PENGARUH VARIASI KOMPOSISI SERAT SERABUT KELAPA, PLASTIK PET, SERBUK ALUMUNIUM PADA SIFAT FISIK DAN KOEFESIEN GESEK BAHAN KAMPAS REM GESEK
Perkembangan dan penggunaan Kampas rem selama ini semakin berkembang pesat dan semakin banyak jenisnya sehingga peneliti ingin memahami dan membuat suatu bahan komposit yang berfungsi untuk pembuatan kampas. Kampas rem merupakan salah satu komponen kendaraan bermotor yang sangat penting dalam menduk...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Thesis |
Language: | English English |
Published: |
2010
|
Subjects: | |
Online Access: | https://eprints.ums.ac.id/9736/ |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
_version_ | 1804994892603064320 |
---|---|
author | Choirudin, Choirudin |
author_facet | Choirudin, Choirudin |
author_sort | Choirudin, Choirudin |
collection | ePrints |
description | Perkembangan dan penggunaan Kampas rem selama ini semakin berkembang pesat dan semakin banyak jenisnya sehingga peneliti ingin memahami dan membuat suatu bahan komposit yang berfungsi untuk pembuatan kampas. Kampas rem merupakan salah satu komponen kendaraan bermotor yang sangat penting dalam mendukung aspek keamanan berkendara, dan mempunyai fungsi untuk memperlambat dan menghentikan laju kendaraan secara nyaman khususnya kendaraan darat.
Dalam penelitian kampas rem ini bahan yang digunakan adalah Serat serabut kelapa, serbuk plastik PET, serbuk alumunium dan sebagai bahan pengikat menggunakan resin polyester dengan catalis. Pembuatan kampas rem ini dipres dengan tekanan 400 Kg/mm2 selama 10 menit dan Setelah spisemen jadi disintering selama 10 menit dengan suhu 205
pengujian yang dilakukan meliputi dua pengujian yaitu pengujian kekerasan denga metode brineli dan pengujian keausan Ogoshi. Dari data hasil penelitian diketahui bahwa perbedaan komposisi pada polyethyl terepthalate mnyebebkan perbedaan bentuk serbuk setelah proses kompaksi dan sintering sehingga mempengaruhi harga kekerasan dan keausan pada masing-masing spesimen. Dari hasil pengujian ketiga spesimen kampas yang paling optimum untuk diaplikasikan sebagai kampas rem adalah spesimen dua dengan komposisi 40% serat serabut kelapa, 40% polyethyl terepthalate, 10% alumuniums dan 10% resin. Dengan harga kekerasan sebesar 9,258 Kg/mm2 dan harga keausan sebesar 0,000000761 mm2/Kg.
|
format | Thesis |
id | oai:eprints.ums.ac.id:9736 |
institution | Universitas Muhammadiyah Surakarta |
language | English English |
publishDate | 2010 |
record_format | eprints |
spelling | oai:eprints.ums.ac.id:9736 https://eprints.ums.ac.id/9736/ PENGARUH VARIASI KOMPOSISI SERAT SERABUT KELAPA, PLASTIK PET, SERBUK ALUMUNIUM PADA SIFAT FISIK DAN KOEFESIEN GESEK BAHAN KAMPAS REM GESEK Choirudin, Choirudin TJ Mechanical engineering and machinery Perkembangan dan penggunaan Kampas rem selama ini semakin berkembang pesat dan semakin banyak jenisnya sehingga peneliti ingin memahami dan membuat suatu bahan komposit yang berfungsi untuk pembuatan kampas. Kampas rem merupakan salah satu komponen kendaraan bermotor yang sangat penting dalam mendukung aspek keamanan berkendara, dan mempunyai fungsi untuk memperlambat dan menghentikan laju kendaraan secara nyaman khususnya kendaraan darat. Dalam penelitian kampas rem ini bahan yang digunakan adalah Serat serabut kelapa, serbuk plastik PET, serbuk alumunium dan sebagai bahan pengikat menggunakan resin polyester dengan catalis. Pembuatan kampas rem ini dipres dengan tekanan 400 Kg/mm2 selama 10 menit dan Setelah spisemen jadi disintering selama 10 menit dengan suhu 205 pengujian yang dilakukan meliputi dua pengujian yaitu pengujian kekerasan denga metode brineli dan pengujian keausan Ogoshi. Dari data hasil penelitian diketahui bahwa perbedaan komposisi pada polyethyl terepthalate mnyebebkan perbedaan bentuk serbuk setelah proses kompaksi dan sintering sehingga mempengaruhi harga kekerasan dan keausan pada masing-masing spesimen. Dari hasil pengujian ketiga spesimen kampas yang paling optimum untuk diaplikasikan sebagai kampas rem adalah spesimen dua dengan komposisi 40% serat serabut kelapa, 40% polyethyl terepthalate, 10% alumuniums dan 10% resin. Dengan harga kekerasan sebesar 9,258 Kg/mm2 dan harga keausan sebesar 0,000000761 mm2/Kg. 2010 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/9736/1/D200040036.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/9736/2/D200040036.pdf Choirudin, Choirudin (2010) PENGARUH VARIASI KOMPOSISI SERAT SERABUT KELAPA, PLASTIK PET, SERBUK ALUMUNIUM PADA SIFAT FISIK DAN KOEFESIEN GESEK BAHAN KAMPAS REM GESEK. Diploma thesis, Univerversitas Muhammadiyah Surakarta. D200040036 |
spellingShingle | TJ Mechanical engineering and machinery Choirudin, Choirudin PENGARUH VARIASI KOMPOSISI SERAT SERABUT KELAPA, PLASTIK PET, SERBUK ALUMUNIUM PADA SIFAT FISIK DAN KOEFESIEN GESEK BAHAN KAMPAS REM GESEK |
title | PENGARUH VARIASI KOMPOSISI SERAT SERABUT KELAPA, PLASTIK PET, SERBUK ALUMUNIUM PADA SIFAT FISIK DAN
KOEFESIEN GESEK BAHAN KAMPAS REM GESEK
|
title_full | PENGARUH VARIASI KOMPOSISI SERAT SERABUT KELAPA, PLASTIK PET, SERBUK ALUMUNIUM PADA SIFAT FISIK DAN
KOEFESIEN GESEK BAHAN KAMPAS REM GESEK
|
title_fullStr | PENGARUH VARIASI KOMPOSISI SERAT SERABUT KELAPA, PLASTIK PET, SERBUK ALUMUNIUM PADA SIFAT FISIK DAN
KOEFESIEN GESEK BAHAN KAMPAS REM GESEK
|
title_full_unstemmed | PENGARUH VARIASI KOMPOSISI SERAT SERABUT KELAPA, PLASTIK PET, SERBUK ALUMUNIUM PADA SIFAT FISIK DAN
KOEFESIEN GESEK BAHAN KAMPAS REM GESEK
|
title_short | PENGARUH VARIASI KOMPOSISI SERAT SERABUT KELAPA, PLASTIK PET, SERBUK ALUMUNIUM PADA SIFAT FISIK DAN
KOEFESIEN GESEK BAHAN KAMPAS REM GESEK
|
title_sort | pengaruh variasi komposisi serat serabut kelapa plastik pet serbuk alumunium pada sifat fisik dan koefesien gesek bahan kampas rem gesek |
topic | TJ Mechanical engineering and machinery |
url | https://eprints.ums.ac.id/9736/ |
work_keys_str_mv | AT choirudinchoirudin pengaruhvariasikomposisiseratserabutkelapaplastikpetserbukalumuniumpadasifatfisikdankoefesiengesekbahankampasremgesek |