DIKSI DAN GAYA BAHASA WACANA IKLAN PADA TABLOID GAUL EDISI 4-8 BULAN FERBRUARI-MARET 2010

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan: (1) bentuk pemakaian diksi dalam wacana iklan pada tabloid gaul edisi 4-8 bulan februari-maret 2010, dan (2) bentuk pemakaian gaya bahasa dalam wacana iklan pada tabloid gaul edisi 4-8 bulan februari-maret 2010. Penelitian ini menggunakan metode d...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: FITRIANI , JESSIKA
Format: Thesis
Language:English
English
Published: 2010
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/9729/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
_version_ 1804994890575118336
author FITRIANI , JESSIKA
author_facet FITRIANI , JESSIKA
author_sort FITRIANI , JESSIKA
collection ePrints
description Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan: (1) bentuk pemakaian diksi dalam wacana iklan pada tabloid gaul edisi 4-8 bulan februari-maret 2010, dan (2) bentuk pemakaian gaya bahasa dalam wacana iklan pada tabloid gaul edisi 4-8 bulan februari-maret 2010. Penelitian ini menggunakan metode deskripsi kualitatif dengan pendekatan tunggal terpancang. Objek penelitian ini adalah bentuk pemakaian diksi dan gaya bahasa wacana iklan pada tabloid gaul edisi 4-8 bulan februari-maret 2010. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling, yakni dengan memilih wacana iklan yang dianggap mewakili. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik dokumentasi. Validitas data menggunakan teknik triangulasi, yaitu triangulasi teori. Analisis data yang digunakan adalah model analisis interaktif. Berdasarkan data penelitian dapat disimpulkan bahwa bentuk pemakaian diksi wacana iklan pada tabloid gaul edisi 4-8 bulan februari-maret 2010 yaitu: (1) pemakaian kata tutur, (2) pemakaian kata yang mengandung indria peraba, indria penglihatan, indria penciuman, (3) penanggalan konsonan /s/, (4) penanggalan afiks yang berupa suku kata [mem-] [-kan] dan [men-], (5) pemakaian istilah asing. Bentuk pemakaian gaya bahasa dalam wacana iklan pada tabloid gaul edisi 4-8 bulan februari-maret 2010 yaitu: (1) gaya bahasa berdasarkan nada yakni berupa gaya mulia dan bertenaga, (2) berdasarkan struktur kalimat yang terdiri dari bentuk repetisi epizeuksis, anafora, epistrofa, mesodiplosis, dan antitesis. (3) berdasarkan langsung tidaknya makna yakni bahasa kiasan bentuk personifikasi.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:9729
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
publishDate 2010
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:9729 https://eprints.ums.ac.id/9729/ DIKSI DAN GAYA BAHASA WACANA IKLAN PADA TABLOID GAUL EDISI 4-8 BULAN FERBRUARI-MARET 2010 FITRIANI , JESSIKA L Education (General) Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan: (1) bentuk pemakaian diksi dalam wacana iklan pada tabloid gaul edisi 4-8 bulan februari-maret 2010, dan (2) bentuk pemakaian gaya bahasa dalam wacana iklan pada tabloid gaul edisi 4-8 bulan februari-maret 2010. Penelitian ini menggunakan metode deskripsi kualitatif dengan pendekatan tunggal terpancang. Objek penelitian ini adalah bentuk pemakaian diksi dan gaya bahasa wacana iklan pada tabloid gaul edisi 4-8 bulan februari-maret 2010. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling, yakni dengan memilih wacana iklan yang dianggap mewakili. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik dokumentasi. Validitas data menggunakan teknik triangulasi, yaitu triangulasi teori. Analisis data yang digunakan adalah model analisis interaktif. Berdasarkan data penelitian dapat disimpulkan bahwa bentuk pemakaian diksi wacana iklan pada tabloid gaul edisi 4-8 bulan februari-maret 2010 yaitu: (1) pemakaian kata tutur, (2) pemakaian kata yang mengandung indria peraba, indria penglihatan, indria penciuman, (3) penanggalan konsonan /s/, (4) penanggalan afiks yang berupa suku kata [mem-] [-kan] dan [men-], (5) pemakaian istilah asing. Bentuk pemakaian gaya bahasa dalam wacana iklan pada tabloid gaul edisi 4-8 bulan februari-maret 2010 yaitu: (1) gaya bahasa berdasarkan nada yakni berupa gaya mulia dan bertenaga, (2) berdasarkan struktur kalimat yang terdiri dari bentuk repetisi epizeuksis, anafora, epistrofa, mesodiplosis, dan antitesis. (3) berdasarkan langsung tidaknya makna yakni bahasa kiasan bentuk personifikasi. 2010 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/9729/1/A310060195.PDF application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/9729/2/A310060195.PDF FITRIANI , JESSIKA (2010) DIKSI DAN GAYA BAHASA WACANA IKLAN PADA TABLOID GAUL EDISI 4-8 BULAN FERBRUARI-MARET 2010. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta . A310060195
spellingShingle L Education (General)
FITRIANI , JESSIKA
DIKSI DAN GAYA BAHASA WACANA IKLAN PADA TABLOID GAUL EDISI 4-8 BULAN FERBRUARI-MARET 2010
title DIKSI DAN GAYA BAHASA WACANA IKLAN PADA TABLOID GAUL EDISI 4-8 BULAN FERBRUARI-MARET 2010
title_full DIKSI DAN GAYA BAHASA WACANA IKLAN PADA TABLOID GAUL EDISI 4-8 BULAN FERBRUARI-MARET 2010
title_fullStr DIKSI DAN GAYA BAHASA WACANA IKLAN PADA TABLOID GAUL EDISI 4-8 BULAN FERBRUARI-MARET 2010
title_full_unstemmed DIKSI DAN GAYA BAHASA WACANA IKLAN PADA TABLOID GAUL EDISI 4-8 BULAN FERBRUARI-MARET 2010
title_short DIKSI DAN GAYA BAHASA WACANA IKLAN PADA TABLOID GAUL EDISI 4-8 BULAN FERBRUARI-MARET 2010
title_sort diksi dan gaya bahasa wacana iklan pada tabloid gaul edisi 4 8 bulan ferbruari maret 2010
topic L Education (General)
url https://eprints.ums.ac.id/9729/
work_keys_str_mv AT fitrianijessika diksidangayabahasawacanaiklanpadatabloidgauledisi48bulanferbruarimaret2010