekerasan dan pengujian impak. Hasil pengujian struktur mikro dari kedua produk sebelum annealing terdiri dari ferit,martensit dan karbida stelah annealing terdapat ferit, perlit dan karbida. Harga kekerasan rata – rata poros roda depan sepeda motor produk Suzuki sebelum Annealing didapatkan harga sebesar 331,4 kg/mm2 sedangkan setelah mengalami proses Annealing didapatkan harga sebesar 182,97 kg/mm2. Dan produk Kawasaki sebelum Annealing didapatkan harga kekerasan rata – rata sebesar 332,1 kg/mm2 sedangkan setelah mengalami proses Annealing didapatkan harga sebesar 223,14 kg/mm2. Hasil pengujian impak produk Suzuki sebelum proses Annealing didapatkan harga impak rata – rata sebesar 0,47 J/mm2 sedangkan setelah mengalami proses Annealing didapatkan harga sebesar 1,23 J/mm2.. Dan produk Kawasaki sebelum proses Annealing didapatkan harga impak rata – rata sebesar 0,4 J/mm2 sedangkan setelah mengalami proses Annealing didapatkan harga sebesar 1,26 J/mm2. Uji komposisi kimia pada kedua produk terdapat Cr yang mendominasi sehingga termasuk dalam golongan baja paduan rendah. Dari hasil pengujian dapat disimpulkan bahwa untuk benda uji yang memiliki struktur besar butir yang kecil ternyata tingkat kekerasannya menjadi tinggi. Dan sebaliknya untuk kekerasan yang memiliki struktur besar butir yang besar ternyata tingkat kekerasannya menjadii rendah. Dan setelah mengalami proses Annealing kekerasannya akan turun tetapi keuletannya semakin tinggi.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:9745
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
publishDate 2010
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:9745 https://eprints.ums.ac.id/9745/ ANALISIS SIFAT FISIS DAN MEKANIS POROS SUZUKI DAN KAWASAKI DENGAN PERLAKUAN ANNEALING HARTONO, TEGUH TRI TJ Mechanical engineering and machinery Adanya produk suku cadang aspal yang berkualitas rendah yang menyebabkan cepatnya laju kerusakan mesin, menuntut para pengguna hasil suatu produksi agar lebih teliti dalam memilih barang hasil produk tersebut. Penelitian ini memberikan sedikit solusi informasi dengan jalan membandingkan kualitas poros roda depan sepeda motor produk Suzuki dan Kawasaki melalui pengujian sifat fisis dan mekanis dengan perlakuan Annealing dan tanpa Annealing, sehingga dapat dipilih produk mana yang memiliki ketahanan paling baik dalam pemakaian. Penelitian ini dilakuakan dengan spesimen poros roda depan Suzuki dan Kawasaki dengan perlakuan annealing dan tanpa perlakuan annealing. Pengujian yang dilakukan yaitu pengujian komposisi kimia, struktur mikro, pengujian kekerasan dan pengujian impak. Hasil pengujian struktur mikro dari kedua produk sebelum annealing terdiri dari ferit,martensit dan karbida stelah annealing terdapat ferit, perlit dan karbida. Harga kekerasan rata – rata poros roda depan sepeda motor produk Suzuki sebelum Annealing didapatkan harga sebesar 331,4 kg/mm2 sedangkan setelah mengalami proses Annealing didapatkan harga sebesar 182,97 kg/mm2. Dan produk Kawasaki sebelum Annealing didapatkan harga kekerasan rata – rata sebesar 332,1 kg/mm2 sedangkan setelah mengalami proses Annealing didapatkan harga sebesar 223,14 kg/mm2. Hasil pengujian impak produk Suzuki sebelum proses Annealing didapatkan harga impak rata – rata sebesar 0,47 J/mm2 sedangkan setelah mengalami proses Annealing didapatkan harga sebesar 1,23 J/mm2.. Dan produk Kawasaki sebelum proses Annealing didapatkan harga impak rata – rata sebesar 0,4 J/mm2 sedangkan setelah mengalami proses Annealing didapatkan harga sebesar 1,26 J/mm2. Uji komposisi kimia pada kedua produk terdapat Cr yang mendominasi sehingga termasuk dalam golongan baja paduan rendah. Dari hasil pengujian dapat disimpulkan bahwa untuk benda uji yang memiliki struktur besar butir yang kecil ternyata tingkat kekerasannya menjadi tinggi. Dan sebaliknya untuk kekerasan yang memiliki struktur besar butir yang besar ternyata tingkat kekerasannya menjadii rendah. Dan setelah mengalami proses Annealing kekerasannya akan turun tetapi keuletannya semakin tinggi. 2010 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/9745/2/D200030082.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/9745/1/D200030082.pdf HARTONO, TEGUH TRI (2010) ANALISIS SIFAT FISIS DAN MEKANIS POROS SUZUKI DAN KAWASAKI DENGAN PERLAKUAN ANNEALING. Diploma thesis, Univerversitas Muhammadiyah Surakarta. D200030082
spellingShingle TJ Mechanical engineering and machinery
HARTONO, TEGUH TRI
ANALISIS SIFAT FISIS DAN MEKANIS POROS SUZUKI DAN KAWASAKI DENGAN PERLAKUAN ANNEALING
title ANALISIS SIFAT FISIS DAN MEKANIS POROS SUZUKI DAN KAWASAKI DENGAN PERLAKUAN ANNEALING
title_full ANALISIS SIFAT FISIS DAN MEKANIS POROS SUZUKI DAN KAWASAKI DENGAN PERLAKUAN ANNEALING
title_fullStr ANALISIS SIFAT FISIS DAN MEKANIS POROS SUZUKI DAN KAWASAKI DENGAN PERLAKUAN ANNEALING
title_full_unstemmed ANALISIS SIFAT FISIS DAN MEKANIS POROS SUZUKI DAN KAWASAKI DENGAN PERLAKUAN ANNEALING
title_short ANALISIS SIFAT FISIS DAN MEKANIS POROS SUZUKI DAN KAWASAKI DENGAN PERLAKUAN ANNEALING
title_sort analisis sifat fisis dan mekanis poros suzuki dan kawasaki dengan perlakuan annealing
topic TJ Mechanical engineering and machinery
url https://eprints.ums.ac.id/9745/
work_keys_str_mv AT hartonoteguhtri analisissifatfisisdanmekanisporossuzukidankawasakidenganperlakuanannealing