METODE PENGAJARAN BAHASA INDONESIA DAN MOTIVASI BELAJAR

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) Hubungan antara metode pengajaran Bahasa Indonesia terhadap motivasi belajar, 2) Kondisi persepsi anak terhadap metode pengajaran Bahasa Indonesia di sekolah, dan 3) Tingkat motivasi belajar pada siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian tind...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: NUGRAHANINGSARI , ADITYA
Format: Thesis
Language:English
English
Published: 2010
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/9717/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
_version_ 1804994886835896320
author NUGRAHANINGSARI , ADITYA
author_facet NUGRAHANINGSARI , ADITYA
author_sort NUGRAHANINGSARI , ADITYA
collection ePrints
description Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) Hubungan antara metode pengajaran Bahasa Indonesia terhadap motivasi belajar, 2) Kondisi persepsi anak terhadap metode pengajaran Bahasa Indonesia di sekolah, dan 3) Tingkat motivasi belajar pada siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindak kelas ( PTK ) atau Classroom Action Research ( CAR ). Penelitian tindakan kelas dapat didefinisikan sebagai suatu bentuk penelitian yang bersifat reflektif dengan meningkatkan praktek-praktek pembelajaran di kelas secara lebih profesional.hasil penelitian ini menunjukkan ada hubungan yang sangat signifikan antara metode pengajaran dengan motivasi belajar, namun generalisasi dari hasil penelitian ini dilaksanakan di SMP 11 Jl. Setia Bakti, Pekalongan tahun Pelajaran 2009/2010. Penelitian ini dilakasanakan pada peserta didik kelas IX Smp Negeri 11 Pekalongan dengan jumlah peserta didik kelas IX sebanyak 186, yang terdiri dari 5 kelas, dengan jumlah peseta didik perempuan 108 dan laki-laki 78, Tahun Pelajaran 2009/2010. Dalam penelitian ini guru Bahasa Indonesia sebagai subyek yang membantu dalam perencanaan dan pengumpulan data. Sedangkan yang melakukan tindak kelas adalah peneliti. Adapun yang sebagai subyek serta menerima tindak adalah peserta didik kelas IX-5 yang berjumlah 37 peserta didik.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:9717
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
publishDate 2010
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:9717 https://eprints.ums.ac.id/9717/ METODE PENGAJARAN BAHASA INDONESIA DAN MOTIVASI BELAJAR NUGRAHANINGSARI , ADITYA L Education (General) Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) Hubungan antara metode pengajaran Bahasa Indonesia terhadap motivasi belajar, 2) Kondisi persepsi anak terhadap metode pengajaran Bahasa Indonesia di sekolah, dan 3) Tingkat motivasi belajar pada siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindak kelas ( PTK ) atau Classroom Action Research ( CAR ). Penelitian tindakan kelas dapat didefinisikan sebagai suatu bentuk penelitian yang bersifat reflektif dengan meningkatkan praktek-praktek pembelajaran di kelas secara lebih profesional.hasil penelitian ini menunjukkan ada hubungan yang sangat signifikan antara metode pengajaran dengan motivasi belajar, namun generalisasi dari hasil penelitian ini dilaksanakan di SMP 11 Jl. Setia Bakti, Pekalongan tahun Pelajaran 2009/2010. Penelitian ini dilakasanakan pada peserta didik kelas IX Smp Negeri 11 Pekalongan dengan jumlah peserta didik kelas IX sebanyak 186, yang terdiri dari 5 kelas, dengan jumlah peseta didik perempuan 108 dan laki-laki 78, Tahun Pelajaran 2009/2010. Dalam penelitian ini guru Bahasa Indonesia sebagai subyek yang membantu dalam perencanaan dan pengumpulan data. Sedangkan yang melakukan tindak kelas adalah peneliti. Adapun yang sebagai subyek serta menerima tindak adalah peserta didik kelas IX-5 yang berjumlah 37 peserta didik. 2010 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/9717/1/A310060132.PDF application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/9717/2/A310060132.PDF NUGRAHANINGSARI , ADITYA (2010) METODE PENGAJARAN BAHASA INDONESIA DAN MOTIVASI BELAJAR. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta . A310060132
spellingShingle L Education (General)
NUGRAHANINGSARI , ADITYA
METODE PENGAJARAN BAHASA INDONESIA DAN MOTIVASI BELAJAR
title METODE PENGAJARAN BAHASA INDONESIA DAN MOTIVASI BELAJAR
title_full METODE PENGAJARAN BAHASA INDONESIA DAN MOTIVASI BELAJAR
title_fullStr METODE PENGAJARAN BAHASA INDONESIA DAN MOTIVASI BELAJAR
title_full_unstemmed METODE PENGAJARAN BAHASA INDONESIA DAN MOTIVASI BELAJAR
title_short METODE PENGAJARAN BAHASA INDONESIA DAN MOTIVASI BELAJAR
title_sort metode pengajaran bahasa indonesia dan motivasi belajar
topic L Education (General)
url https://eprints.ums.ac.id/9717/
work_keys_str_mv AT nugrahaningsariaditya metodepengajaranbahasaindonesiadanmotivasibelajar